logo PT Nirmala Satya Development
Psikotes Online Gratis

Psikotes online gratis dapat digunakan untuk mengukur gaya kepemimpinan seseorang. Mulai dari kepemimpinan otoriter hingga kepemimpinan demokratis.

Psikotes online gratis merupakan tes yang bertujuan untuk mengetahui dan mengenali kemampuan seseorang. Saat ini, psikotes online telah tersedia dalam bentuk aplikasi yang bisa diakses oleh siapa saja tanpa terkecuali.

Tidak hanya membantu mengetahui minat, bakat, potensi diri sendiri saja. Akan tetapi, juga dapat mengenali gaya kepemimpinan seseorang.

Psikotes Online Gratis untuk Menentukan Leadership Style

Seorang pemimpin mempunyai peran dan andil sangat penting. Entah itu dalam sebuah negara, perusahaan, lembaga, organisasi, maupun kelompok masyarakat.

Sayangnya, tidak semua orang yang menjadi pemimpin atau calon pemimpin mengetahui gaya kepemimpinan mereka. Hal ini dapat berdampak pada hasil kinerja, hubungan eksternal, hingga hubungan internal antar anggota.

Dengan mengikuti psikotes online, bisa mengenali gaya kepemimpinan yang Anda miliki. bahkan, dapat menemukan kekuatan dan kelemahannya.

Dalam psikotes online, gaya kepemimpinan atau leadership style dibedakan menjadi dua jenis, yakni gaya kepemimpinan otoriter dan gaya kepemimpinan demokratis atau laissez faire. Berikut ini adalah perbedaan dari kedua gaya kepemimpinan tersebut.

Gaya Kepemimpinan Otoriter

Seseorang yang memiliki gaya kepemimpinan otoriter menganggap jika organisasi adalah miliknya. Segala sesuatu yang ia putuskan hanya berdasarkan pertimbangan pribadi saja.

Biasanya, pemimpin dengan gaya otoriter, tidak mempertimbangkan masukan, kritik dan saran dari anggotanya. Semua kendali organisasi, aturan hingga kebijakan mengarah kepada pemimpin.

Tipe pemimpin ini akan menunjukkan pekerjaan yang cenderung kaku, tetapi sangat terstruktur. Memiliki kreativitas dan pemikiran yang out of the box yang cenderung tidak mendapatkan dukungan dari anggotanya.

Gaya kepemimpinan otoriter tidak bisa dipandang sebagai sistem kepemimpinan yang salah. Dengan catatan, pemimpin tersebut bisa menunjukkan kompetensi dan kecerdasan secara emosional yang baik. Sehingga, kepemimpinannya dapat berjalan sesuai dengan tujuan bersama.

Melalui psikotes online gratis, Anda bisa mengetahui kompetensi dan kecerdasan emosional yang harus dimiliki oleh seseorang dengan gaya kepemimpinan otoriter. Seperti halnya, kemandirian, tanggung jawab, memiliki keahlian sesuai dengan bidangnya, ambisius dan gigih, konsisten dalam bertindak, hingga kemampuan beradaptasi.

Gaya Kepemimpinan Demokratis atau Laissez Faire

Salah satu gaya kepemimpinan yang bisa Anda ketahui dengan psikotes online, yakni gaya kepemimpinan demokratis. Kepemimpinan demokratis sangat berbeda dengan kepemimpinan otoriter.

Pemimpin cenderung memberikan kesempatan secara terbuka untuk semua anggota yang ingin berpartisipasi lebih aktif dalam organisasi. Pendapat, argumen, ide, kritik, dan saran dari anggota sangat diperlukan untuk mengambil keputusan.

Selain itu, pemimpin mengharapkan kinerja para anggotanya dapat memajukan organisasi. Setiap menjalankan dan menyelesaikan progress tugas, setiap anggota harus memberikan laporan.

Pemimpin dengan gaya ini, menaruh kepercayaan yang tinggi kepada para anggotanya. Hal ini yang membuatnya mendapatkan rasa hormat dan penghargaan dari anggotanya. Supaya organisasi mampu menghasilkan kinerja yang maksimal dan menciptakan lingkungan kondusif untuk semua anggota, pemimpin dengan gaya demokratis harus memiliki beberapa kompetensi.

Seperti kejujuran, kecerdasan atau kemampuan intelektual, keberanian, kreativitas, kompetensi, hingga rasa keadilan. Kompetensi-kompetensi ini bisa Anda ketahui dengan mengikuti psikotes online gratis.

Tips Mengikuti Psikotes Online

Semua orang memiliki kesempatan untuk menjadi pemimpin. Namun, tidak sembarang orang bisa menunjukkan kepemimpinan yang baik.

Penting untuk selalu diingat, gaya kepemimpinan yang dimiliki oleh seseorang tidak bisa Anda nilai baik dan buruknya. Hal ini dipengaruhi oleh berbagai macam faktor, seperti tempat, kondisi orang, kebutuhan sebuah organisasi, hingga situasi yang tengah ia hadapi.

Pemimpin yang baik adalah pemimpin yang memiliki kemampuan untuk menyesuaikan diri pada kondisi maupun situasi dalam organisasinya. Karena itulah, sebelum mengikuti psikotes online, pastikan Anda berada dalam kondisi dan situasi yang tenang.

Dengan begitu, bisa mendapatkan hasil yang optimal sesuai harapan. Satu lagi yang tak kalah penting, Anda harus menjawab setiap pertanyaan dengan jujur. Dari jawaban tersebut, bisa mengetahui apakah Anda memiliki gaya kepemimpinan otoriter atau gaya kepemimpinan demokratis.

Anda bisa mengikuti psikotes online gratis di NS Development. Sebagai aplikasi psikotes online yang sudah terpercaya, mampu memberikan hasil real time dalam bentuk file pdf, rekomendasi dan ditandatangani oleh psikolog NS Development. Tunggu apa lagi, ikuti psikotes online sekarang juga dan temukan gaya kepemimpinan Anda yang sebenarnya.

Artikel berhubungan: