logo PT Nirmala Satya Development
Tes Papi Kostick

Tes Papi Kostick memiliki tujuan untuk mengukur aspek-aspek psikologis. Perusahaan dapat mengevaluasi perilaku serta gaya kerja setiap individu di tempat kerja.

Tahapan tes Papi Kostick pada perusahaan dapat membantu mendapatkan pekerja yang benar-benar berkualitas. Papi atau Personality and Preference Inventory adalah “personality assessment” yaitu alat tes penilaian kepribadian populer yang dipakai oleh para profesional HR (Human Resource). Selain itu juga digunakan manajer terkait untuk mengevaluasi perilaku dan gaya kerja individu pada semua tingkatan.

Alat ini untuk perbandingan dan seleksi. Sehingga penggunaannya berdasarkan pada penelitian dan teori kepribadian “needs-press”. Sedangkan dari basis pengetahuan untuk memahami, memformulasikan, dan menyelesaikan masalah. Untuk basis pengetahuan ini memiliki dua elemen dasar, yang pertama adalah fakta dan yang kedua aturan (rule).

Inilah Tahapan Tes Papi Kostick Basis Pengetahuan

Pada dasarnya proses akuisisi pengetahuan, tahap-tahap untuk mendapatkan keluaran berupa deskripsi kepribadian Tes PAPI Kostick dan persentase kecocokan testee dengan pekerjaan pada suatu perusahaan. Semua itu akan didapatkan dari:

Test Process

Umumnya soal tes kepribadian Tes PAPI Kostick terdiri dari 90 pasangan pernyataan detail. Sementara setiap pernyataan merujuk pada aspek tertentu. Karena tiap soal terdiri dari dua pernyataan.

Proses Hitung Skor Aspek

Selanjutnya adalah penghitungan skor aspek. Untuk skor setiap aspek diperoleh dengan cara menghitung jumlah aspek pada jawaban testee.

Sedangkan pada proses tes dijelaskan bahwa jawaban berupa kode aspek. Sehingga jumlah frekuensi kode aspek pada jawaban testee adalah skor aspek.

Penentuan Deskripsi Kepribadian

Untuk mengetahuinya, deskripsi Kepribadian pada tahapan tes Papi Kostick ditentukan oleh skor masing-masing aspek. Biasanya skor tersebut dibandingkan dengan skala profil kepribadian PAPI Kostick yang diringkas.

Pada beberapa testee berkemungkinan terdapat skor ekstrim pada skor aspek tertentu, yakni skor tertinggi 9 atau skor terendah 0. Selain itu skor ini dianggap kurang baik karena memiliki arti terlalu pada deskripsi kepribadiannya. Sehingga sering menjadi perhatian khusus pakar. Karena skor aspek ekstrim memiliki deskripsi kepribadian positif dan negatif.

Dari adanya deskripsi kepribadian ini membantu pakar untuk menganalisa aspek kepribadian. Terutama yang perlu dikembangkan baik untuk kepentingan personality improvement maupun pengadaan training bagi perusahaan.

Proses Hitung Persentase kesesuaian Testee dan Target

Dalam menentukan aspek dan skala skor target, perusahaan akan menganalisa kepribadian berdasarkan hubungan antar aspek kepribadian. Selain itu berdasarkan jenis pekerjaan. Karena setiap jenis pekerjaan memiliki kriteria kepribadian tertentu.

Pada dasarnya kepribadian seseorang melalui tahapan tes Papi Kostick sangat menentukan hasil kerja dari pekerjaan yang mereka lakukan. Umumnya kriteria kepribadian yang disebut adalah berpikir kreatif untuk menciptakan ide-ide baru. Selain itu, kriteria berupa kemampuan berinteraksi atau berkomunikasi dengan baik.

Setidaknya mereka mampu bekerja secara individu maupun dalam tim tanpa tergantung. Pemenuhan selanjutnya sanggup bekerja di bawah tekanan perusahaan dalam mencapai tujuan. Selain itu pribadi tersebut harus sanggup bekerja multi tugas pada satu kisaran waktu.

Begitu terikat dengan perusahaan maka mereka juga bersedia bekerja dalam waktu yang telah dijadwalkan. Semua pekerja harus memiliki kemauan kuat untuk belajar secara mandiri dan mempelajari suatu hal/ilmu baru. Menyerahkan semua pemikiran dan kerja keras mereka sehingga selalu memiliki motivasi kuat untuk mengembangkan diri menjadi lebih baik.

Tujuan Tes Kepribadian dengan PAPI Kostick

Sebenarnya adanya tes ini memiliki tujuan utama tujuan untuk mengukur aspek-aspek psikologis. Perusahaan dapat mengevaluasi perilaku serta gaya kerja setiap individu di tempat kerja.

Sehingga untuk mencapai tujuan tahapan tes Papi Kostick tersebut perlu disusun dua aspek yang terpisah. Seperti pengukuran kebutuhan atau needs dan pengukuran persepsi atau roles.

Tes PAPI Kostick tersebut untuk menjabarkan kepribadian dalam 20 aspek yang masing-masing mewakili need dan role tertentu dalam perusahaan. Mulai dari Work Direction (arah kerja), Leadership (kepemimpinan), Activity (aktivitas kerja), Social Natue (Relasi social), Work Style (Gaya kerja), Temperament (Sifat tempramen), dan Followership (Posisi atasan-bawahan).

Tips Strategi Jawaban Saat Papi Kostick

Sedangkan bagi Anda yang sedang melamar pekerjaan atau menghadapi Papi Tes, maka terdapat strategi yang cocok untuk Anda terapkan. Terutama dalam menjawab Tes Papi Kostick tersebut. Caranya mudah, karena Anda perlu ketenangan dan fokus untuk mengerjakannya.

Penting mengenali terlebih dahulu posisi pekerjaan yang Anda lamar. Selain itu memperhatikan masing-masing huruf serta jangkauan skornya. Bahkan menyesuaikan poin A dengan B. Contohnya saja Anda melamar di bagian marketing, di mana posisi tersebut merupakan suatu pekerjaan berorientasikan pada target dan membutuhkan kemauan bekerja keras yang tinggi.

Apabila Anda melamar sebagai marketing, usahakan jangan sampai skor huruf G atau peran pekerja keras kurang dari 5. Apabila kurang dari 5, maka artinya bekerja untuk kesenangan saja. HRD kemungkinan akan menilai Anda tidak bisa diandalkan dalam mencapai target perusahaan dalam tahapan tes Papi Kostick.

Tes Papi Kostick Online

NS Development menyediakan aplikasi tes Papi Kostick dalam bentuk aplikasi psikotes online, yang telah di validasi oleh psikolog-psikolog berpengalaman, sehingga memberikan kepercayaan terhadap hasil tes. Kolaborasi antara tim IT dan Tim psikolog menghasilkan karya bermutu dan terpecaya dengan menyediakan aplikasi tes Papi Kostick Online. Menggunakan Aplikasi tes Papi Kostick Online memudahkan pengguna baik peserta tes maupun user (psikolog, perusahaan, Lembaga Pendidikan, Asesor) dalam mengakses tes Papi Kostick.

Tes Papi Kostick Online NS Development dapat diakses dimana saja dengan menggunakan perangkat yang tersedia seperti laptop, komputer, tablet dan mobile phone. Aplikasi psikotes online ini dapat digunakan dengan menggunakan browser maupun aplikasi android.

Ingin mengetahui lebih lengkap mengenai Tes Papi Kostick Online NS Development? Dapat mengunjungi langsung link tautan Tes Papi Kostick Online.

Artikel berhubungan: