logo PT Nirmala Satya Development
Tes Minat Bakat Jurusan Kuliah

Dengan menggunakan tes minat bakat akan mempermudah untuk mengenali potensi serta keinginan untuk melanjutkan pendidikan.

Tes minat bakat jurusan kuliah adalah media yang tepat untuk mengenali diri dalam pengembangan potensi, minat, serta pribadi dari peserta didik. Bagi mereka yang ingin merencanakan masa depan dengan baik bisa menggunakan media ini untuk mengetahui mengenai potensi agar tidak salah dalam mengambil jurusan kuliah. Perlu menyiapkan segala sesuatunya dari awal untuk menghindari kerugian masa mendatang.

Lakukan Tes Minat Bakat Jurusan Kuliah Sesuai Passion

Melanjutkan pendidikan lebih tinggi menjadi impian semua orang. Namun tidak sedikit orang yang paham mengenai potensi yang mereka miliki. Dengan menggunakan psikotes ini akan mempermudah untuk mengenali potensi serta keinginan untuk melanjutkan pendidikan. Sebab setiap individu memiliki hak yang sama untuk mendapatkan kesuksesan masa depan. Oleh sebab itu, jangan sampai keliru dalam memilih jurusan dan lakukan tes bakat.

1. Hindari Salah Jurusan

Tes minat bakat jurusan kuliah bisa menjadi jembatan untuk menghindari salah ambil jurusan. Mengapa? Tentu saja berkaitan dengan jiwa mahasiswa yang masih membara terhadap suatu hal. Terkadang membuat mereka merasa salah masuk jurusan dengan menjadi orang gagal. Bahkan tidak sedikit dari mereka yang masih bimbang untuk memilih jurusan.

Saat ini, seharusnya hal semacam itu bisa terhindari dengan mudah dengan mengikuti tes minat dan bakat. Karena dewasa ini banyak sekali media online yang memberikan tes semacam ini dengan memanfaat media online sehingga mereka dengan mudah bisa menentukan tanpa ada keraguan untuk memilih jurusan.

Umumnya tes akan terbagi menjadi beberapa bagian pertanyaan yaitu kegiatan dengan kemampuan, kegiatan yang disukai dan proses yang disenangi. Berbeda dengan tes bakat yang terbagi menjadi menjadi 5 yaitu aritmatika, induktif, spatial, reasoning dan penalaran deduktif. Melakukan keduanya akan menentukan passion dengan kemampuan, sehingga salah jurusan pun bisa terhindarkan. Sebelum melakukan tes maka perlu menyiapkan beberapa hal seperti.

2. Cari Tahu

Pertama sebelum melakukan tes minat dan bakat jurusan kuliah maka terlebih dahulu untuk mencari tahu mengenai sistem tes mereka pakai, pasalnya untuk saat ini tes terbaik dengan menggunakan MBTI (Myer Briggs Type Indicator).

Hal ini untuk mengetahui kepribadian seseorang apakah ia seorang pemikir, ekstrovert atau introvert. Nantinya hasilnya akan terkombinasi dengan empat angka misalnya ESFP, INTJ, ENFP, dan lain sebagainya.

3. Minimakan Distraksi

Melakukan sebuah tes harus dengan kondisi yang tenang dan nyaman. Hal ini perlu menghindari gangguan ketika tes berlangsung, karena kebanyakan tes melalui online. Sehingga tes bisa kapan saja dan dimana saja bisa berlangsung sesuai dengan kenyamanan.

Untuk itu, perhatikan lingkungan sekitar terlebih dahulu agar tetap fokus ketika tes minat bakat jurusan kuliah. Misalnya ketika melakukannya di rumah maka hindari suara bising dari kendaraan dan lingkungan.

4. Fokus

Langkah utama dalam sebuah tes adalah fokus. Dengan meminimalkan distraksi seperti yang telah disebutkan, maka gangguan dari pihak lain sudah tidak ada. Kali ini hanya tinggal diri sendiri untuk tetap fokus dalam menjawab semua pertanyaan. Pahami setiap soal dengan baik untuk menghindari kalimat yang tidak umum, selain fokus menjawab pertanyaan maka perlu menjawab dengan santai. Lantaran ketika merasa ada pertanyaan yang belum paham maka bisa kembali ke pertanyaan tersebut.

5. Jujur

Jujur menjadi bagian terpenting ketika melakukan tes minat bakat jurusan kuliah. Mengapa demikian, hal ini untuk menghindari kalian berubah menjadi orang lain. Menjadi diri sendiri adalah satu kunci keberhasilan tes.

Kejujuran bagian penting untuk hasil tes yang maksimal agar salah jurusan bisa terhindari. Berusahalah menjawab pertanyaan dengan jujur misalnya ketika tidak menyukai keramaian maka jawab dengan mantap TIDAK pada pertanyaan tersebut. Jangan ragu ketika menjawab sesuai hati dan kemampuan.

6. Kondisi Sehat

Sebelum melakukan tes pastikan jika dalam kondisi yang sangat sehat. Maksimalkan persiapan sebelum menjalani tes, seperti sarapan terlebih dahulu agar menjawab pertanyaan tidak dalam kondisi lapar. Lantaran jasmani yang sehat bisa mempengaruhi kondisi mental.

Tes minat bakat jurusan kuliah menjadi kunci utama dalam meraih kesuksesan sesuai passion. Tentu saja kuliah dengan passion yang dimiliki akan memaksimalkan potensi, kepribadian, serta tenaga yang akan menghasilkan kesuksesan.

Cara Mengikuti Tes Minat Bakat

Untuk mengidentifikasi minat bakat jurusan kuliah, hal yang paling mudah dilakukan adalah dengan tes psikologi. NS Development menghadirkan aplikasi psikotes online yang dapat dikerjakan dimana saja dan menggunakan perangkat yang pasti anda miliki. Psikotes Online NS Development dapat dikerjakan dengan menggunakan komputer, laptop, tablet ataupun mobile phone.

Daftarkan dirimu dan Registrasi langsung di NS Development dengan klik tautan ini untuk mengikuti Tes Minat Bakat.

Artikel berhubungan: