logo PT Nirmala Satya Development
Pengertian Tes Bakat

Tes bakat berfokus dalam mengukur kemampuan yang lebih spesifik namun juga dapat memberikan informasi kemampuan lainnya yanng sifatnya beragam

Tes bakat adalah tes yang digunakan untuk mengukur kemampuan potensial individu dalam melakukan aktivitas-aktivitas tertentu. Dari hasil tes pada saat pengukuran dilakukan, dapat diramalkan sukses tidaknya individu tadi melakukan aktivitas-aktivitas tertentu tadi di masa yang akan datang. Jadi tes bakat memberikan prediksi bagi tingkat keberhasilan individu di masa yang akan datang dalam suatu keadaan atau pekerjaan tertentu.

Tes bakat berfokus dalam mengukur kemampuan yang lebih spesifik namun juga dapat memberikan informasi kemampuan lainnya yanng sifatnya beragam. Tes bakat mengukur tingkah laku yang secara diagnosis dapat memprediksi perilaku lainnya dimasa yang akan datang secara komprehensif. Fungsi tes bakat dapat digunakan untuk meramalkan kinerja seseorang dikemudian hari. Kemampuan spesifik ini diperoleh dari hasil pengalaman dan proses belajar individu yang dikur melalui tes.

Dilihat dari cara berfungsinya bakat bisa kita bedakan 2 jenis bakat yaitu:

Bakat umum. Potensi dasar yang sifatnya umum. Hal ini bisa berarti, semua orang memang memiliki kemampuan-kemampuan itu. Kemampuan pada bidang khusus (talent), misalnya bakat musik, melukis, dll.

Bakat khusus. Kemampuan yang dibutuhkan sebagai perantara untuk merealisir kemampuan khusus misalnya bakat melihat ruang 3 dimensi dibutuhkan untuk merealisasi kemampuan di bidang teknik arsitek.

Bakat baru akan muncul bila ada kesempatan untuk berkembang atau dikembangkan, sehingga mungkin saja terjadi seseorang tidak mengetahui dan tidak mengembangkan bakatnya, sehingga tetap merupakan kemampuan yang latent.

Tes Bakat dan Minat mulai berkembang setelah muncul ketertarikan untuk mengetahui Bakat Khusus, yaitu tes yang dimaksudkan untuk mengetahui kecenderungan kemampuan khusus pada bidang-bidang tertentu. Tes Bakat adalah tes yang dirancang untuk mengukur kecenderungan kemampuan potensial yang dimiliki seseorang dalam satu jenis aktivitas khusus.

Mulai muncul usaha penyusunan tes-tes secara terpisah untuk mengukur potensi bakat. Ada beberapa macam Tes Bakat, baik yang multiple maupun yang tunggal. Selanjutnya, akan dibahas beberapa tes bakat, dan pembahasannya hanya berkisar pada potensi apa yang digali oleh masing-masing tes bakat. Beberapa jenis tes akan disertai contoh soalnya, terutama tes yang nanti akan dibahas lebih detil, yang bisa dicoba dipraktekkan.

Saat ini telah tersedia tes bakat secara online. Salah satu penyesia aplikasi tes minat bakat online adalah NS Development. Tertarik mengikuti tes minat Bakat? Dapat langsung mengikuti tes di NS Development.

Artikel berhubungan: