logo PT Nirmala Satya Development
Tes Minat Bakat Jurusan Kuliah

Tes Minat Bakat online NS Development dapat diakses via desktop (computer/laptop), tablet, mobile phone, dengan menggunakan aplikasi browser ataupun android. Sehingga sangat memudahkan peserta tes dalam mengaksesnya sesuai dengan ketersedian perangkat (gadget) yang dimiliki

Kuliah adalah salah satu langkah penting untuk meniti karir yang lebih baik. Dengan kuliah diperguruan tinggi, akan terbuka kesempatan menimba ilmu yang sangat berguna untuk masa depan. Ilmu adalah sebaik-baiknya bekal yang tidak tidak akan berkurang, tidak akan lekang oleh waktu, tidak mampu dicuri oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab, dan tentunya ilmu akan terus bertambah. Semakin sering dibagikan keorang lain, ilmu akan semakin terasah.

Dikarenakan ilmu sangat luas, demikian juga ketersediaan program studi ilmu diperguruan tinggi menyediakan berbagai macam, sehingga sebagian besar calon mahasiswa yang akan memasukinya menjadi bingung. Program studi atau jurusan apa yang cocok dengan dirinya.

Sebagian calon mahasiswa memilih jurusan apa saja, yang penting kuliah. Jelas ini adalah sebuah kekeliruan besar. Karena pilihan jurusan kuliah hari ini akan menentukan karirnya kedepan. Dengan salah memilih jurusan (program studi), akan membuat perjalanan karir menjadi suram.

Berdasarkan survey yang diadakan pada mahasiswa disalah satu perguruan tinggi di Jakarta pada tahun 2019, didapatkan data bahwa hampir sepertiga dari mahasiswa tidak mengetahui arah karir dari jurusan (program studi) yang dipilih. Tentunya, survey ini sangat memprihatinkan, karena akan berdampak besar pada masa depan mahasiswa tersebut.

Akibat Memilih Jurusan Kuliah yang Keliru

Ada beberapa masalah yang timbul jika salah memilih jurusan (program studi) diperguruan tinggi. Masalah itu seperti:

Tidak Munculnya Gairah Belajar

Biasanya mahasiswa yang salah memilih jurusan akan kehilangan gairah belajar. Hal ini akan terlihat dengan prestasi yang rendah. Bahkan jika ini berlarut-larut bisa saja mahasiswa tersebut menjadi mahasiswa abadi dikampus tersebut, sehingga berujung DO dikampus.

Pindah Ke Jurusan Lain

Pindah kejurusan lain bagi mahasiswa yang salah memilih jurusan adalah pilihan tepat, dibandingkan jika terus di jurusan itu, padahal tidak memiliki minat dan bakat sama sekali. Tetapi jelas ini adalah sebuah kerugian. Kerugian dari segi waktu. Pindah jurusan, berarti kehilangan kesempatan 1 (satu) tahun.

Pemilihan Karir yang Kurang Tepat

Seseorang yang salah memilih jurusan, bisa saja menyelesaikan program studinya. Tetapi masalah lain akan menanti, “Karir dan Pekerjaan”. Kita sudah sering mendengar seorang sarjana yang bekerja tidak sesuai dengan bidangnya, apalagi seorang sarjana pengangguran (tidak tahu apa yang akan dikerjakan, padahal sudah memiliki titel sarjana). Asumsi awal masalah ini adalah, karena kurangnya perencanaan karir pada saat memulainya (memilih jurusan atau program studi).

Tentunya tidak ada yang menginginkan hal ini. Semua orang menginginkan perjalanan karir yang tepat. Perjalanan karir yang tepat diawali dengan pemilihan jurusan kuliah yang tepat pula.

Salah satu usaha untuk menentukan pemilihan jurusan yang tepat adalah melakukan assessment / tes minat bakat untuk memilih jurusan yang tepat. Tentunya harus berkonsultasi dengan ahlinya, yaitu “psikolog pendidikan”. Tes Minat Bakat Jurusan Kuliah yang Tepat akan memandu calon mahasiswa memilih program studi, dengan mempertimbangkan berbagai hal termasuk kemampuan (ability), analisa kepribadian, minat dan bakat.

Salah satu lembaga referensi untuk tes minat bakat jurusan kuliah adalah NS Development. NS Development menyediakan psikolog-psikolog yang berpengalaman dibidang pendidikan. Tes Minat Bakat di NS Development dapat dilakukan secara online. Demikian pula dengan konseling bimbingan karir dapat dilakukan dengan telekonseling (konseling online).

Tes Minat Bakat online NS Development dapat diakses via desktop (computer/laptop), tablet, mobile phone, dengan menggunakan aplikasi browser ataupun android. Sehingga sangat memudahkan peserta tes dalam mengaksesnya sesuai dengan ketersedian perangkat (gadget) yang dimiliki.

Laporan hasil tes psikologi minat bakat dapat diakses didalam system maksimal 1 x 24 jam setelah pelaksanaan tes.

Yang berminat mengikuti tes minat bakat jurusan kuliah, dapat mendaftar di NS Development.

Artikel berhubungan: