logo PT Nirmala Satya Development
Minat Bakat Jurusan Kuliah

Tujuan tes minat bakat jurusan kuliah adalah untuk melakukan asesmen kepribadian dan mengenali bakat dalam menentukan jurusan kuliah. Dengan berbagai pengenalan alat tes bakat sebagai referensi saat Anda datang ke psikolog.

Tes minat bakat jurusan kuliah menjadi salah satu tes yang paling banyak dicari. Banyak yang tidak tahu, apabila ada tes yang dapat digunakan untuk mengetahui minat bakat. Namun perlu diingat bahwa penggunaan tes psikologi harus dengan ahlinya. Hal ini agar interpretasi hasil tes sesuai dengan kondisi yang sebenarnya. Saat ini, seorang ahli psikologi di Indonesia disebut dengan psikolog.

Sehingga apabila ingin mengetahui minat bakat lebih detail, perlu mengunjungi psikolog. Tujuannya untuk melakukan asesmen kepribadian dan mengenali bakat dalam menentukan jurusan kuliah. Dengan berbagai pengenalan alat tes bakat sebagai referensi saat Anda datang ke psikolog.

Inilah Rekomendasi Alat Tes Minat Bakat Jurusan Kuliah

Saat ini Indonesia telah menyediakan beberapa alat tes bakat, bahkan juga banyak digunakan oleh psikolog. Berikut ini adalah jenis alat tes yang biasa digunakan.

Tes Bakat Diferensial (DAT)

Jenis tes ini yang disusun oleh George K. Bennett, Harold G. Seashore, Aleander G. Wesman. Pembuatan tes yang satu ini karena keterbatasan tes kecerdasan yang memperoleh hasil skor tunggal. Perlu Anda ketahui bahwa DAT ini terdiri atas 7 subtes.

General Aptitude Tes Battery (GATB)

Jenis tes ini yang dikembangkan berdasar terminologi intelegensi dari teori Thurston. Tes GATB ini biasanya banyak digunakan oleh konselor, termasuk untuk bimbingan kerja karyawan di perusahaan. Secara keseluruhan untuk mengikuti tes ini berjumlah 59. Tes tersebut yang terdiri dari 9 seri/ 9 faktor/ 9 PMA.

Flanagan Aptitude Classification Test (FACT)

Tes minat bakat jurusan kuliah selanjutnya yakni FACT. Subtes-subtes FACT merupakan Inspection (Inspeksi), Coding, Memory, Precision, Assembly, Scales, Coordination, Judgement and Comprehension. Selain itu, ada Arithmetic, Patterns, Components, Tables, Mechanics, Expression, dan Ingenuity dan Alertnes Subtes. FACT yang dapat tersaji secara keseluruhan (1 seri) atau terpisah (tiap sub tes).

Penggunaan Tes FACT ini untuk pemilihan pendidikan serta pekerjaan. Namun, memang lebih bagus dalam tes minat pemilihan jurusan di perguruan tinggi. Uji validitas dari tes ini secara keseluruhan dilakukan pada siswa kelas 8-10. Tentunya dengan membandingkan hasil DAT dengan prestasi siswa pada beberapa bidang studi. Di Indonesia tidak lagi menggunakan Subtes language Usage.

Numerical Ability (Tes Berhitung)

Tes berhitung juga termasuk jenis tes minat bakat jurusan kuliah. Aspek yang diukur oleh tes ini yakni kemampuan berpikir dengan angka, khususnya tentang kemampuan aritmatika. Tujuan dari tes ini untuk dapat memprediksi kemampuan dalam pendidikan maupun pekerjaan. Bidang pendidikan yang lebih utama dalam bidang matematika, fisika, kimia, teknik maupun ilmu sosial. Bentuk soal tes dalam buku cetak, biasanya terdapat lembar jawab terpisah. Jumlah soalnya mencapai 40 soal yang tersaji secara individual maupun klasikal dalam waktu 30 menit.

Reliabilitas tes numerical ability ini berbeda baik untuk pria dan wanita. Untuk pria , reliabilitas tes 0,85-0,93 sementara pada wanita reliabilitas tes 0,82-0,88. Cara penilaiannya benar = 1,  salah = 0, yang selanjutnya dibandingkan dengan norma untuk kategorisasi.

Verbal Reasoning (Tes Kemampuan Verbal)

Jenis tes minat bakat jurusan kuliah ini mengukur kemampuan berpikir dan memecahkan masalah dan dinyatakan dalam bentuk kata-kata. Tujuan penggunaan tes ini untuk memprediksi kemampuan dalam bidang pendidikan/akademik dan pekerjaan.

Tes verbal dan numerical adalah prediktor untuk kemampuan akademik. Siswa yang memiliki nilai diatas rata-rata, maka sebaiknya memilih merencanakan pendidikan di akademi / perguruan tinggi. Selain itu, juga dapat disarankan memasuki pendidikan/pekerjaan yang menuntut sedikit kemampuan verbal. Misalnya seperti tugas administrasi, produksi tanpa mengharap menjadi kepala bagian/manager.

Saat ini Anda telah mengetahui rekomendasi alat tes untuk mengetahui minat bakat. Namun sekedar untuk mengetahui saja bahwa apabila ingin mengetahui bakat lebih lengkap perlu menghubungi psikolog. Salah satu psikolog yang berpengalaman dalam asesmen bakat yakni NS Development. NS Development ini dengan psikolog-psikolog yang berpengalaman dibidangnya.

Selain itu, Anda juga dapat mengakses NS Development secara online. Oleh karena itu, peserta tes tidak perlu datang ke kantor untuk tes minat bakat jurusan kuliah. Anda hanya perlu dengan mengikuti psikotes online yang telah tersedia di NS Development. Anda akan mengetahui bakat yang dimiliki dan melihat hasil tes secara realtime.

Anda ingin mengetahui dan mengikuti tes minat bakat? Registrasi diri anda langsung untuk mengikuti Tes Minat Bakat Online.

Artikel berhubungan: