logo PT Nirmala Satya Development
Psikotes Online

Psikotes Online memiliki banyak keunggulan. Pilih platform tes yang paling terpercaya agar hasilnya akurat dan terjamin.

Psikotes online adalah tes psikologi dengan memanfaatkan kemajuan teknologi. Tes psikologi ini dibutuhkan di berbagai bidang.

Mulai dari institusi pendidikan hingga perusahaan dalam rekrutmen karyawan biasanya menggunakan psikotes. Apa sebenarnya indikasi platform psikotes yang baik?

Psikotes Online Terbaik

Kondisi psikologi orang berbeda. Sebagian besar orang sudah tidak asing lagi dengan tes psikologi atau psikotes.

Ini merupakan salah satu tes yang umum digunakan oleh perusahaan, universitas, atau bahkan untuk anak secara mandiri. Namun, apa sebenarnya fungsi tes ini?

Psikotes memiliki arti sebagai tes yang berfungsi untuk mengukur aspek individu secara psikis. Bentuk tes satu ini sangat beragam, mulai dari tulis, protektif, atau evaluasi secara verbal.

Modul tes pastinya sudah teradministrasi untuk mengukur fungsi atau kemampuan kognitif dan emosional seseorang. Jadi, tes ini sebenarnya sangat penting.

Dengan tes ini, maka akan terlihat seberapa besar kemungkinan kemampuan seseorang secara mental dan juga faktor pendukung lainnya. Hal itu termasuk seperti prestasi, kemampuan, kepribadian, dan intelegensi.

Pengertian Psikotes Menurut Ahli

Beberapa ahli juga menyampaikan pengertian dari psikotes ini. Pertama terdapat pengertian psikotes menurut Daulay.

Daulay mengartikan psikotes sebagai salah satu cara untuk mengetahui kompetensi individu di dalam rangka memecahkan masalah individu yang menyangkut masalah pribadi, belajar, dan bahkan sosial.

Psikotes menurut Daulay sudah digunakan di dalam berbagai kehidupan saat ini. Tes ini bisa masyarakat temukan di bidang pendidikan, bidang industri, dan bahkan bidang sosial.

Pengertian psikotes online kedua berasal dari Anastasi. Ia mendefinisikan tes ini sebagai tes dengan esensi penentuan yang objektif dan terstandarisasi terhadap sampel tingkat lagu.

Pada dasarnya, Anastasi mengartikan psikotes sebagai kumpulan pertanyaan yang wajib dijawab atau tugas-tugas yang wajib dikerjakan untuk memberikan informasi tentang psikologi tertentu berdasarkan jawaban tersebut.

Pengertian psikotes terakhir berasal dari Chaplin. Menurutnya, psikotes adalah teknik untuk mempelajari kepribadian dengan tujuan menentukan sifat yang mendasarinya, terutama sifat penentu kecenderungan seseorang memiliki penyakit mental.

Manfaat Tes Psikologi Online

Saat ini, teknologi sudah semakin berkembang. Berbagai hal sudah menggunakan bantuan internet atau secara online.

Misalnya seperti psikotes ini. Psikotes yang dilakukan secara daring pastinya lebih unggul dan memiliki manfaat tertentu.

Manfaat utama dari metode tes psikologi online adalah para pesertanya bisa mengerjakan tes dengan mudah. Mereka bisa mengerjakan tes tanpa keterbatasan tempat maupun waktu.

Manfaat lainnya adalah hasil tes akan lebih akurat. Ini akan sangat bermanfaat, terutama jika menggunakan psikotes dalam rekrutmen karyawan baru.

Psikotes juga mampu membantu mengetahui tingkat kecerdasan seseorang. Kecerdasan intelegensi (IQ) serta juga kecerdasan emosional dan spiritual (EQ) seseorang dapat terlihat dari psikotes ini.

Tingkat IQ sangat dibutuhkan seseorang dalam dalam melakukan pekerjaan serta pemecahan masalah. Sementara itu, EQ juga tidak kalah penting karena ada sejumlah kasus seorang karyawan yang harus mampu berdiplomasi, delegasi, dan negirusaiu pekerjaan serta mengambil keputusan.

Ciri-Ciri Platform Psikotes Berkualitas

Memilih platform psikotes online memang tidak selalu mudah. Sebab, platform tersebut harus benar-benar berkualitas dan tidak sembarangan.

Ciri-ciri platform yang berkualitas adalah terintegrasi. Platform psikotes akan lebih baik memiliki sistem yang terintegrasi dengan job portal dan database recruitment.

Perhatikan juga fitur-fitur yang platform tersebut tawarkan. Salah satu fitur platform psikotes yang harus ada adalah Multi User dan juga Multi Akses.

Dengan fitur tersebut, maka modul tes bisa untuk lebih banyak orang. Setiap peserta juga akan mendapatkan akses tes yang berbeda-beda.

Manfaatnya, tes dapat dilakukan secara individual maupun massal dengan hanya sekali klik melalui menu akses. Ini tentu saja sangat membantu, terutama untuk beberapa kebutuhan tertentu.

Selain itu, pilih juga platform psikotes yang memiliki desain simpel tetapi sudah terbukti akurat seperti NS Development. NS Development menawarkan tes psikologi yang akurat dan terpercaya.

Psikotes online di NS Development adalah tes kepribadian, tes kognitif, tes kepribadian, dan juga tes minat bakat. Menariknya, NS Development menawarkan gratis untuk pengguna baru selama 7 hari pertama. Jadi, para penggunanya bisa mencoba membuktikan terlebih dahulu apakah NS Development bagus untuk digunakan atau tidak.

Artikel berhubungan: