logo PT Nirmala Satya Development
Tes Minat Bakat

Perguruan tinggi memang menyediakan berbagai macam program studi. Oleh karena itu, sebagian besar calon mahasiswa yang akan memasukinya merasa bingung. Padahal penting dalam memilih program studi atau jurusan yang cocok dengan dirinya.

Mencoba melakukan tes minat bakat akan sangat berguna. Apalagi untuk memilih jurusan kuliah bukanlah hal mudah. Salah satu cara mudah untuk dapat memilih jurusan kuliah dengan melakukan tes tersebut. Saat ini banyak sekolah yang memberikan tes sehingga akan membantu calon mahasiswa dalam memilih jurusan yang tepat. Kuliah menjadi salah satu langkah penting dalam meniti karir kedepan agar semakin lebih baik.

Melanjutkan untuk kuliah di perguruan tinggi, maka akan membuka kesempatan menimba ilmu yang sangat bermanfaat. Ilmu merupakan sebaik-baiknya bekal yang tidak akan berkurang dan tidak akan lekang oleh waktu. Bahkan ilmu tersebut tidak akan mungkin dicuri oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Tentu saja ilmu akan terus bertambah seiring berjalannya waktu. Semakin sering membagikannya untuk orang lain, maka ilmu akan semakin terasah.

Sebab, ilmu sangat luas, sama halnya juga ketersediaan program studi ilmu di perguruan tinggi. Perguruan tinggi memang menyediakan berbagai macam program studi. Oleh karena itu, sebagian besar calon mahasiswa yang akan memasukinya merasa bingung. Padahal penting dalam memilih program studi atau jurusan yang cocok dengan dirinya.

Tes Minat Bakat untuk Memilih Jurusan Kuliah

Sesuai namanya tes yang satu ini merupakan tes yang digunakan untuk mengetahui kemampuan kognitif dan ketertarikan atau minat. Selain itu, juga mengetahui kepribadian seseorang akan satu jurusan atau bidang. Untuk melakukan tes ini biasanya menggunakan alat uji khusus. Hasil komponen uji tes seperti kemampuan, minat, kepribadian, nilai kehidupan, hingga gaya belajar yang paling tepat.

Tes minat biasanya akan terbagi menjadi tiga tahapan. Mulai dari aktivitas kesukaan, profesi yang diminati, dan aktivitas dengan kemampuan. Sedangkan pada tes bakat biasanya akan terbagi menjadi lima tahapan. Tahapannya meliputi penalaran deduktif, aritmatika, induktif, reasoning, dan spasial. Tes minat bakat online terdiri dari serangkaian tes dengan beberapa penilaiannya.

Penilaian akan beberapa aspek seperti kepribadian, ketertarikan pada belajar dan karir. Tak hanya itu, namun juga bakat, keterampilan, serta nilai-nilai kehidupan. Anda akan mendapatkan beberapa pertanyaan atau soal yang perlu untuk dijawab. Namun Anda tak perlu khawatir, dalam tes ini sebenarnya tidak ada jawaban salah atau benar.

Pentingnya Melakukan Tes

Tentu ada pertimbangan bagi Anda saat memilih jurusan kuliah. Sebab, ada banyak alasan orang-orang untuk memilih jurusan kuliah. Misalnya prospek karir yang bagus, senang dengan jurusan tertentu, ikutan teman, atau bahkan pilihan orangtua. Memang tidak ada patokan khusus apabila akan memilih jurusan kuliah. Namun hal yang paling penting yakni memilih jurusan berdasarkan dengan minat dan bakat Anda.

Melakukan tes minat dan bakat sebelum memilih jurusan kuliah akan sangat bermanfaat. Hal ini akan membantu Anda menemukan passion dan minat yang sebenarnya. Anda dapat mengetahui potensi diri yang digunakan sebagai pertimbangan penting dalam memilih jurusan hingga karir. Tes yang satu ini membantu Anda untuk mengurangi resiko salah jurusan.

Perlu Anda ketahui bahwa salah jurusan memberikan efek yang tidak kecil. Anda akan merasa terbebani dengan jurusan yang tidak sesuai passion. Padahal juga tidak mudah untuk pindah dari jurusan yang telah Anda pilih. Oleh karena itu, bagi calon mahasiswa penting untuk melakukan tes ini. Hal ini agar dapat memilih jurusan kuliah yang sesuai dengan minat Anda.

Hal yang Dilakukan Setelah Tes

Setelah melakukan tes akan mendapatkan gambaran passion dan minat pada suatu jurusan. Selain itu, juga memberikan rekomendasi jurusan yang sesuai. Meskipun begitu Anda tidak harus langsung menerima begitu saja hasil tesnya. Artinya Anda juga tetap perlu melakukan riset jurusan terlebih dahulu sebelum memantapkan pilihan. Anda bisa mencari tahu tentang jurusan yang sesuai dengan passion dan minat.

Pertimbangkan kelemahan dan kekurangannya sebelum memilih jurusan tersebut. Untuk memilih jurusan kuliah bukanlah hal yang mudah Anda lakukan. Namun berbekal hasil tes dan juga hasil riset jurusan, maka dapat berkonsultasi dengan guru atau orangtua untuk memberikan saran. Anda perlu mempertimbangkan semua aspek agar tidak menyesal nanti.

Bagi calon mahasiswa memang perlu mengikuti tes minat bakat. Tujuannya agar dapat mengetahui jurusan yang cocok dengan Anda. Saat ini Anda dapat menggunakan NS Development sebagai penyedia tes psikologi online terbaik.  

Artikel berhubungan: