logo PT Nirmala Satya Development
Tes Mengetahui Bakat Terpendam

Salah satu tes mengetahui bakat terpendam dengan sistem battery test. Tes DAT sering digunakan untuk mengukur multiple intelligence yang ada pada diri seseorang.

Apakah kamu merasa kurang percaya diri karena kamu tidak memiliki suatu bakat khusus yang menonjol? Tenang, jangan khawatir! Setiap orang terlahir dengan bakat tertentu kok. Sekarang, kamu mungkin hanya belum menemukan bakat terpendammu?

Lalu, bagaimana cara mengetahuinya? Kamu bisa melakukan tes mengetahui bakat terpendam lho. Ada banyak sekali tes yang bisa kamu lakukan. Salah satunya adalah tes DAT atau Differential Aptitude Test. Penasaran dengan tes satu ini? Yuk, simak pembahasannya berikut ini!

Pengertian Differential Aptitude Test (DAT)

Merupakan salah satu tes mengetahui bakat terpendam dengan sistem battery test. Tes DAT ini sering digunakan untuk mengukur multiple intelligence yang ada pada diri seseorang lho. Tes ini pun tak jauh berbeda dari tes-tes intelegensi dan bakat lainnya.

DAT juga merupakan salah satu tes multibakat populer yang paling banyak digunakan. Awalnya tes ini pertama kali dipublikasikan pada tahun 1947 dan disusun oleh George K. Bennet, Harold G. Seashore dan Alexander G. Weisman. Dalam perkembangannya, tes ini telah mengalami beberapa revisi secara berkala. Tes DAT ini dirancang dengan tujuan utama untuk dapat digunakan dalam kegiatan bimbingan karir pada siswa-siswi kelas 8-12.

Tes DAT edisi kelima sendiri terdiri dari 2 level :

  • Level 1 : Ditujukan untuk siswa kelas 7-9 ataupun orang dewasa yang telah menyelesaikan jenjang ini.
  • Level 2 : Ditujukan untuk siswa kelas 10-12 ataupun orang dewasa yang sudah sekolah lebih dari 9 tahun (namun belum tamat sekolah menengah).

Jenis Tes DAT (Differential Aptitude Test)

Nah, meskipun tes ini kerap digunakan sebagai acuan untuk bimbingan karir. Namun, tes DAT sendiri termasuk dalam tes bakat sehingga sangat cocok digunakan sebagai tes mengetahui bakat terpendam milik seseorang.

Tes bakat sendiri dapat diberikan secara keseluruhan sebagai satu seri (menggunakan semua sub tes) atau diberikan secara terpisah. Untuk versi tes berseri (menggunakan lebih dari 1 subtes atau menggunakan keseluruhannya), disebut sebagai batteries test. Dengan tes ini, akan diperoleh hasil analisis profil seorang individu (intra individu). Sementara itu untuk versi terpisahnya (hanya menggunakan 1 subtes tertentu) disebut sebagai Test Special Aptitude.

DAT termasuk sebagai Test Special Aptitude yang hanya akan fokus di bidang tertentu saja atau untuk mengukur bakat tertentu secara spesifik.

Contohnya, mengukur bakat seseorang di bidang mekanik. Selain DAT, beberapa tes lainnya yang juga termasuk sebagai Test Special Aptitude adalah tes : GATB (General Aptitude Test Battery), IST (Intelligence Structural Test), FACT (Flanagan Aptitude Classification Test), dan lain sebagainya.

Subtes dalam Tes DAT

Secara umum, tes ini terdiri dari 7 subtes yakni Verbal Reasoning, Numerical Reasoning, Abstract Reasoning, Perceptual speed and accuracy, Mechanical Reasoning, Space Relations, dan Language Usage.

Di Indonesia sendiri sudah sangat sering menggunakan tes ini. Namun, karena ada beberapa hambatan dan kesulitan. Dari ke-7 subtes tersebut baru ada 5 subtes yang kerap digunakan, yakni :  Numerical Ability (Tes Berhitung), Abstract Reasoning (Tes Penalaran), Space Relation (Test Pola), Mechanical Reasoning (Tes Pengertian Mekanik), dan Clerical Speed and Accuracy (Tes Cepat Teliti).

Berikut ini pembahasan lebih lanjut mengenai tes Differential Aptitude Test yang merupakan salah satu tes bakat:

Numerical Ability (Tes Berhitung)

Bentuk tes ini berupa cetakan buku yang berukuran setengah kertas folio. Halaman pertama berisi petunjuk pengerjaan, sementara itu lembar jawabnya terpisah. Soalnya sekitar 40. Digunakan untuk mengukur aspek kemampuan berpikir yang berhubungan dengan angka, dan penguasaan numerik. Dapat disajikan secara individual atau klasikal. Pengerjaannya sendiri diberikan waktu sekitar 30 menit. Tiap jawaban yang salah akan diberi nilai 0 (nol), dan jawaban yang benar akan diberikan skor 1 (satu). Digunakan dengan tujuan untuk memprediksi pekerjaan dan bidang pendidikan (meliputi Matematika, Kimia, Teknik, Ilmu Sosial, dan Fisika) yang sesuai dengan seseorang.

Abstract Reasoning (Tes Penalaran)

Bentuk tesnya kurang lebih sama dengan tes numerik, hanya saja jumlah soalnya lebih banyak. Mencapai 50 soal. Digunakan untuk mengukur kemampuan penalaran individu yang bersifat non-verbal (kemampuan memahami hubungan yang logis dari figure abstrak atau prinsip non-verbal design). Waktu pengerjaan 25 menit. Tes Abstract Reasoning kerap digunakan dalam lingkungan pendidikan atau profesi (sekolah atau perusahaan). Relevan untuk beberapa jenis pekerjaan yang memerlukan persepsi hubungan antar benda.

Space Relation (Tes Pola)

Untuk edisi tahun 1952 ada sebanyak 40 butir soal. Sementara untuk edisi tahun 1961, jumlah soalnya 60 butir (Tes Ruang Bidang). Waktu pengerjaan tes 30 menit. Mengukur aspek yang berhubungan dengan kemampuan mengenal benda konkret (khususnya yang 3 dimensi) melalui proses penglihatan.

Mechanical Reasoning (Tes Pengertian Mekanik)

Terdiri dari sekitar 68 butir soal. Mengukur aspek penalaran seseorang dalam bidang kerja mekanis dan prinsip fisika. Waktu pengerjaan sekitar 30 menit. Dapat digunakan sebagai tes mengetahui bakat terpendam, utamanya yang berhubungan dengan bidang ini ataupun untuk memilih jurusan pendidikan lanjutan dan karir.

Clerical Speed and Accuracy (Tes Cepat Teliti)

Ada 2 bagian yang masing-masing terdiri dari 100 butir soal. Digunakan untuk mengukur respon subjek terhadap tugas atau pekerjaan yang berkaitan dengan kecepatan persepsi berdasarkan stimulus yang sifatnya sederhana.

Mengetahui Bakat Terpendam dengan Tes Minat Bakat Online

Untuk mengidentifikasi minat bakat yang terpendam, hal yang paling mudah dilakukan adalah dengan tes psikologi. NS Development menghadirkan aplikasi psikotes online yang dapat dikerjakan dimana saja dan menggunakan perangkat yang pasti anda miliki. Psikotes Online NS Development dapat dikerjakan dengan menggunakan komputer, laptop, tablet ataupun mobile phone, dan dapat diakes dengan menggunakan browser maupun aplikasi android. Dan tentunya hasil psikotes di NS Development diperiksa secara langsung oleh psikolog-psikolog yang berpengalaman dibidangnya.

Daftarkan dirimu dan Registrasi langsung di NS Development dengan klik tautan ini untuk mengikuti Tes Minat Bakat Online.

Artikel berhubungan: