logo PT Nirmala Satya Development
Tes Minat Bakat

Mengidentifikasi minat bakat adalah hal yang penting dan mudah dilakukan dengan tes psikologi. NS Development menghadirkan aplikasi psikotes online yang dapat dikerjakan dimana saja dan menggunakan perangkat yang pasti anda miliki.

Salah satu tes minat bakat yang populer dan cukup banyak digunakan adalah tes Rothwell Miller Interest Blank atau yang kerap disingkat sebagai tes RMIB. Apakah kamu pernah melakukan tes ini?

Pengertian Tes Minat Bakat Rothwell Miller Interest Blank

RMIB atau Rothwell Miller Interest Blank adalah sebuah tes minat bakat yang pertama kali dikembangkan oleh Rothwell di tahun 1947. Tes yang pertama kali dikembangkan oleh Rothwell ini hanya mengungkap 9 aspek minat saja.

Kemudian, 3 tahun setelahnya. Tepatnya di tahun 1950, tes ini dikembangkan dan diperbaharui oleh Kenneth Miller. Berkat pengembangan ini, tes ini akhirnya digunakan untuk mengungkap kecenderungan minat menjadi 12 aspek. Pada akhirya nama tes ini diubah menjadi Rothwell Miller Interest Blank yang merupakan gabungan dari 2 nama penemu dan pengembangnya yakni Rothwell dan Miller.

Tes Minat Bakat RMIB ini termasuk dalam jenis tes apa? Rothwell Miller Interest Blank termasuk ke dalam kelompok Battery Test. Battery Test sendiri merupakan salah satu jenis tes bertahap yang dikerjakan dalam batas waktu tertentu.

KEGUNAAN TES MINAT BAKAT RMIB

Tes Rothwell Miller Interest Blank ini setidaknya dapat digunakan untuk:

1. Mengungkap Minat Seseorang

Mengungkapkan reaksi seseorang atas beberapa situasi (yang secara keseluruhan) mampu mencerminkan minatnya. Hasil ungkapan minat yang digunakan dalam tes ini bahkan mampu mencerminkan kondisi-kondisi yang sesungguhnya. Dibandingkan apa yang diungkapkan secara langsung.

Dengan mengetahui apa sebenarnya minatmu ini, maka kamu bisa menentukan beberapa hal penting lainnya seputar dengan pemilihan jurusan pendidikan dan bidang karir yang tepat.

2. Mendeskripsikan preferensi seseorang terhadap suatu bidang

Tes ini juga dapat digunakan untuk menggambarkan kecenderungan atau preferensi seseorang atas suatu bidang, beserta dengan komitmennya. Rothwell Miller Interest Blank dapat digunakan untuk menilai seberapa besar kemungkinan seseorang untuk terlibat atau berkontribusi dalam berbagai jenis aktivitas yang disukainya.

3. Memberikan gambaran

Rothwell Miller Interest Blank juga dapat memberikan gambaran seputar penilaian, persepsi, rasa suka dan tidak suka pada suatu aktivitas atau pekerjaan tertentu. Dengan penilaian kecenderungan suka dan tidak suka ini, tes RMIB dapat digunakan untuk menemukan jenis minat dan pekerjaan yang paling sesuai pada diri seseorang.

4. Digunakan dalam bimbingan karir

Tes minat bakat yang satu ini juga kerap digunakan oleh para psikolog dalam melakukan bimbingan karir pada para kliennya. Dengan mengetahui minat seseorang dalam suatu bidang, para penguji/psikolog dapat menggunakannya sebagai salah satu indikator penentu kesuksesan seseorang dalam suatu bidang tertentu.

12 KLASIFIKASI BIDANG MINAT PADA ROTHWELL MILLER INTEREST BLANK (RMIB)

Berikut ini adalah penjelasan 12 minat dalam tes minat bakat tes RMIB (Rothwell Miller Interest Blank):

1. Outdoor (OUT)

Minat pada pekerjaan yang berhubungan dengan aktivitas luar ruangan. Aktivitas luar ruangan ini membutuhkan mobilitas yang tinggi. Jika kamu berminat dalam bidang ini, maka kamu bisa memilih pekerjaan-pekerjaan yang berhubungan dengan kondisi lapangan. Seperti sales atau marketing.

2. Mechanical (ME)

Merupakan bidang yang berhubungan dengan alat-alat mekanik, mesin, dan juga peralatan bermesin. Seseorang yang termasuk dalam kategori minat Mechanical ini menyukai beberapa jenis kegiatan yang berhubungan dengan prinsip mekanik beserta dengan pengoperasian atau bahkan modifikasi dan reparasinya.

3. Computational (COMP)

Digunakan untuk mendeteksi kesukaan atau ketidaksukaan seseorang terhadap aktivitas dan pekerjaan yang berhubungan dengan angka. Individu yang memiliki minat computational ini sangat suka bekerja dengan angka.

4. Scientific (SCL)

Sesuai dengan namanya, bidang minat satu ini berhubungan dengan aktivitas atau pekerjaan yang berhubungan dengan sains dan ilmu pengetahuan. Bisa berupa aktivitas penelitian, Analisa, penyelidikan, eksperimen, dan lain sebagainya.

5. Personal Contact (PERS)

Minat yang berhubungan dengan kegiatan sosial atau hubungan antar manusia. Seseorang dengan minat ini suka dan memiliki dorongan yang tinggi untuk melakukan interaksi dan pendekatan pada orang lain.

6. Aesthetic (AESTH)

Bidang minat yang berhubungan dengan karya seni. Individu dengan minat ini sangat menyukai berbagai jenis aktivitas dan kegiatan yang berhubungan dengan seni. Dari segi penikmat dan juga pencipta.

7. Literary (LIT)

Minat yang berhubungan dengan sastra. Meliputi kegiatan membaca, mengarang, dan aktivitas lainnya yang berhubungan dengan kegiatan literatur.

8. Musical (MUS)

Bidang minat dalam seni musik. Orang dengan minat ini, cenderung menyukai beberapa aktivitas dan jenis kegiatan yang berhubungan dengan musik.

9. Social Service (SOS)

Minat yang berhubungan dengan kegiatan sosial dan pelayanan yang bermanfaat bagi orang banyak. Individu dengan minat ini biasanya memiliki rasa empati, simpati, dan kepedulian yang tinggi.

10. Clerical (CLER)

Minat pada kegiatan yang berhubungan dengan aktivitas rutin yang membutuhkan ketelitian, perhatian pada hal detail, kecekatan, konsistensi, kecermatan, dan kerapihan. Biasanya ada di tugas-tugas administrasi dan manajemen.

11. Practical (PRAC)

Berkaitan dengan rasa suka atau tidak suka dengan berbagai jenis kegiatan yang sifatnya praktis, membutuhkan keahlian dan keterampilan untuk menciptakan suatu objek tertentu.

12. Medical (MED)

Minat dalam bidang kesehatan. Seseorang dengan minat ini menyukai hal-hal yang berkaitan dengan aktivitas pengobatan, penyembuhan, perawatan medis, dan hal-hal lain sejenisnya.

 Tes Minat Bakat Online

Mengidentifikasi minat bakat adalah hal yang penting dan mudah dilakukan dengan tes psikologi. NS Development menghadirkan aplikasi psikotes online yang dapat dikerjakan dimana saja dan menggunakan perangkat yang pasti anda miliki. Psikotes Online NS Development dapat dikerjakan dengan menggunakan komputer, laptop, tablet ataupun mobile phone, dan dapat diakes dengan menggunakan browser maupun aplikasi android. Dan tentunya hasil psikotes di NS Development diperiksa secara langsung oleh psikolog-psikolog yang berpengalaman dibidangnya.

Daftarkan dirimu dan Registrasi langsung di NS Development dengan klik tautan ini untuk mengikuti Tes Minat Bakat.

Artikel berhubungan: