logo PT Nirmala Satya Development
Perbedaan Tes Bakat dan Tes Minat

Dalam penggunaannya, tes minat bakat dilakukan secara bersamaan. Bahkan untuk mendapatkan hasil yang lebih lengkap, biasanya tes minat bakat diberikan bersamaan dengan ability tes seperti tes IQ.

Penggunaan tes minat dan tes bakat merupakan salah satu bentuk penerapan metode psikodiagnostik di bidang pendidikan yang digunakan untuk mengetahui potensi seseorang, agar bisa memaksimal potensi yang dimilikinya. Salah satu penerapan metode tes psikologi di lingkungan pendidikan adalah Penelusuran Bakat dan Minat.

Tes minat bakat dalam penggunaannya sehari-hari selalu dilakukan secara bersamaan. Bahkan kedua kata minat dan bakat seakan-akan kata yang “bersaudara”, dimana ada kata minat, pasti diikuti kata bakat, atau sebaliknya (minat bakat atau bakat minat).

Padahal sesungguhnya, antara tes minat dan bakat adalah sesuatu yang sangat berbeda. Tes Bakat menujuk pada potensi dasar seseorang sedangkan tes minat menunjuk pada kecenderungan atau keingingan seseorang pada suatu hal.

Berikut akan dijelaskan perbedaan dan jenis-jenis tes bakat dan tes minat, agar lebih memperjelas perbedaan keduanya.

Tes Bakat

Tes Bakat adalah tes yang mengukur/mengetahui potensi-kemampuan dasar individu yang berguna untuk prediksi sebuah treatment. Bakat adalah suatu kapasitas yang dimiliki seseorang untuk mengetahui dan menguasai suatu pengetahuan khusus (dengan latihan), ketrampilan atau serangkaian respon yang terorganisisir. Dengan demikian, bakat atau aptitude dapat diartikan sebagai sebuah kemam-puan bawaan dari seseorang. Kemampuan ini masih berupa potensi yang perlu untuk dikembangkan lebih lanjut dan dilatih agar dapat mencapai impian yang ingin diwujudkan, missal kemampuan seseorang di bidang musik, di bidang mekanik, atau kemampuan bahasa.

Bakat dianggap sebagai salah satu wujud dari kemampuan manusia yang sangat menonjol dibandingkan kemampuankemampuan lainnya. Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi perkembangan bakat yang dimiliki oleh seseorang, antara lain: (1) Tingkat pendidikan yang dilalui, (2) Lingkungan sekitar, (3) Struktur syaraf serta motoric, (4) Motivasi, (5) Minat, (6) Emosi, (7) Kematangan fisik, (8) Biologis, (9) Peningkatan kualitas ketrampilan fisik.

Aktualisasi bakat seseorang tidak akan maksimal jika tidak ditunjang oleh faktor-faktor seperti minat, pengetahuan, pengalaman, atau latihan, dan faktor-faktor lain seperti disebutkan di atas. Dengan demikian, bakat akan tetap hanya merupakan potensi dalam diri seseorang yang tidak akan terwujud tanpa ditunjang faktor-faktor tersebut.

Coba kita lihat bagaimana pengaruh faktor di atas terhadap bakat yang dimiliki seseorang. Jika ada 2 orang mendapat latihan yang sama dalam hal musik, maka seseorang yang memiliki bakat music akan lebih cepat menguasai ke-trampilan bermusik dibandingkan dengan orang lain yang tidak memiliki bakat musik.

Dengan demikian sifat bakat yang mendasar adalah bersifat bawaan. Bakat adalah sesuatu yang harus dilatih, dan bakat harus ditunjang dengan minat agar berkembang maksimal.

Dilihat dari cara berfungsinya, bisa kita bedakan 2 jenis bakat yaitu :

1. Bakat umum

Potensi dasar yang sifatnya umum. Hal ini bisa berarti, semua orang memang memiliki kemampuan-kemampuan itu. Kemampuan pada bidang khusus (talent), misalnya bakat musik, melukis, dll.

2. Bakat khusus

Kemampuan yang dibutuhkan sebagai perantara untuk merealisir kemampuan khusus misalnya bakat melihat ruang 3 dimensi dibutuhkan untuk merealisasi kemampuan di bidang teknik arsitek

Macam Macam Tes Bakat

Beberapa tes bakat seperti: DAT (Differential Aptitude Test), FACT (Flanagan Aptitude Classification Test), GATB (General Aptitude Test Battery) dan lain-lain

Tes Minat

Tes minat adalah tes yang mengukur ketertarikan seseorang kepada sesuatu hal. Tes minat adalah alat-alat yang diharapkan bisa mengungkapkan reaksi seseorang menghadapi bermacam-macam situasi, yang secara keseluruhan merupakan cerminan dari minat seseorang, gambaran hal-hal yang disukai oleh seseorang, misal : bagi seorang siswa atau mahasiswa, tes minat akan memberi gambaran bidang pendidikan yang disukai, atau bagi karyawan tes minat ini akan menunjukkan bidang pekerjaan yang disukai.

Minat yang terungkap dari tes seringkali lebih mewakili kondisi minat riil yang dimiliki seseorang dan sifatnya permanen. Hal ini berarti minat yang terungkap dari tes bukan hasil pengaruh dari lingkungan luar, misalkan pengaruh teman atau orangtua. Minat yang terungkap juga bukan minat yang sekedar dipilih seseorang, melainkan memang benar-benar akan memotivasi seseorang untuk mempelajari sesuatu yang disukai.

Macam Macam Tes Minat

Beberapa tes minat seperti: tes minat Kuder, RMIB, Tes Holland dan lain-lain.

Dalam penggunaannya, tes minat bakat dilakukan secara bersamaan. Bahkan untuk mendapatkan hasil yang lebih lengkap, biasanya tes minat bakat diberikan bersamaan dengan ability tes seperti tes IQ.

Salah satu tempat rekomendasi tes minat bakat adalah di NS Developmnet. NS Development di ampuh oleh psikolog-psikolog berpengalaman. Pelaksanaan tes Minat Bakat di NS Development dapat dilakukan secara online, sehingga pelaksaan tes fleksibel, bisa dikerjakan dimana saja dengan menggunakan perangkat anda yang tersedia (Laptop, komputer, tablet atau mobile phone (android atau iphone)). Dapat diakses dengan browser ataupun aplikasi android.

Daftar tes Minat Bakat di NS Development.

Artikel berhubungan: