logo PT Nirmala Satya Development
Psikotes Online

Psikotes online merupakan salah satu tes psikologi yang ada dalam proses seleksi karyawan baru untuk sebuah perusahaan atau instansi. Berikut kiat mengerjakan psikotes.

Psikotes online merupakan salah satu jenis tes yang ada dalam proses seleksi karyawan baru untuk sebuah perusahaan atau instansi. Biasanya, tes ini memudahkan pihak perusahaan untuk memilah SDM agar sesuai dengan regulasi serta kualifikasinya.

Fungsi utama dari tes psikotes ini adalah untuk mengukur aspek kepribadian dan karakter setiap peserta yang mengikutinya. Daripada tes offline, tes ini jauh lebih praktis dan efektif untuk melancarkan proses perekrutan karyawan baru.

Pengertian Psikotes Online

Secara umum, psikotes daring merupakan sebuah bentuk uji psikologi yang berjalan secara daring atau melalui platform internet. Tes ini berguna untuk menilai berbagai aspek penting pada setiap calon karyawan, seperti kepribadian, kecerdasan, dan faktor lain yang relevan.

Proses dalam keseluruhan tes ini menggunakan teknologi terkini untuk memberikan tes serta mengumpulkan data. Hal ini memungkinkan penyelenggara untuk lebih efisien dalam proses seleksi karyawan barunya.

Sebenarnya tes psikologis ini sama seperti tes pada umumnya, hanya saja embel-embel online membuat metodenya harus berjalan secara daring. Penyelenggaraan tes ini dapat bervariasi, ada yang berjalan secara live atau melalui zoom, bisa juga dengan penugasan terhadap peserta melalui sebuah formulir.

Kiat Sukses Menjalani Tes

Setiap peserta tentu berharap agar bisa lolos atau masuk dalam tahap berikutnya setelah menjadi psikotes online. Agar bisa memperoleh hasil yang maksimal, berikut beberapa kiat sukses yang perlu diperhatikan:

Pahami Semua Hal yang Berkaitan dengan Tes Psikotes

Kiat pertama adalah pahami seluruh hal yang berkaitan dengan psikotes, baik itu pengertian, materi yang diuji, hingga prosedur pelaksanaannya. Sebagai informasi, tes psikotes tidak hanya akan menggunakan satu kategori saja, melainkan banyak. Oleh karena itu, penting bagi peserta untuk memahami keseluruhan terkait tes ini.

Selain itu, hasil akhir dari tes ini berguna untuk menunjukkan karakter dalam diri yang sebenarnya. Perusahaan akan menggunakan hasil akhir tes untuk mempertimbangkan karakter Anda sesuai atau tidak dengan posisi yang dilamar.

Persiapkan Fisik dan Mental

Meski melakukannya secara daring, tetapi mempersiapkan keadaan fisik dan mental penting untuk diperhatikan. Pasalnya, fisik dan mental yang baik akan mempengaruhi seluruh kinerja diri selama menjalani tes.

Pastikan untuk tetap fokus, tenang, dan konsentrasi selama menjalani tes psikotes online. Jangan lupa untuk mengisi amunisi terlebih dahulu sebelum menjalani tes karena tes ini akan berlangsung dalam waktu yang cukup lama.

Pastikan Perangkat dan Jaringan Internet Stabil dan Mumpuni untuk Menjalani Tes

Karena berlangsung secara daring, maka peserta harus mempersiapkan perangkat, seperti laptop atau smartphone, dan jaringan internet yang stabil. Jika keduanya mumpuni, maka tes juga akan berjalan dengan lancar.

Menonaktifkan Notifikasi pada Perangkat untuk Sementara

Selama mengerjakan tes, pastikan untuk membisukan atau menonaktifkan notifikasi pada perangkat yang digunakan untuk sementara. Hal ini karena notifikasi-notifikasi ini dapat mempengaruhi konsentrasi dan fokus diri sehingga sangat berpengaruh untuk tes.

Kerjakan Tes di Tempat yang Aman dan Nyaman

Pilih tempat yang dirasa aman dan nyaman untuk mengerjakan soal-soal dalam tes psikotes online. Cari tempat yang jauh dari keributan dan dapat meningkatkan fokus diri selama pengerjaan tes. Dengan begitu, Anda dapat menjalani tes dengan lancar dan memiliki hasil akhir maksimal sesuai dengan yang diharapkan.

Cermati Setiap Pertanyaan dan Pernyataan dalam Soal

Karena terdiri dari beberapa kategori, peserta harus bisa mencermati pertanyaan serta pernyataan dengan teliti agar bisa memecahkan permasalahan dalam soal. Jangan sampai terkecoh dengan soal-soal jebakan. Pastikan pula untuk tetap fokus agar tidak konsentrasi dan fokus tidak terganggu.

Jangan Terpaku pada Soal yang Sulit

Mengerjakan soal secara urut memang membantu peserta untuk memastikan tidak ada satupun soal yang terlewatkan. Namun, jika merasa soal tersebut sulit segeralah pindah ke soal lain yang lebih mudah. Karena terpaku pada satu soal saja dapat memakan waktu yang terus berjalan dan berujung kehabisan kesempatan untuk mengerjakan soal lainnya.

Itulah pengertian dan kiat sukses untuk menjalani psikotes online. Dengan kiat-kiat tersebut peserta dapat menjalani keseluruhan tes dengan baik dan lancar. Pemecahan masalah dalam setiap soal juga terasa lebih mudah sehingga peserta dapat menyelesaikannya tanpa ada melewati satupun soal untuk menambah poin dalam tes. Manfaatkan waktu yang masih ada untuk mempersiapkan diri dengan lebih baik meski menjalani tes melalui platform daring.

Artikel berhubungan: