logo PT Nirmala Satya Development
Psikotes Online

Tes psikologi dapat digunakan untuk mengevaluasi serta melihat potensi seseorang untuk keperluan kenaikan jabatan, menilai kebutuhan pelatihan pegawai, mengukur kecerdasan & mengenali kepribadian calon pegawai, serta memperkirakan performa kerja.

Zaman yang semakin berkembang pesat dan juga teknologi yang semakin mengalami kemajuan tes psikologi atau psikotes yang biasanya dilakukan secara konvensional saat ini dikonversikan menjadi psikotes dalam bentuk digital. Ya, sekarang ini psikotes online lebih diminati oleh sejumlah perusahaan yang mengadakan proses rekrutmen. Pasalnya, dengan memanfaatkan tes psikologi secara online ini banyak sekali kemudahan yang bisa didapat.

Psikotes Online, Salah Satu Alat Proses Recruitment

Salah satu tahapan penting di dalam proses recruitment karyawan baru yaitu tes psikologi atau psikotes. Sebab, pasalnya psikotes dapat memberi keuntungan untuk perusahaan guna mencapai kualitas para kandidat pegawainya. 

Ya, di dalam dunia kerja, psikotes memang menjadi salah satu sarana dalam proses recruitment. Psikotes mampu melihat potensi dan juga kecocokan calon karyawan di posisi yang dilamar ketika proses recruitment dilaksanakan.

Selain itu, tes psikologi juga bisa digunakan untuk mengevaluasi serta melihat potensi seseorang untuk keperluan kenaikan jabatan, menilai kebutuhan pelatihan pegawai, mengukur kecerdasan & mengenali kepribadian calon pegawai, serta memperkirakan performa kerja.

Salah satu aspek yang bisa diukur pada tes psikologi ini yaitu adalah personality (tes kepribadian). Namun sayangnya, psikotes ini sering jadi momok terlebih untuk fresh graduate ketika memasuki dunia kerja. 

Sekarang ini, mungkin masih banyak perusahaan yang melakukan psikotes secara konvensional alias offline. Padahal, andai mereka tahu psikotes online memberikan banyak kemudahan, lho. Ya, platform online ini bisa mempermudah pelaksanaan psikotes dalam proses rekrutmen perusahaan tanpa perlu bertatap muka.

Tes psikologi online juga bisa mempersingkat waktu serta meningkatkan efektivitas cost yang dikeluarkan untuk proses recruitment ini.  Lantas, apa saja kemudahan yang ditawarkan oleh tes psikologi online ini?

Menekan Biaya

Memakai sistem psikotes online cukup membantu dalam hal menekan biaya. Bayangkan saja rintangan yang harus dihadapi saat melakukan psikotes offline. Recruiter harus membayar sewa ruangan, menyisihkan waktu untuk para kandidat karyawan serta sejumlah interviewer spesial, dan masih banyak lagi.

Namun dengan melakukan tes psikologi online hanya cukup membutuhan peralatan utama yang tak jauh-jauh dari koneksi internet yang stabil, media elektronik seperti laptop, komputer, maupun smartphone yang bisa menampilkan kamera serta keberadaan akun media sosial khusus video call.

Tes psikologi online memungkinkan recruiters untuk mengatur budget agar sesuai dengan target secara lebih akurat.

Efektivitas dan Fleksibilitas Waktu

Kemudahan lain dari tes psikologi online yaitu lebih mengedepankan efektifitas waktu. Perusahaan yang tadinya bisa menghabiskan waktu hampir seminggu guna melakukan tes psikologi dalam proses recruitment ini, dengan psikotes online dapat dirampungkan hanya dalam sehari saja. 

Ya, tes psikologi secara online memang sangat mempermudah baik dari pihak recruiter di perusahaan maupun kandidat karyawannya (talent). Keduanya hanya cukup saling bertukar kabar lewat media sosial guna menyesuaikan waktu yang pas. Apabila terjadi hal-hal yang tak diinginkan juga mengubah jadwalnya tidak terlalu sulit.

Untuk recruiter hal tersebut sangatlah menghemat waktu berharga yang mereka punya. Selain itu juga memberi performa talent yang lebih siap sedia saat interview tiba. Bukan hanya itu saja, psikotes online juga mengedepankan fleksibilitas. Tes psikologi bisa dilakukan kapanpun, dimanapun, dan jika terdapat perubahan mendadak, hal yang bisa dilaksanak oleh perusahaan yaitu cukup melakukan penyuntingan atau bahkan takedown post.

Semua itu bisa dilakukan hanya dalam satu ketikan dan juga tidak perlu wara-wiri untuk mengabari kandidat karyawan sehubungan adanya perubahan jadwal.

Menjamin Sistem Otomatis

Selain itu, tes psikologi online cenderung punya resources yang melimpah dan juga membantu para recruiters untuk memperoleh kandidat karyawan dengan cara-cara yang lebih terdigitalisasi. Ya, kandidat pegawai lebih dipermudah dengan kehadiran berbagai macam sistem-sistem otomatis yang sudah terintegrasi secara langsung dengan perusahaan atau bahkan pihak ketiga yang turut membantu via digital.

Hasil skoring dari tes psikologi online lebih cepat dan juga akurat. Hasil tes psikologi kandidat karyawan bakal langsung keluar sesudah proses tesnya rampung. Sehingga tak perlu menunggu lama. Selain itu hasilnya juga lebih akurat, karena terhindar dari human error.

Apabila terdapat perusahaan startup yang ingin menyelenggarakan seleksi karyawan, maka dapat menggunakan platform psikotes online ini. Sebab, tes psikologi memberi banyak kemudahan dalam proses rekrutmen perusahaan, seperti dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja, serta hasilnya bisa dilihat secara real-time.

Artikel berhubungan: