logo PT Nirmala Satya Development
Pengertian Tes Bakat Skolastik

Tes Bakat Skolastik (atau biasa disingkat dengan nama TBS) adalah sebuah tes yang bertujuan  untuk mengetahui bakat dan kemampuan seseorang di bidang keilmuan.

Bakat skolastik adalah bakat yang memadukan antara kata-kata (logika) dengan angka-angka, berpikir dalam pola sebab akibat, sehingga orang yang memiliki bakat ini pandangan hidunya bersifat rasional.

Tes Bakat Skolastik (Scholastic Aptitude Test) dikembangkan berdasarkan teori tes inteligensi. Tujuan tes ini adalah mengukur potensi atau bakat skolastik (scholastic aptitude) yang biasanya dipergunakan di dunia pendidikan maupun dunia kerja (rekrutmen).

Tes Bakat Skolastik (atau biasa disingkat dengan nama TBS) adalah sebuah tes yang bertujuan  untuk mengetahui bakat dan kemampuan seseorang di bidang keilmuan.

Pengertian tes bakat skolastik (TBS) adalah sebuah tes yang bertujuan untuk mengetahui bakat dan kemampuan seseorang di bidang keilmuan. Tes ini juga dapat mencerminkan tingkat kecerdasan intelektual (IQ) seseorang.

Bisanya Tes Bakat skolastik memiliki empat jenis soal yaitu, tes verbal atau bahasa, tes numerik atau angka, tes logika, dan tes spasial atau gambar. Tes bahasa berfungsi untuk mengukur kemampuan seseorang di bidang kata dan bahasa. Tes ini meliputi tes sinonim (persamaan kata), tes antonim (lawan kata), tes padanan hubungan kata, dan tes pengelompokan kata. Tes angka berfungsi mengukur kemampuan seseorang di bidang angka, dalam rangka berpikir terstruktur dan logis matematis. Tes ini meliputi tes aritmetik (hitungan), tes seri angka, tes seri huruf, tes logika angka dan tes angka dalam cerita. Tes logika berfungsi mengukur kemampuan seseorang dalam penalaran dan pemecahan persoalan secara logis atau masuk akal. Tes logika ini meliputi tes logika umum, tes analisa pernyataan dan kesimpulan (silogisme), tes logika cerita dan tes logika diagram. Tes spasial atau tes gambar, berfungsi mengukur daya logika (imajinasi) ruang yang dimiliki seseorang.

Jadi dapat disimpulkan bahwa Tes Bakat skolastik (TBS) adalah tes yang biasa dipergunakan didunia pendidikan ataupun industri untuk memprediksi kemampuan seseorang dalam bidang akademik (keilmuan). Turunan dari Tes bakat skolastik akan memunculkan beberapa macam tes seperti Tes Potensi Akademik (TPA), Tes Kemampuan Diferensial (TKD), Tes Kemampuan Intelegensi (TIU) dan tes-tes sejenisnya.

Ingin mengidentifikasi kamampuanmu dengan tes bakat skolastik? Anda dapat mengikuti tes ini di NS Development.

Artikel berhubungan: