logo PT Nirmala Satya Development
Tes IQ Online

Sebagian besar tes IQ online, skor IQ rata-rata ditetapkan pada 100 dengan standar deviasi 15. Skor IQ akan mengikuti distribusi data statistik normal.

Tes IQ Online saat ini sudah termasuk hal lumrah. Dengan berbagai data yang ada, tes IQ termasuk yang cukup relevan.

Ini sebenarnya termasuk salah satu jenis tes psikologi atau psikotes. Di dunia pendidikan, hasil tes IQ ini sangat penting.

Dengan melakukan tes IQ, maka ini menjadi salah satu cara untuk mengetahui ukuran potensial kecerdasan dalam diri seseorang.

Orang yang memiliki skor IQ tinggi biasanya termasuk jenius. Nah, berapa sebenarnya rata-rata skor tes IQ dari orang jenius tersebut?

Skor untuk Tes IQ Online Tingkat Jenius

IQ merupakan kependekan dari Intelligence Quotient atau maksudnya adalah taraf kecerdasan intelektual. Hasil tes IQ kerap menjadi tolak ukur dalam hal kecerdasan individu.

Tes IQ akan membantu dalam mengetahui skor. Dalam tes ini, kemampuan dan potensi intelektual seseorang akan diukur.

Namun, perlu Anda pahami bahwa tes IQ ini untuk mengukur kecerdasan yang dimiliki seseorang sejak mereka lahir dan bukan tes pengetahuan terkait apa yang sudah mereka pelajari melalui pengalaman hidup maupun edukasi.

Hasil Skor IQ Test

Tes IQ akan menggambarkan dari sejumlah aspek seperti keterampilan kognitif, seperti logika, pemecahan masalah dan problem solving, hingga penalaran.

Hasil dari tes IQ biasanya dalam bentuk skor. Skor IQ tersebut terbagi menjadi beberapa tingkatan seperti jenius, tinggi, rata-rata, dan terakhir adalah tingkat rendah.

Sebenarnya, minimal skor dari tes IQ adalah 70 yang artinya lower extreme atau sangat rendah. Kemudian, di atas rata-rata adalah mereka yang mendapatkan skor di atas 144.

Pada sebagian besar tes IQ online modern, skor IQ rata-rata ditetapkan pada 100 dengan standar deviasi 15. Sehingga, skor IQ akan mengikuti distribusi data statistik yang normal.

Itu artinya, kurang lebih 95% populasi manusia di muka bumi mempunyai skor dalam 2 standar deviasi (SD) dari average.

Jika suatu SD ialah 15 poin, maka 95?ri populasi manusia di muka bumi berada dalam angka 70 hingga 130. Sementaera itu, 98% di bawah skor 131.

Apakah Mungkin Skor Tes IQ di Atas 140?

Dengan pemaparan sebelumnya, angka IQ rata-rata dari orang pintar berada di tingkatan above average sampai tingkat gifted.

Tentu saja ada orang yang berhasil mendapatkan skor tes IQ online di atas 144. Orang-orang ini termasuk golongan orang jenius.

Salah satu yang sangat terkenal adalah Albert Einstein dengan skor IQ sekitar 160-170, Christopher Michael Langan IQ 190-121, Judit Polgar IQ 170, Stephen, Hawking IQ 160, dan Philip Emeagwali IQ 160.

Bahkan, ada sejumlah orang yang sukses memperoleh nilai IQ di atas 200. William James Sidis memiliki IQ sekitar 250-300.

Selanjutnya ada Terence Tao IQ sekitar 225-230, Marilyn Vos Savant IQ 228, Christopher Hirata IQ 225, Kim Ung Yon IQ 210, dan Edith Stern dengan IQ lebih dari 200.

Nama-nama tersebut cukup terkenal karena kecerdasannya. Tentu saja itu hanya sebagian kecil dari orang-orang jenius.

Ada banyak orang biasa yang mendapatkan skor tes IQ besar dan termasuk jenius tetapi tidak tersorot media sehingga tidak terkenal.

Maksud dari Skor IQ

Setelah mengetahui ada banyak orang yang tergolong jenius, masih banyak juga yang tidak memahami bagaimana cara skor tes IQ bekerja.

Tes IQ online sendiri dirancang untuk menganalisis kemampuan dan skill seseorang dalam menemukan problem solving dan juga tingkat penalarannya. Skor IQ merupakan tolak ukurĀ  kecerdasan manusia yang terkristalisasi.

Hasil skor dari tes IQ akan menunjukkan seberapa baik individu tersebut dalam melakukan tes kemampuan mental satu ini daripada orang lain meski dalam kelompok usia yang sama.

Kesadaran spasial, kemampuan visual, penalaran verbal individu, sampai logika menjadi bidang utama untuk kesuksesan penilaian tes IQ.

Itulah kenapa, tes IQ tidak seperti tes lainnya. Tes IQ tidak bisa Anda pelajari terlebih dahulu agar mendapatkan skor tinggi.

Tes IQ bahkan tidak seperti ujian sekolah. Sebaliknya, tes ini lebih untuk menampilkan skill seseorang dalam mengaplikasikan logika guna menemukan problem solving mereka, memahami pola, dan dalam membangun koneksi yang cepat dalam sejumlah aspek informasi.

Nah, Anda juga bisa melihat berapa skor IQ melalui tes online di ND Development. NS Development ini menawarkan tes IQ canggih dengan hasil akurat.

Semua orang bisa melakukan tes IQ online yang ada di NS Development. Anda hanya perlu mendaftar terlebih dahulu dan bisa mengerjakan kapan dan dimana saja melalui ponsel maupun laptop.

Artikel berhubungan: