logo PT Nirmala Satya Development
Tes Psikologi Bakat

Tujuan mengetahui bakat dan dilakukannya tes psikologi bakat yang kedua adalah untuk prediksi, yaitu untuk memprediksi kemungkinan kesuksesan atau kegagalan seseorang dalam bidang tertentu di masa depan. Prediksi meliputi seleksi, penempatan, dan klasifikasi. Pada dasarnya prediksi adalah mempertemukan potensi seseorang dengan persyaratan yang ditun tut oleh suatu lembaga.

Tes Psikologi Bakat atau sering disebut pula sebagai tes bakat khusus adalah tes yang mencoba untuk mengetahui kecenderungan kemampuan khusus pada bidang-bidang tertentu. Tes ini akan mengukur dan mengetahui potensi dan kemampuan dasar individu yang berguna untuk prediksi, dan treatment/perlakuan yang perlu untuk mengembangkan bakat tersebut.

Berikut akan dijelaskan dengan detail tes psikologi bakat baik dari tujuan tes bakat, factor-faktor yang memeperangaruhi bakat, hingga aspek-aspek tes psikologi bakat.

Tujuan Tes Psikologi Bakat

Tujuan mengetahui bakat adalah untuk dapat melakukan diagnosis dan prediksi. Kedua tujuan tersebut adalah berikut ini:

1. Untuk Kebutuhan Diagnosis

Tujuan mengetahui bakat yang pertama adalah untuk melakukan diagnosis, dengan mengetahui bakat seseorang maka akan dipahami potensi yang ada pada diri seseorang. Dengan demikian dapat membantu untuk menganalisis permasalahan yang dihadapi testee di masa kini secara lebih cermat. Permasalahan itu baik dalam pendidikan, klinis maupun industri. Dengan Bantuan tes bakat ini maka diharapkan psikolog dapat memberikan suatu treatment yang tepat bagi kliennya.

2. Untuk Kebutuhan Prediktif

Tujuan mengetahui bakat dan dilakukannya tes psikologi bakat yang kedua adalah untuk prediksi, yaitu untuk memprediksi kemungkinan kesuksesan atau kegagalan seseorang dalam bidang tertentu di masa depan. Prediksi meliputi seleksi, penempatan, dan klasifikasi. Pada dasarnya prediksi adalah mempertemukan potensi seseorang dengan persyaratan yang ditun tut oleh suatu lembaga.

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Bakat

Faktor-faktor yang mempengaruhi bakat ada dua yaitu factor internal dan faktor eksternal. Kedua factor tersebut seperti pada penjelasan berikut ini.

1. Faktor Internal

Faktor internal meliputi faktor kematangan fi sik/kedewasaan biologis. Kematangan juga terjadi dalam segi mental psikologisnya, artinya bahwa makin orang dapat mencapai kematangan fi sik dan mental maka bakatnya juga akan mengalami perkembangan.

2. faktor Eksternal

Faktor eksternal meliputi lingkungan dan pengalaman. Lingkungan yang baik akan menunjukkan perkembangan bakatbakat yang ada pada individu yang bersangkutan.

Aspek-aspek tes Psikologi Bakat

Bakat seseorang dapat diukur dengan tes bakat. Tes psikologi bakat adalah tes yang dirancang untuk mengukur kemampuan potensial seseorang dalam suatu jenis aktivitas dispesialisasikan dan dalam ren tangan tertentu. Tes bakat adalah tes kemampuan khusus dise but juga tes perbedaan individual, tes yang terpisah (separated test). Karena bakat menunjukkan keunggulan atau keistimewaan kemampuan khusus tadi, maka tes bakat dapat juga disebut tes batas kemampuan (power ability test) atau disebut differential aptitude test (Anastasi, 1997). Faktor-faktor yang diungkap oleh tes psikologi bakat bakat yaitu sebagai berikut:

  1. kemampuan verbal, adalah kemampuan memahami dan mengguna kan bahasa baik secara lisan atau tulisan.
  2. kemampuan numerical, adalah kemampuan ketepatan dan ketelitian memecahkan problem aritmatik/konsep dasar berhitung.
  3. kemampuan spatial, adalah kemampuan merancang suatu benda secara tepat.
  4. kemampuan perceptual, adalah kemampuan mengamati dan memahami gambar dua dimensi menjadi bentuk tiga dimensi.
  5. kemampuan reasoning, adalah kemampuan memecahkan suatu masalah.
  6. kemampuan mekanik, adalah kemampuan memahami dua konsep mekanik dan fisika.
  7. kemampuan memory, adalah kemampuan menginga.
  8. kemampuan clerical, adalah kemampuan bekerja di bidang administrasi.
  9. Kreativitas, adalah kemampuan menghasilkan sesuatu yang baru dan menunjukkan hal yang tidak biasa/istimewa.
  10. kecepatan kerja, adalah kemampuan bekerja secara cepat terutama untuk pekerjan yang rutin.
  11. ketelitian kerja, adalah kemampuan bekerja secara teliti.
  12. ketahanan kerja, adalah kemampuan bekerja secara konsisten.

Tes Psikologi Bakat Online

Untuk mengidentifikasi bakat, dapat dilakukan melalui tes psikologi. NS Development menghadirkan aplikasi psikotes online yang dapat dikerjakan dimana saja dan menggunakan perangkat yang pasti anda miliki. Psikotes Online NS Development dapat dikerjakan dengan menggunakan komputer, laptop, tablet ataupun mobile phone, dan dapat diakes dengan menggunakan browser maupun aplikasi android. Dan tentunya hasil psikotes di NS Development diperiksa secara langsung oleh psikolog-psikolog yang berpengalaman dibidangnya.

Daftarkan dirimu dan Registrasi langsung di NS Development dengan klik tautan ini untuk mengikuti Tes Minat Bakat.

Artikel berhubungan: