logo PT Nirmala Satya Development
Tes Minat Bakat Jurusan Kuliah

Tes bakat minat secara umum merupakan rangkaian uji serta analisis yang mendeskripsikan kemampuan kognitif, karakteristik ketertarikan, dan juga kepribadian seseorang akan jurusan atau bidang tertentu

Tak ada blueprint di dalam kehidupan, dan itulah yang menjadikan hidup sangat menggairahkan untuk dijalani. Tiap naik atau turunnya hidup memberi pelajaran yang berharga untuk masa yang akan datang. Tetapi, dengan mengetahui apa bakat dan minat di dalam diri kita sebenarnya, seseorang bakal lebih siap untuk menghadapi masa depan. Oleh karenanya, tes minat bakat jurusan kuliah ini wajib diikuti oleh calon mahasiswa.

Ingin Mengikuti Tes Minat Bakat Jurusan Kuliah? Ini Tips untuk Menghadapinya!

Tes bakat minat secara umum merupakan rangkaian uji serta analisis yang mendeskripsikan kemampuan kognitif, karakteristik ketertarikan, dan juga kepribadian seseorang akan jurusan atau bidang tertentu. Komponen dari hasil tes bakat minat ini bisa menampilkan minat, kemampuan, kepribadian juga gaya bekerja, values (nilai-nilai kehidupan), maupun gaya belajar yang cocok untuk Anda.

Biasanya tes minat terbagi atas 3 bagian pertanyaan yang berupa aktivitas kesukaan, aktivitas dengan kemampuan, dan profesi yang Anda senangi. Sedangkan, untuk tes bakat akan terdiri atas 5 bagian pertanyaan, yakni penalaran deduktif, aritmetika, induktif, reasoning, dan spasial.

Tes minat bakat bisa membantu Anda untuk mengenali potensi yang terdapat di dalam diri secara mendetail. Sehingga, Anda mampu menentukan pilihan jurusan kuliah yang sesuai dengan passion yang Anda miliki. Hal tersebut mampu meminimalisir kondisi salah mengambil jurusan kuliah.

Supaya hasil tes minat bakat ini benar benar murni juga akurat, terdapat sejumlah persiapan yang harus Anda perhatikan sebelum mengikuti tesnya, seperti:

Cari Tahu Sistem Tes yang Dipakai

Sebelum menjalani tes minat bakat jurusan kuliah, sebaiknya Anda ketahui mengenai sistem atau jenis tes yang dipakai. Untuk saat ini, tes kepribadian Myer Briggs Type Indicator (MBTI) adalah jenis tes paling populer. Tes tersebut mengungkap kepribadian apakah Anda perasa atau pemikir, introvert atau ekstrovert, suka memahami atau menilai, serta seorang pengamat atau yang mengikuti intuisi.

Biasanya, hasil tes MBTI berupa variasi dari kombinasi empat angka. Seperti ESFP, ENFP, INTJ, UNFP, dan lainnya yang totalnya terdapat 16 tipe kepribadian. Di situlah bakal terlihat bakat maupun minat Anda sesuai dengan hasil tipe kepribadian Anda.

Minimalkan  Seluruh Distraksi

Sebelum tes berlangsung, minimalkanlah segala hal yang dapat membuat Anda terganggu. Karena lazimnya saat ini tes minat bakat dilakukan secara online, maka Anda dapat melakukannya di mana saja. Apabila Anda melakukan tes ini di rumah, tutuplah jendela, pintu kamar/rumah.

Hal tersebut demi menghindari gangguan dari luar, seperti suara tangisan anak tetangga yang terlalu kencang, maupun suara bising kendaraan yang lewat sehingga dapat membuyarkan konsentrasi. Sedangkan distraksi dari Anda sendiri, seperti keinginan untuk mengecek HP pun harus dikurangi. Sehingga Anda bisa tetap fokus mengerjakan soal tes bakat minat tersebut.

Fokus pada Setiap Pertanyaan

Kunci utama di dalam mengikuti tes minat bakat jurusan kuliah adalah fokus. Tentu saja, sesudah meminimalkan seluruh distraksi, maka tidak akan ada lagi gangguan dari luar yang jadi kendala. Selebihnya, Anda harus berfokus untuk memahami setiap soalnya, apakah memang menggambarkan diri Anda atau tidak.

Telaah setiap soalnya, lantaran terkadang terdapat kalimat yang memang redaksinya tidak umum. Oleh karenanya, santai saja! Nikmatilah setiap waktu yang berjalan! Jika Anda merasa sudah memberi jawaban yang salah lantaran Anda tidak memahami pertanyaannya, maka Anda dapat kembali lalu merubah jawabannya.

Jujur dengan Pilihan yang Anda Berikan

Di dalam mengerjakan tes minat bakat jurusan kuliah ini, penting untuk tidak menjadi orang lain. Jujurlah dengan setiap pilihan yang Anda berikan. Sebab poinnya bakal berpengaruh terhadap hasil tesnya. Ketika Anda memilih opsi yang tak sesuai dengan siapa diri Anda, maka hasil tesnya juga bakal jauh berbeda dengan diri Anda yang sebenarnya.

Silahkan memberi jawaban "ya" jika Anda memang lebih menyukai berkomunikasi di dalam kelompok kecil. Berikan jawaban "tidak" jika Anda memang tidak suka ada dalam suasana yang ramai. Sederhana, jujurlah dengan jawaban Anda. Jujurlah pada diri Anda!

Jalani Tes dalam Kondisi yang Sehat

Pastikan, Anda berada dalam kondisi yang sehat ketika menjalani tes, ya! Usahakan Anda memang sedang tidak dalam keadaan sakit saat menjalani tes. Sarapan terlebih dahulu untuk mengganjal perut, supaya Anda tidak merasa kelaparan dan tetap dapat fokus mengerjakan tes. Ya, jasmani yang baik juga bakal mempengaruhi mental Anda.

Usahakan Mental dalam Keadaan Baik-baik Saja

Jangan main-main dengan urusan mental, sebab ini merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan dengan diri Anda. Ketika menjalani tes bakat minat, usahakan Anda memang tengah berada dalam kondisi stabil, tak ada hal yang mengganggu pikiran Anda. Tidak terdapat permasalahan yang dapat menjadi sumber gangguan, serta tak ada hal yang bisa menyebabkan anxiety atau tiba-tiba stres.

Kondisi mental juga mempengaruhi hasil tes minat bakat jurusan kuliah ini. Ketika dalam kondisi stabil, bisa saja Anda merupakan seorang yang perasa. Tetapi, saat keadaan tidak stabil, maka Anda dapat berubah jadi seorang pemikir. Alhasil, tesnya pun menjadi tidak akurat. Parahnya lagi, Anda bisa salah di dalam memilih jurusan.

Cara Mengikuti Tes Minat Bakat

Untuk mengidentifikasi minat bakat jurusan kuliah, hal yang paling mudah dilakukan adalah dengan tes psikologi. NS Development menghadirkan aplikasi psikotes online yang dapat dikerjakan dimana saja dan menggunakan perangkat yang pasti anda miliki. Psikotes Online NS Development dapat dikerjakan dengan menggunakan komputer, laptop, tablet ataupun mobile phone.

Daftarkan dirimu dan Registrasi langsung di NS Development dengan klik tautan ini untuk mengikuti Tes Minat Bakat Online.

Artikel berhubungan: