logo PT Nirmala Satya Development
Psikotes Online

Salah satu kelebihan psikotes secara online adalah hasil tes lebih cepat dan akurat. Hasil tes peserta tes/pelamar akan langsung keluar setelah proses tes selesai. Tidak menunggu waktu. Demikian pula hasilnya dapat dipastikan akurat karena sudah menghindari human eror. Jadi banyaknya peserta tes, tidak lagi menjadi kendala recruiter. Bahkan dengan ribuan peserta tes/pelamar, dapat dilakukan tes secara massal, dan hasil tes dapat keluar dengan cepat, sehingga memudahkan dalam mengambil kesimpulan dan keputusan.

Rekrutmen merupakan sebuah alur pekerjaan yang menyita banyak waktu, biaya, perhatian, tenaga pikiran dan sumber daya lainnya. Keberadaan rekrutmen menjadi sebuah alur yang vital disebuah perusahaan. Penyediaan sumber daya manusia untuk mengisi posisi-posisi yang kosong atau mengganti posisi jabatan yang baru, merupakan sebuah kebutuhan primer. Begitu pentingnya rekrutmen, sehingga sangat menentukan keberhasilan jalannya sebuah organisasi.

Dengan berkembangnya zaman, teknologi hingga perubahan perilaku pelamar dan recruiter, membuat proses rekrutmen juga mengalami perubahan. Rekrutmen yang sebelumnya dilakukan dengan konvensional, kini telah berubah menjadi online. Tuntunan online dibidang rekrutmen meliputi beberapa proses seperti pencarian sumber daya kandidat (pemasalangan lowongan kerja online), proses filter data pelamar (sorting / pemilihan bank data pelamar), tes potensi dan kompetensi pelamar, interview dan proses offering. Sebagian besar proses ini telah beralih ke proses online.

Peralihan dari proses rekrutmen dari konvensional ke proses online ini memberikan keuntungan tersendiri.

Apa saja manfaat psikotes online disebuah perusahaan?  

Proses psikotes online memberikan keuntungan yang sangat banyak seperti menjadikan proses recruitment menjadi fleksibel, biaya lebih murah, lebih efisien, dapat dilaksanakan dari jarak jauh, hingga mengurangi human error.

1. Dapat dilaksanakan dari jarak jauh

Recruiter dapat mengatur tempat palaksanaan psikotes, bahkan tempat tes pelamar dapat dilakukan secara jarak jauh. Kandidat dapat mengikuti psikotes online dimana saja yang penting terkoneksi dengan internet. Dengan Tempat pelamar dengan perusahaan bukan lagi kendala dalam proses screening kandidat akan menghasilkan sumber daya yang berkualitas.

2. Biaya Lebih Murah

Jika menghitung biaya dan membandingkan antara psikotes konvensional dengan psikotes online, psikotes online lebih hemat biaya. Psikotes online tidak memerlukan media alat tulis, soal tes yang sekali pakai, pensil, pulpen dan lain-lain. Disamping itu penggunaan aplikasi online lebih ramah lingkungan.

3. Lebih Efisien

Pelaksanaan psikotes online akan menghemat “waktu” baik dari sisi pelamar maupun recruiter. Pelamar tidak perlu datang ke kantor/perusahaan untuk mengikuti psikotes, tidak perlu berpanas-panasan, bermacet-macetan dijalan untuk mengukuti sebuah undangan psikotes. Pelamar sudah kecapean dulu sebelum mengikuti psikotes. Dengan psikotes online, proses psikotes menjadi lebih efisien.

Dari sisi recruiter, pelaksanaan psikotes secara online, akan mempersingkat waktu pelaksanaan psikotes, menghemat tenaga recruiter karena soal sudah disajikan secara otomatis secara online.

4. Mengurangi Human Error

Hal penting lainnya dalam pelaksaaan psikotes secara online adalah mengurangi human error. Perlu diketahui bahwa, psikotes memerlukan skoring dan interpretasi sebelum mengeluarkan sebuah rekomendasi. Saat melakukan skoring dan interpretasi, human error dapat saja terjadi. Apalagi jika yang jika peserta tes/pelamar banyak, kemungkinan terjadinya human error semakin besar, karena efek kelelahan, perhatian dan lain-lain.

5. Pelaksaan Psikotes Lebih Fleksibel

Psikotes online dapat dikerjakan dimana saja dan kapan saja. Menggunakan device (komputer, laptop, tablet, mobile phone) yang biasanya semua orang saat ini sudah memiliki. Pelaksanaan psikotes online menjadi fleksibel dan merupakan sebuah pilihan yang sangat tepat.

6. Hasil Tes Lebih Cepat dan akurat

Salah satu kelebihan psikotes secara online adalah hasil tes lebih cepat dan akurat. Hasil tes peserta tes/pelamar akan langsung keluar setelah proses tes selesai. Tidak menunggu waktu. Demikian pula hasilnya dapat dipastikan akurat karena sudah menghindari human eror. Jadi banyaknya peserta tes, tidak lagi menjadi kendala recruiter. Bahkan dengan ribuan peserta tes/pelamar, dapat dilakukan tes secara massal, dan hasil tes dapat keluar dengan cepat, sehingga memudahkan dalam mengambil kesimpulan dan keputusan.

Untuk memilih aplikasi psikotes online, sebaiknya perusahaan / recruiter harus dengan jeli melihat penyedia aplikasi ini. Salah satu rekomendasi platform psikote online terbaik dan terpercaya saat ini adalah NS Development. NS Development dibangun oleh tenaga-tenaga professional, psikolog yang handal yang berpengalaman dibidang industry khususman assessment dan recruitment karyawan.

Layanan psikotes online NS Development menyediakan beberapa fitur handal yang mendukung pelaksanaan psikotes online. Aplikasi / sistem telah dilakukan audit secara berkala oleh tim psikolog untuk mengetahui range normal sebuah alat tes. Karena tes paper base, akan berbeda dengan tes online. Skala-skala tes online akan dilakukan update berkala sesuai dengan kondisinya.

Berminat menggunakan aplikasi psikotes online NS Development? Dapat langsung menghubungi kami di kontak yang telah tersedia.

Semoga bermanfaat.

Artikel berhubungan: