logo PT Nirmala Satya Development
Tes IQ Online

Tes IQ online menggunakan alat modern dan terpercaya memberikan hasil akurat, pengalaman tes yang nyaman, serta data kognitif berharga.

Tes IQ online tanpa sadar sangat dibutuhkan. Bahkan, sekolah dasar saat ini sudah memberikan tes IQ kepada murid-muridnya.

Bukan tanpa alasan, ada banyak manfaat dari hasil tes IQ ini, terutama untuk para pelajar. Guru jadi bisa memahami gaya belajar yang tepat untuk mereka.

Kemudian, tes IQ ini sering dianggap sebagai cara untuk mengetahui kecerdasan diri seseorang. Namun, ada juga yang menganggap hasil tes IQ sebagai penentu kesuksesan.

Kedua pendapat tersebut tidak sepenuhnya salah. Namun, tes IQ harus dilakukan di tempat yang tepat. Jangan sampai melakukan tes IQ di tempat abal-abal sehingga hasilnya tidak akurat.

Tes IQ Online NS Development

Apa itu sebenarnya tes IQ? Sebenarnya, tes IQ adalah tes psikologi yang berguna untuk mengukur kemampuan kognitif seseorang.

Kemampuan kognitif sendiri sebetulnya terdiri dari kemampuan inti otak dalam berpikir, mengingat, belajar, dan juga memusatkan perhatian.

Hasil dari tes ini umumnya dianggap menjadi tolak ukur kemampuan dan potensi kemampuan intelektual seseorang.

Sebenarnya, tes ini sudah hadir sejak abad ke-20 lalu. Tetapi hingga saat ini, tes IQ masih digunakan dan bahkan dengan sistem yang lebih modern.

Beberapa aspek yang termasuk ke dalam penilaian di tes IQ meliputi matematika, penyimpanan memori, kecepatan dalam memproses atau mempelajari hal baru, kemampuan penalaran, berbahasa, hingga pemrosesan visual.

Tingkatan Nilai Hasil Tes IQ

Hasil dari tes IQ akan berupa angka. Setiap tingkatan angka memiliki makna yang berbeda.

Berikut ini daftar nilai hasil tes IQ online beserta arti di baliknya.

  • Nilai di bawah 69 artinya mengalami intellectual disability (fungsi intelektualnya rendah).
  • Skor 70-79 merupakan borderline yang artinya batas fungsi intelektual.
  • Nilai 80-89 merupakan low average yang artinya rata-rata rendah.
  • Skor 90-109 merupakan average yang merupakan rata-rata.
  • Skor 110-119 merupakan high average yang artinya rata-rata tinggi.
  • Nilai 120-129 yang merupakan superian, artinya di atas rata-rata.
  • 130 ke atas merupakan very superior atau cerdas.

Dari nilai tersebut, nilai IQ normal berada di kisar angka 90 sampai dengan 109. Jika kurang dari itu, artinya masih di bawah normal.

Beberapa orang ada yang memiliki IQ melebihi angka 130 yang menjadikannya sangat superior. Itu merupakan golongan yang cukup langka.

Alat Tes IQ Online

Dalam tes online, ada beberapa alat tes yang terpercaya. Mereka banyak digunakan oleh lembaga penyedia tes IQ, seperti halnya NS Development.

Beberapa alat atau aplikasi untuk tes IQ yang NS Development gunakan adalah sebagai berikut:

  1. Tes IST (Intelligenz Struktur Test) online: untuk mengukur kemampuan analitis serta kemampuan membayangkan secara antisipatif pada perubahan keadaan ruang.
  2. Tes WPT (Wonderlic Personnel Test) online: alat ukur psikologi untuk mengukur kemampuan kognitif berdasarkan pengukuran tingkat kemampuan belajar, memecahkan masalah, dan memahami instruksi.
  3. Selanjutnya, Tes TIU (Tes Intelegensi Umum) online: mencakup kemampuan figural, verbal, dan numerik. Alat tes IQ online ini juga digunakan untuk tes ujian peserta CPNS 2023.
  4. Tes SPM (Standard Progressive Matrices online: untuk mengukur kecerdasan orang dewasa. Hal paling banyak diungkap adalah faktor generat atau kemampuan umum seseorang. Orientasi tes SPM ada di hubungan-hubungan abstrak.
  5. Tes CFIT (Culture Fair Intelligence Test) online: tes psikologi khusus untuk mengukur faktor intelektual atau kecerdasan seseorang secara objektif dan tidak memihak terhadap faktor suatu budaya.
Keunggulan Tes IQ di NS Development

NS Development menjadi lembaga penyedia tes psikologi secara online termasuk tes IQ. Anda bisa menggunakannya untuk melakukan tes sesuai kebutuhan.

Kelebihan dari NS Development adalah lebih fleksibel. Anda bisa menentukan jadwal tes sesuka hati kapan saja.

Kemudian, aplikasi psikotes dari NS Development memiliki banyak fitur pendukung yang akan memudahkan kegiatan tes. Anda bisa mengakses ini melalui desktop maupun smartphone.

Menariknya lagi, hasil tes IQ dari NS Development akan muncul secara real time, jadi tidak perlu menunggu lama. Anda juga akan mendapatkan laporan hasil tes yang hadir dalam bentuk PDF.

Jadi, Anda tidak perlu ragu lagi untuk melakukan tes IQ online di NS Development. Alat tes yang mereka gunakan sudah sangat terpercaya, sehingga hasilnya juga lebih akurat.

Artikel berhubungan: