logo PT Nirmala Satya Development
Tes Minat Bakat Online

Memilih jurusan kuliah sesuai dengan kemampuan bukanlah perkara yang mudah. Namun, bukan berarti Anda bisa menyerah dan pasrah. Sebenarnya Anda bisa menentukan jurusan kuliah itu dengan bantuan tes psikologi.

Tes minat bakat merupakan cara paling ampuh untuk membantu Anda menentukan jurusan kuliah yang tepat. Ketika ingin lanjut ke jenjang perguruan tinggi, seringkali kita sebagai anak SMA akhir kebingungan.

Hal itu karena banyak yang masih bimbang dan tidak tahu keinginan diri mereka sendiri. Terlebih bayang-bayang menakutkan akan salah jurusan sangat mengganggu proses pengambilan keputusan. Bahkan, meski sudah berkonsultasi dengan orang tua masih belum bisa memberikan jawaban.

Lantas, apa yang sebenarnya harus Anda lakukan untuk mengetahui dengan pasti jurusan kuliah yang diinginkan? Jawabannya tentu saja melalui tes minat bakat online NS Development.

Tentukan Jurusan Kuliah dengan Tes Minat Bakat Online NS Development

Memilih jurusan kuliah sesuai dengan kemampuan bukanlah perkara yang mudah. Namun, bukan berarti Anda bisa menyerah dan pasrah. Sebenarnya Anda bisa menentukan jurusan kuliah itu dengan bantuan tes psikologi.

Psikotes atau tes psikologi yang bisa membantu Anda adalah tes minat dan bakat. Anda juga pasti tidak terlalu asing dengan tes satu ini. Sudah banyak sekolah yang memberikan tes minat dan bakat untuk para siswanya.

Sesuai dengan namanya, tes psikologi ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan kognitif, ketertarikan atau minat, bahkan hingga kepribadian seseorang ada suatu jurusan atau bidang. Tes minat dan bakat ini menggunakan alat uji khusus.

Hasil dari tes nantinya akan meliputi kepribadian, minat, kemampuan, dan bahkan gaya belajar apa yang cocok untuk Anda.

Umumnya tes minat terbagi menjadi tiga tahapan, yaitu aktivitas kesukaan, profesi yang Anda sukai, dan aktivitas dengan kemampuan. Sedangkan tes bakar terdiri dari lima tahapan yang berupa aritmatika, reasoning, spasial, induktif, dan penalaran deduktif.

Apa yang Terjadi Saat Tes Berlangsung

Pada tes minat bakat terdapat serangkaian tes yang meliputi beberapa penilaian. Aspek yang akan dinilai adalah ketertarikan belajar dan karir, bakat dan keterampilan, kepribadian, dan juga nilai-nilai kehidupan.

Anda nantinya akan mendapat beberapa pertanyaan untuk dijawab. Tidak perlu khawatir, di dalam tes ini tidak ada jawaban salah atau benar.

Meski sedikit berbeda, namun tes minat dan bakat biasanya dilakukan dalam satu paket agar Anda dapat langsung mengetahui minat dan bakat terhadap jurusan atau karir.

Lakukan Ini Setelah Mendapat Hasil Tes!

Pada dasarnya tes minat bakat memang bertujuan untuk memberikan gambaran passion dan minat siswa terhadap suatu jurusan. Meski begitu, Anda juga tidak perlu menerima tes begitu saja..

Artinya, Anda harus tetap melakukan riset jurusan sebagai usaha untuk memantapkan pilihan tersebut. Anda bisa mencari tahu lebih dalam jurusan yang sesuai dengan passion dan minat.

Jangan lupa juga untuk mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan jurusan sebelum akhirnya memilih salah satu. Berbekal tes minat dan bakat, Anda akan menjadi lebih mengerti kemampuan dalam diri dan memudahkan untuk memilih jurusan. Anda juga bisa berkonsultasi kepada guru dan orang tua mengenai hasil tes tersebut.

Tes Minat dan Bakat Online

Sebelum melakukan tes minat bakat, Anda harus tahu bahwa terdapat dua jenis berbeda dari segi pelaksanaan. Tes minat dan bakat terdiri dari offline dan online. Tes offline tentu saja menggunakan metode konvensional seperti kertas dan pulpen.

Namun, tes minat dan bakat online menggunakan sistem atau aplikasi tersendiri, seperti halnya yang ada di NS Development. Tes minat bakat online NS Development memberikan kemudahan untuk para calon pesertanya. NS Development memberikan sistem atau aplikasi yang mudah digunakan untuk menjalankan tes minat dan bakat.

Anda dapat melakukan tes di perangkat desktop (PC dan laptop) atau via mobile smartphone. Proses tes juga sangat mudah dan anti ribet. Lebih dari itu, hasil tes minat dan bakat online di NS Development dapat diakses dengan cepat, yakni dalam waktu 1 x 24 jam.

Dengan memilih tes minat dan bakat online, maka Anda tidak perlu membuang waktu mendatangi tempat tes. Anda bisa melakukan tes dimana saja tanpa harus terikat waktu sehingga jauh lebih nyaman.

Dengan tes minat bakat online NS Development, maka Anda akan menjadi lebih mudah menemukan jawaban akan jurusan kuliah yang tepat sesuai dengan kemampuan dan potensi yang ada di dalam diri.

Artikel berhubungan: