logo PT Nirmala Satya Development
Aplikasi Psikotes Online

Tes psikotes online adalah salah satu tahap seleksi yang memiliki peranan penting dalam proses penerimaan karyawan.

Aplikasi psikotes online dapat memudahkan seseorang untuk mengetahui berapa banyak nilai psikologi yang dimilikinya. Biasanya penilaiannya menghitung kemampuan dalam menalar, memecahkan masalah dan kecerdasan perilaku seseorang.

Biasanya tes ini muncul ketika melamar melamar pekerjaan ketika sesi wawancara. Tes ini digunakan untuk mengetahui kecerdasan, karakter dan kepribadian seseorang. Dalam lingkungan kerja adanya tes ini bernilai besar untuk menentukan penempatan kerja seseorang.

Pentingnya Aplikasi Psikotes Online

Tes psikotes online adalah salah satu tahap seleksi yang memiliki sifat penting dalam proses penerimaan pekerjaan. Melalui tes ini, beberapa aspek dalam diri Anda dapat diketahui dengan mudah, perusahaan dapat mengetahui apakah Anda sesuai dengan kriteria atau belum.

Sedangkan untuk psikotes offline adalah paper-based-test, dimana pembahasanya dilakukan dengan cara tatap muka. Orang yang melakukan kegiatan psikotes ini akan mengisi jawaban dalam selembar kertas.

Jika psikotes online mengandalkan teknologi sehingga dapat dilakukan jarak jauh, berbeda dengan offline yang dilakukan langsung ketika sesi wawancara berlangsung. Menggunakan psikotes online memang lebih menguntungkan sebab peserta dapat melakukannya dimana saja dan kapan aja.

1. Manfaat

Manfaat dari kegiatan tes ini juga ada banyak, mulai dari mengetahui sifat pribadi seseorang, untuk memudahkan mengetahui psychodynamic dan kondisi kejiwaan seseorang. Hasil dari psikotes ini dapat mempengaruhi pekerjaan, jadi tidak heran jika banyak perusahaan yang menggunakanya.

Ketika melakukan rekrutmen karyawan, aka nada tes yang dilakukan. Berbagai macam tes psikologi yang digunakan untuk merekrut karyawan diantaranya, tes logika penalaran, menggambar pohon, analog verbal test, kraepelin, atau army alpha intelegence test.

Sebelum Anda melakukan tes psikotes online, sebaiknya Anda belajar terlebih dahulu mengenai jenis tes yang digunakan. Karena kebanyakan orang gagal dalam menjalankan tes karena kurang mengerti mengenai jenis tes yang dilakukan.

Nah, untuk Anda yang ingin mencoba tes, maka kami sarankan untuk menggunakan aplikasi psikotes online. Jenis aplikasi seperti ini ada banyak, dan dapat memudahkan Anda dalam mendapatkan banyak keuntungan.

Kami akan memberikan beberapa kelebihan untuk Anda, jadi jika penasaran maka Anda bisa membaca artikel ini hingga akhir.

2. Lebih Hemat Biaya

Bagi lembaga atau perusahaan yang menggunakan psikotes online tentunya lebih hemat, karena tidak mengeluarkan biaya untuk perekrutan. Dengan menggunakan aplikasi psikotes ini tidak akan ada lagi biaya cetak, biaya pengadaan ruangan, dan biaya sewa tenaga ahli.

Karena kemudahannya, pelaksanaan psikotes juga dapat dilaksanakan di berbagai tempat. Jadi Anda tidak akan kehabisan waktu, dan tenaga untuk melakukan kegiatan psikotes.

3. Lebih Fleksibel

Keuntungan yang paling signifikan ketika menggunakan aplikasi psikotes online adalah keefisiensian yang didapatkan. Ketika menggunakan tes kertas, otomatis peserta diharuskan hadir secara fisik, peserta juga harus meluangkan waktu untuk menuju lokasi tes dan mengeluarkan biaya untuk transportasi.

Berbeda jika menggunakan psikotes online, sebab memberikan fleksibilitas yang lebih tinggi. Peserta bisa melakukan tes dimana saja.

4. Hasil Lebih Cepat Didapatkan

Hasil tesnya akan dinilai secara manual, hal ini tidak akan memakan banyak waktu bagi penyelenggara dan bagi peserta juga akan menunggu waktu lama untuk mengetahui hasilnya. Berbeda jika menggunakan aplikasi psikotes online, karena peserta bisa mendapatkan hasil dengan cepat.

Ketika menggunakan aplikasi ini peserta tes tidak perlu menunggu lama untuk mendapatkan hasil yang paling benar. Biasaya aplikasi akan menyediakan jawaban otomatis setelah peserta selesai mengerjakan tes yang diberikan.

5. Meminimalisir Kesalahan

Ketika menggunakan psikotes online, kesalahan ketika memeriksa hasil tes dapat diminimalisir dengan mudah. Kesalahan sering terjadi ketika konsentrasi para petugas mulai hilang akibat kelelahan karena jumlah peserta yang banyak.

Hal ini tentunya kurang efektif, karena itu ada banyak perusahan yang mulai merubah metode psikotes menjadi online. Kegiatan ini dapat meminimalisir terjadi kesalahan oleh peserta, karena pengawasan dan instruksi dapat dipelajari dengan mandiri oleh peserta. Selain itu, hasil tes yang tersedia juga sudah otomatis disusun oleh system.

Aplikasi psikotes online tentunya akan memberikan keuntungan dan manfaat tersendiri, jadi kami merekomendasikan Anda untuk menggunakan aplikasi ini. Dengan begitu kegiatan tes psikologis Anda dapat dilaksanakan dengan lebih lancar dan aman.

Aplikasi Psikotes Online

Aplikasi Psikotes online yang merupakan aplikasi psikotes terbaik di Indonesia adalah NS Development. Tersedia puluhan alat tes psikologi dalam aplikasi NS Development yang telah siap digunakan. Aplikasi psikotes online NS Development tersedia dalam bentuk aplikasi android maupun website, sehingga memudahkan akses. Akses psikotes dapat dengan menggunakan laptop, komputer, tablet ataupun mobile phone.

Berminat menggunakan aplikasi psikotes online NS Development? Anda dapat mengunjungi langsung dengan mengklik tautan Aplikasi Psikotes Online.

Artikel berhubungan: