logo PT Nirmala Satya Development
Tes Memilih Jurusan Kuliah

Bekerja dan kuliah dalam bidang yang sesuai dengan personality, minat, dan bakat akan terasa lebih ringan dan menyenangkan. Kamu juga bisa menguasainya dengan lebih cepat. Kamu bisa merasakan bahwa “inilah kamu yang sebenarnya” alias tidak perlu memaksakan sesuatu yang tidak kamu sukai.

Apakah kamu sedang bingung menentukan jurusan kuliah lanjutan? Atau apakah kamu masih ragu dengan jurusan yang kamu pilih? Kalau begitu, ini mungkin waktu yang tepat untukmu melakukan tes RIASEC. Tes RIASEC adalah salah satu jenis tes populer yang sering digunakan untuk menentukan profesi/pekerjaan yang paling sesuai untuk seseorang.

Nah, tes RIASEC ini juga bisa kamu gunakan untuk menentukan jurusan kuliah terbaik sesuai dengan bidang profesi yang kamu minati.

Sekilas Tentang Tes Memilih Jurusan Kuliah, Tes RIASEC

Teori tes ini diciptakan oleh John Holland yang merupakan seorang psikolog asal Amerika Serikat. John Holland percaya kalau personality atau kepribadian seseorang dapat dijadikan sebagai pedoman terbaik untuk menentukan bidang pekerjaan dan jurusan kuliah yang tepat.

Tes RIASEC atau yang juga dikenal sebagai Holland Code ini membagi kepribadian seseorang menjadi 6 kategori tertentu. Nama “RIASEC” sendiri merupakan gabungan dari 6 tipe personality yang dijabarkan dalam tes ini, yakni realistic (realistis), investigative (investigatif), artistic (artistik), social (sosial), enterprising (berani berusaha), dan conventional (konvensional). Nah, jika kamu skormu lebih tinggi pada 1 kategori personality maka kamu bisa menjadikannya sebagai referensi untuk memilih jurusan kuliah yang tepat.

Bagaimanapun juga personality seseorang akan sangat mempengaruhi kehidupan orang tersebut. Termasuk bidang profesi dan pendidikan yang paling tepat untuknya. Contohnya, kamu adalah tipe orang yang suka berpikir, memiliki kemampuan analitis yang baik, dan tidak terlalu suka bekerja dengan banyak orang. Maka, kamu bisa memilih jurusan yang berhubungan dengan kegiatan tersebut. Seperti jurusan Bisnis dan Management. Setelah lulus pun, dengan background pendidikan Bisnis & Manajemen yang kamu miliki, kamu bisa mencari pekerjaan dalam bidang tersebut.

Bekerja dan kuliah dalam bidang yang sesuai dengan personality, minat, dan bakat akan terasa lebih ringan dan menyenangkan. Kamu juga bisa menguasainya dengan lebih cepat. Kamu bisa merasakan bahwa “inilah kamu yang sebenarnya” alias tidak perlu memaksakan sesuatu yang tidak kamu sukai.

6 Tipe Kepribadian Berdasarkan Tes RIASEC

Tes memilih jurusan kuliah dengan tes RIASEC ini memiliki 6 hasil yakni,

R (Realistis)

Merupakan tipe orang yang memiliki cara dan pemikiran yang praktis. Ketika menyampaikan suatu informasi, tipe realistis ini lebih cenderung apa adanya, tidak bertele-tele, dan juga jujur. Dalam penyampaiannya pun orang dengan tipe ini akan mencoba menjelaskan hal sespesifik mungkin, bahkan disertai dengan gambaran praktisnya. Hal ini untuk memudahkan orang lain memahami apa yang disampaikannya.

Untuk sistem belajarnya, tipe ini biasanya lebih suka mempraktekkan langsung hal yang telah dipelajarinya. Jurusan yang sesuai untuk tipe ini adalah hal-hal yang berkaitan dengan sistem praktis dan realistis. Contoh, Teknik.

(I) Investigatif

Tipe orang yang bisa menjadi seorang pengamat yang baik dan solutif. Ia pintar menyelesaikan suatu masalah dan mencari solusi dari masalah tersebut (problem solving). Memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Cenderung lebih kritis terhadap berbagai informasi yang ada. Tipe yang menyukai konsep abstrak-teoritis dan permasalahan yang kompleks. Terbuka dengan informasi yang ada.

Jurusan yang mungkin sesuai untuk tipe I ini adalah : Sastra & Bahasa, Kesehatan, Pendidikan, hingga Teknologi Informasi dan Komunikasi.

(A) Artistic

Tipe kepribadian ketiga yang muncul dalam tes memilih jurusan kuliah RIASEC adalah tipe Artistik. Merupakan tipe yang suka dengan berbagai kegiatan kreatif. Utamanya kegiatan yang berhubungan dengan aktivitas seni. Contohnya saja, menulis, bermain peran, produksi film, dan hal-hal kreatif lainnya dalam proses penciptaan suatu seni. Tipe yang sangat tertarik untuk terlibat dalam berbagai jenis kegiatan yang bisa mengekspresikan diri melalui sesuatu yang kreatif.

Cenderung imajinatif. Sering dinilai sebagai sosok orisinil karena cara berpikirnya yang unik dan kreatif. Kalau kamu termasuk dalam jurusan ini, maka kamu bisa masuk kuliah dengan jurusan Seni & Budaya, Perfilman dan Teater, serta Jurusan Design.

(S) Sosial

Keempat adalah tipe sosial. Tipe orang yang sangat menyukai kegiatan sosial atau kegiatan yang berhubungan dengan kepentingan orang banyak. Bagimu, keberadaan orang lain adalah hal yang sangat penting. Sangat tertarik pada hubungan interpersonal antar anggota kelompok. Tertarik dengan berbagai aktivitas sosial dan masalah interpersonal. Sosoknya bersahabat, pengertian dan perhatian. Jurusan kuliah yang cocok adalah jurusan Hubungan Masyarakat, dan jurusan lainnya yang berhubungan dengan aktivitas sosial.

(E) Enterprising

Merupakan salah satu tipe dalam tes memilih jurusan kuliah RIASEC kelima. Orang dengan kepribadian enterprising ini menyukai berbagai aktivitas persuasive untuk mencapai hal yang diinginkannya. Bisa berkomunikasi dengan baik dan menyampaikan ide dan pikirannya dengan tepat. Penuh motivasi, ambisius, berani, dan percaya diri. Kamu bisa masuk ke jurusan Psikologi, Acting, Drama & Teater dan sejenisnya.

(C) Conventional

Orang dengan tipe conventional adalah orang-orang yang lebih menyukai aktivitas yang tersusun rapi alias terorganisir. Sistem kerjanya rapi dan sistematis, dan kamu lebih senang bekerja dengan cara ini agar hasil kerjamu selalu teratur. Peduli dan sangat mementingkan akurasi dan detail. Handal dalam masalah pekerjaan yang berhubungan dengan angka dan pekerjaan administratif lainnya. Rekomendasi jurusan kuliah yang sesuai adalah : Akuntansi, Bisnis & Management.

 Cara Mengikuti Tes memilih jurusan kuliah

Untuk mengikuti tes memilih jurusan kuliah dapat diikuti dengan tes psikologi. NS Development menghadirkan aplikasi psikotes online yang dapat diakses dimana saja dengan menggunakan perangkat yang pasti anda miliki. Psikotes Online NS Development dapat dikerjakan dengan menggunakan komputer, laptop, tablet dan mobile phone. Media akes dapat berupa browser maupun aplikasi android.

Daftarkan dirimu dan Registrasi langsung di NS Development dengan klik tautan ini untuk mengikuti Tes memilih jurusan kuliah.

Artikel berhubungan: