logo PT Nirmala Satya Development
Tes Mengetahui Bakat Terpendam

Bahwasanya setiap keterampilan adalah kompilasi dari keterampilan lainnya. Nah, dengan mengetahui 1 jenis kemampuan yang sudah kamu miliki. Hal tersebut juga memunkinkanmu untuk mengetahui keterampilan lainnya yang berkaitan.

Tes mengetahui bakat terpendam - Apakah kamu memiliki bakat terpendam? Beberapa orang tidak menyadari bakat yang dimilikinya. Bakat ini merupakan potensi bawaan yang telah dimiliki oleh seseorang dari lahir.

Kamu mungkin memiliki lebih banyak kemampuan yang belum kamu sadari hingga saat ini. Akan sangat disayangkan apabila bakat ini tetap menjadi “bakat terpendam” yang tidak dikembangkan. Bakat tersembunyi inilah yang akan memberikan peluang lebih bagi kehidupan dan karir yang lebih memuaskan.

Lalu, bagaimana cara menemukan bakat ini? Nah, berikut ini beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengetahui potensi apa yang masih tersembunyi dalam dirimu:

Ikuti Tes Minat dan Bakat 

Cara pertama, kamu bisa melakukan tes mengetahui bakat terpendam. Ada banyak sekali tes mengetahui bakat terpendam yang bisa kamu lakukan. Salah satunya adalah tes minat dan bakat. Kamu bisa melakukan tes minat dan bakat ini di berbagai platform/website psikologi terpercaya. Atau kamu bisa langsung berkonsultasi dan melakukan tes pada ahlinya (psikolog).

Jawablah semua soal tes yang diberikan padamu dengan sejujur-jujurnya dan sebaik-baiknya. Hal ini sangat penting agar kamu bisa mendapatkan hasil tes yang lebih akurat, yang bisa merefleksikan potensi dan kemampuan bawaan yang kamu miliki.

Hasil tes ini sendiri dapat digunakan sebagai acuan untuk mengenali potensi terpendammu. Atau, bisa digunakan juga untuk meyakinkan dirimu dengan suatu jenis bakat yang kamu miliki.

Cari Tahu Keahlian Yang Sudah Kamu Miliki

Selain melakukan tes mengetahui bakat terpendam, kamu juga bisa menggali potensi tersembunyi dalam dirimu dengan mencari tahu apa kemampuan yang sudah kamu miliki saat ini. Jadi, pertama-tama cari tahulah keahlian yang kamu miliki.

Contohnya, sesuatu yang paling kamu kuasai di sekolah, aktivitas yang kamu senangi, hobi, atau pekerjaan utamamu. Atau kamu juga bisa bertanya pada temanmu, kira-kira kemampuan apakah yang terlihat paling menonjol dalam dirimu.

Contoh, kamu ternyata pandai menari, pintar matematika, atau ahli dalam pelajaran olahraga. Hal ini akan membantumu untuk menggali lebih jauh potensi tersembunyi yang kamu miliki.

Identifikasilah Komponen Keterampilan Lainnya

Perlu kamu ketahui bahwasanya setiap keterampilan adalah kompilasi dari keterampilan lainnya. Nah, dengan mengetahui 1 jenis kemampuan yang sudah kamu miliki. Hal tersebut juga memunkinkanmu untuk mengetahui keterampilan lainnya yang berkaitan.

Cobalah untuk mengidentifikasi 3 keterampilan lainnya yang terkait dengan keterampilan tersebut. Contoh, kamu adalah seorang penulis yang terampil. 3 keterampilan lain yang mungkin dimiliki oleh seorang penulis adalah : bakat untuk menciptakan dan menuangkan ide, kemampuan komunikasi, dan kemampuan untuk menarik minat orang lain. Ketiga keterampilan tersebut bisa saja jadi bakat terpendammu yang membantumu menjadi seorang penulis yang baik.

Gali lebih dalam

Nah, sekarang kamu sudah mengetahui 3 keterampilan yang mungkin kamu miliki. Langkah selanjutnya adalah menggali keterampilan tersebut lebih dalam lagi. Ketiga keterampilan tersebut mungkin berkaitan dengan keterampilan pendukung lainnya.

Lalu, bagaimana cara untuk menemukan keterampilan lainnya? Kamu mungkin bisa menggunakan format dibawah ini :

“Jika aku memiliki kemampuan untuk (…….), maka aku juga harus memiliki  keterampilan (…….), (…….), dan (…….).”

Contoh, “Jika aku memiliki kemampuan untuk (menghasilkan ide), maka aku juga harus memiliki keterampilan (menciptakan sesuatu), (problem solving), dan (berinovasi).”

Dan seterusnya.

Alhasil, dari peta ketrampilan ini kamu bisa menemukan banyak sekali turunan keterampilan lainnya.

Cobalah Kenali Diri Sendiri

Cara selanjutnya adalah dengan mencoba mengenali diri sendiri. Hal ini akan semakin mudah dilakukan apabila kamu juga melakukan tes mengetahui bakat terpendam. Lalu, apa saja yang bisa kamu lakukan untuk lebih mengenali diri sendiri?

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk lebih mengenal diri sendiri. Namun, cara termudahnya adalah dengan mencoba meluangkan sedikit waktu untuk me time atau berkonsultasi pada psikolog yang ahli.

Contohnya nih, dengan me time atau meluangkan waktumu sejenak. Kamu bisa berpikir, kira-kira aktivitas manakah yang membuatmu paling menonjol. Bukan hanya aktivitas yang kamu senangi lho ya. Melainkan, tugas atau aktivitas yang paling cepat kamu kuasai sekalipun kamu tidak terlalu menekuninya.

Contoh, melukis. Orang dengan kemampuan melukis alami biasanya mampu menghasilkan konsep lukisan yang out  the box, dengan gaya melukis unik dan menarik, serta memiliki daya tarik artistic sendiri yang memukau banyak orang.

Lukisanmu tetap akan menarik perhatian, sekalipun kamu belum pernah atau jarang melukis sebelumnya. Setelah mengetahui bakat ini, kamu bisa mulai mengembangkan kemampuan melukismu dengan ikut kursus melukis agar konsep lukisanmu lebih tertata dan lebih baik lagi.

Coba Tanyakan Pada Ahlinya ban Bertemu Dengan Orang yang Tepat

Cara terakhir untuk mengetahui bakat terpendam yang kamu miliki adalah bertemu dengan orang yang tepat. Contoh, jika kamu masih ragu kalau kamu memiliki bakat melukis atau tidak. Kamu bisa berkonsultasi dengan seorang kurator, pelukis handal, atau pecinta seni. Dengan melihat lukisanmu, mereka dapat mengetahui nilai artistic yang ada dalam karya senimu.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengungkap potensi tersembunyi yang kamu miliki. Namun, diantara cara-cara tersebut. Kamu sangat direkomendasikan untuk ikut tes mengetahui bakat terpendam. Semoga bermanfaat.

Mengetahui Bakat Terpendam dengan Tes Minat Bakat Online

Untuk mengidentifikasi minat bakat yang terpendam, hal yang paling mudah dilakukan adalah dengan tes psikologi. NS Development menghadirkan aplikasi psikotes online yang dapat dikerjakan dimana saja dan menggunakan perangkat yang pasti anda miliki. Psikotes Online NS Development dapat dikerjakan dengan menggunakan komputer, laptop, tablet ataupun mobile phone.

Daftarkan dirimu dan Registrasi langsung di NS Development dengan klik tautan ini untuk mengikuti Tes Minat Bakat Online.

Artikel berhubungan: