logo PT Nirmala Satya Development
Tes Minat Bakat Jurusan Kuliah

Tes GATB cukup populer dan banyak digunakan karena memiliki banyak kelebihan. Diantaranya adalah karena proses peng-administrasiannya yang lebih mudah, waktu pengerjaan yang lebih singkat. Tes ini sendiri disusun tahun 1947 oleh Charles E. Odell dari United States Employes.

Kamu mungkin sudah tak asing lagi dengan General Aptitude Test Battery (GATB) ini. Tes ini kerap digunakan sebagai salah satu tes untuk mengukur tingkat intelegensi seseorang sekaligus sebagai Tes Minat Bakat Jurusan Kuliah.

Tes ini cukup populer dan banyak digunakan karena memiliki banyak kelebihan. Diantaranya adalah karena proses peng-administrasiannya yang lebih mudah, waktu pengerjaan yang lebih singkat. Tes ini sendiri disusun tahun 1947 oleh Charles E. Odell dari United States Employes.

Tes GATB ini terdiri atas 12 subtes yang mengukur 9 jenis bakat. Sama seperti Tes DAT, tes GATB ini termasuk sebagai Test Special Aptitude yang lebih fokus untuk mengukur satu bakat yang spesifik.

Kegunaan Tes GATB

Lalu, apa saja kegunaan Tes Minat Bakat Jurusan Kuliah kuliah satu ini? Nah, berikut ini ada beberapa manfaat yang diperoleh melalui tes GATB:

  • Mampu membuat konselor/guru pembimbing/psikolog untuk memahami diri kliennya dengan lebih baik lagi. Termasuk, seputar potensi dan kelemahan yang dimilikinya.
  • Menentukan dimana klien berada, yang berhubungan dengan bakatnya dan dengan orang lain.
  • Menentukan potensi bakat kliennya untuk kelompok jabatan tertentu.
  • Menentukan potensi bakat klien dalam pendidikan dan pelatihan tertentu.

Bakat yang Diukur dalam The General Aptitude Test Battery (GATB)

Tes Minat Bakat Jurusan Kuliah GABT ini akan mengukur bakat-bakat tertentu yang dimiliki oleh seseorang. Nah, berikut ini jenis bakat-bakat dalam GATB (General learning Ability) (Lynne Bezanson & Arthur Moses Braaten, 1984):

  • Bakat G – Kemampuan Belajar Umum : Kemampuan intelektual dan kemampuan belajar secara umum.
  • Bakat V – Bakat Verbal (Verbal Aptitude) : Kemampuan yang berhubungan dengan olah kata dan bahasa.
  • Bakat N – Bakat Numerik ( Numerical Aptitude) : Kemampuan melakukan operasi angka secara tepat dan cepat.
  • Bakat S – Bakat Spasial (Spatial Aptitude) : Kemampuan berpikir secara visual, utamanya yang berhubungan dengan ruang dan bentuk 3 dimensi.
  • Bakat P – Persepsi Bentuk (Form Perception) :  Kemampuan untuk melihat bentuk atau bagian dari suatu benda, gambar, atau grafis.
  • Bakat Q – Perception Klerikal (Clerical Perception) : Kemampuan untuk mengungkapkan objek klerikal (angka dan huruf).
  • Bakat K-Koordinasi Gerak (Motor Coordination) : Kemampuan koordinasi gerakan mata, tangan, dan jari dengan terampil, teliti, cepat, dan akurat.
  • Bakat F – Kecekatan jari (Finger Dexterity) :  Kemampuan gerakan jari-jemari, untuk memanipulasi objek kecil secara teliti dan terampil.
  • Bakat M - Kecekatan Tangan (Manual Dexterity) : Kemampuan bekerja dengan tangan secara cepat dan baik.

Subtes dalam Tes GATB

Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya, GABT ini memiliki 12 subtes. Nah, subtes dalam Tes Minat Bakat Jurusan Kuliah satu ini meliputi:

  1. Bagian 1 : Dilakukan untuk mengukur Persepsi Klerikal (clerical perception). Merupakan subtes GATB yang membandingkan nama-nama.
  2. Bagian 2 : Berhubungan dengan kegiatan computation atau perhitungan, waktu pengerjaan 6 menit. Digunakan untuk mengukur Bakat Numerik (numerical aptitude). Bentuk soalnya berupa latihan bilangan aritmatika yang meliputi penjumlahan, pengalian, pengurangan, atau pembagian bilangan.
  3. Bagian 3 : Berupa tes yang berhubungan dengan Tiga Dimensi Ruang (three-dimensional space). Tujuannya adalah untuk mengukur Bakat Pengetahuan Umum dan Bakat Ruang (general learning ability & spatial aptitude). Dalam tes ini, akan disajikan 4 rangkaian gambar dengan objek 3 dimensi.
  4. Bagian 4 : Berupa tes vocabulary atau tes perbendaharaan kata. Digunakan untuk mengetahui potensi Pengetahuan Umum dan Bakat Verbal (general learning ability & verbal aptitude) seseorang. Dalam tes ini, bentuk soalnya biasanya berhubungan dengan antonim, sinonim, dan analogi kata. Ada beberapa set kata dan kamu harus menentukan kata yang tepat sesuai dengan konteks soalnya.
  5. Bagian 5 : Berupa soal tool matching. Waktu pengerjaannya 5 menit. Akan disajikan gambar soal, dan kamu harus menebak jawaban yang benar sesuai dengan konteks perintah soalnya. Digunakan untuk mengukur kemampuan persepsi bentuk seseorang.
  6. Bagian 6 : Tes penalaran aritmatik (7 menit). Digunakan untuk mengukur pengetahuan umum dan Bakat Numerikal (general learning ability & numerical aptitude) seseorang. Dalam tes ini, kamu akan disajikan soal yang berupa permasalahan aritmatika yang diekspresikan secara verbal.
  7. Bagian 7 : Test form matching (6 menit). Digunakan untuk mengukur kemampuan persepsi bentuk seseorang. Mencocokkan bentuk gambar yang sama, meskipun diubah.
  8. Bagian 8 : Tes Mark Making atau membuat tanda (60 menit). Dilakukan untuk mengukur kemampuan koordinat gerak seseorang.
  9. Bagian 9 : Place. Akan diberikan 3 percobaan dengan masing-masing waktu 15 detik. Dilakukan untuk mengukur manual dexterity atau kecekatan tangan.
  10. Bagian 10 : Tes turn atau memutar. Ada 3 percobaan dengan masing-masing waktu selama 30 detik. Sama-sama bertujuan untuk mengukur manual dexterity atau kecekatan tangan.
  11. Bagian 11 : Assemble, waktu 90 detik. Digunakan untuk mengukur kecekatan jari (finger dexterity).
  12. Bagian 12 : Tes membongkar atau disassemble, waktu 60 detik. Digunakan untuk mengukur kecekatan jari (finger dexterity).

Tes Minat Bakat Online Untuk Jurusan Kuliah

Mengidentifikasi minat bakat untuk keperluan jurusan kuliah, hal yang paling mudah dilakukan adalah dengan tes psikologi. NS Development menghadirkan aplikasi psikotes online yang dapat dikerjakan dimana saja dan menggunakan perangkat yang pasti anda miliki. Psikotes Online NS Development dapat dikerjakan dengan menggunakan komputer, laptop, tablet ataupun mobile phone, dan dapat diakes dengan menggunakan browser maupun aplikasi android. Dan tentunya hasil psikotes di NS Development diperiksa secara langsung oleh psikolog-psikolog yang berpengalaman dibidangnya.

Daftarkan dirimu dan Registrasi langsung di NS Development dengan klik tautan ini untuk mengikuti Tes Minat Bakat Online.

Artikel berhubungan: