logo PT Nirmala Satya Development
Pentingnya Tes Minat

Seorang guru yang baik baik adalah membantu pengembangan minat tersebut. Bukannya berusaha menyeragamkan minat seluruh anak didik, tetapi berusaha memahami dan membantu mengembangkannya.

Tes minat merupakan salah satu hal yang perlu diidentifikasi lebih awal agar tujuan dan program pendidikan menjadi tepat sasaran. Seorang guru harus memahami minat dan bakat anak didiknya. Dengen mengetahui minat anak didik, guru akan lebih mudah memberikan improve yang membangun dalam pengembangan skill-skill anak didik. Tentunya setiap anak didik akan memiliki minat yang berbeda. Seorang guru yang baik baik adalah membantu pengembangan minat tersebut. Bukannya berusaha menyeragamkan minat seluruh anak didik, tetapi berusaha memahami dan membantu mengembangkannya.

Berikut beberapa alasan mengapa seorang guru perlu mengadakan pengukuran terhadap minat anak-anak, antara lain adalah sebagai berikut:

Untuk meningkatkan minat anak-anak

Setiap guru mempunyai kewajiban untuk meningkatkan minat anak-anak. Minat merupakan komponen yang penting dalam kehidupan pada umumnya dan dalam pendidikan dan pengajaran pada khususnya. Guru yang tidak mengabaikan hal ini akan berhasil di dalam pekerjaanya mengajar.

Memelihara minat yang baru mencul

Apabila anak-anak menunjukkan minat yang kecil pada bida tertentu, maka merupakan tugas bagi guru untuk memelihara minat tersebut. Anak yang baru masuk ke suatu sekolah mungkin belum begitu banyak menaruh minat terhadap aktivitas tertentu. Dalam hal ini guru wajib memperkenalkan kepada anak aktivitas-aktivitas tersebut. Apabila anak telah menunjukkan minatnya, maka guru wajib memelihara minat anak yang baru tumbuh tersebut!

Mencegah timbulnya minat terhadap hal-hal yang tidak baik

Oleh karena sekolah adalah suatu lembaga yang menyiapkan anak-anak untuk hidup di dalam masyarakat, maka sekolah harus mengembangkan aspek-aspek adeal agar anak-anak menjadi anggota masyarakat yang baik. Dalam keadaan tertentu anak-anak sering menaruh minat terhadap hal-hal yang baik yang terdapat diluar sekolah di dalam masyarakat yang jauh dari ideal. Dalam keadaan yang demikian sekolah melalui guru-guru hendaknya memberantas minat anak-anak yang tertuju pada hal-hal yang tidak baik dan dengan metode yang positif mengalihkan minat anak-anak tersebut kepadahal hal yang baik.

Persiapan untuk memberikan bimbingan kepada anak Studi Lanjut

Sebagai persiapan untuk memberikan bimbingan kepada anak tentang lanjutan study atau pekerjaan yang cocok baginya. Walaupun minat bukan merupakan indikasi yang pasti, tentang sukses tidaknya anak dalam pendidikan yang akan datang atau dalam jabatan, namun minat merupakan pertimbangan yang cukup berarti kalau dihubungkan dengan data-data yang lain.

Saat ini telah tersedia banyak lembaga untuk tes minat bakat. Lembaga tes minat bakat yang terpercaya adalah yang diaampuh oleh ahlinya (psikolog) yang berpengalaman dibidang pendidikan. Salah satu lembaga ini adalah NS Development. Tes Minat Bakat di NS Development dapat diakses via online, dan dapat dikerjakan baik di desktop (komputer atau laptop), tablet, ataupun mobile phone.

Ingin melakukan tes Minat Bakat? Lakukan tes Minat bakat hanya dilembaga terpercaya di NS Development!

Artikel berhubungan: