logo PT Nirmala Satya Development
tes psikologi untuk menentukan jurusan kuliah

Untuk mengidentifikasi jurusan kuliah diperlukan tes psikologi. Tes psikologi tersedia dalam bentuk aplikasi psikotes online. Psikotes Online NS Development dapat diakses dimana saja dengan perangkat yang pasti tersedia. Tes ini dapat diikuti dengan menggunakan komputer, laptop, tablet, ataupun mobile phone.

Dilema yang sering dihadapi oleh para calon mahasiswa baru atau maba adalah menentukan jurusan. Bahkan, saking bingungnya, tak sedikit calon maba hanya sekedar ikut-ikutan atau nurut dengan arahan orang tuanya saat mengambil jurusan kuliah. Hal inilah yang kemudian menjadi alasan pentingnya tes psikologi untuk menentukan jurusan kuliah.

Saat ini, ada banyak tes psikologi yang bisa Anda gunakan. Salah satunya adalah tes minat bakat. Tes minat bakat ini merupakan salah satu tes psikologi yang dapat mengetahui minat serta bakat Anda secara umum. Dengan mengetahui minat bakat ini, Anda bisa menentukan langkah serta strategi tepat saat mengambil keputusan, tak terkecuali menemukan jurusan kuliah yang sesuai.

Tes Psikologi untuk Menentukan Jurusan Kuliah yang Cocok untuk Calon Maba

Tes psikologi dengan tes minat bakat ini memiliki banyak sekali manfaat. Salah satunya yakni membantu Anda sebagai calon mahasiswa baru dalam mengambil jurusan kuliah secara tepat.

Pasalnya, tes psikologi satu ini mampu mengungkap sisi kepribadian, keinginan, kemampuan maupun cita-cita yang Anda miliki. Dengan menggabungkan beberapa data tersebut, kemudian menganalisisnya, akan terbentuk sebuah kesimpulan. Setelah itu, Anda akan mendapatkan rekomendasi jurusan kuliah yang tepat.

Setidaknya ada beberapa rekomendasi tes psikologi untuk menentukan jurusan kuliah Anda. Berikut ini adalah rekomendasinya.

1. Flanagan Aptitude Classification Tes (FACT)

Flanagan Aptitude Classification Tes (FACT) merupakan tes yang terdiri dari Ingenuity dan Alertnes, Expression, Mechanics, Tables, Components, Patterns, Arithmetic, Judgment and Comprehension, Coordination, Scales, Assembly, Precision, Memory, Coding, dan Inspection atau Inspeksi.

Tes ini nanti akan disajikan secara keseluruhan dalam satu seri atau terpisah setiap sub tes-nya. Tujuan dari tes ini, yakni untuk menentukan pilihan pendidikan maupun pekerjaan.

Selain itu, tes ini sangat cocok bagi Anda calon mahasiswa baru yang ingin menentukan jurusan perguruan tinggi. Biasanya, uji validitas FACT ini, secara keseluruhan akan dilakukan pada siswa kelas 8 sampai 10. Caranya, adalah dengan membandingkan hasil data dengan prestasi para siswa dalam beberapa bidang studi.

2. Numerical Ability (Tes Berhitung)

Tes psikologi untuk menentukan jurusan kuliah selanjutnya yakni Numerical Ability atau Tes Berhitung. Tes ini akan mengukur kemampuan berpikir dengan menggunakan angka.

Dengan kata lain, tes ini berkaitan dengan kemampuan aritmatika. Tujuan dari tes ini, dapat membantu Anda untuk memprediksi kemampuan dalam pendidikan maupun pekerjaan.

Terutama untuk menentukan jurusan kuliah bagi calon maba dalam bidang matematika, teknik, fisika, kimia, maupun ilmu sosial. Bentuk soal dari tes ini adalah buku cetak yang dilengkapi dengan lembar jawab terpisah.

Anda akan mengerjakan setidaknya 40 soal yang disajikan secara individu maupun klasikal. Lama waktu yang Anda butuhkan untuk mengerjakan soal tersebut 30 menit.

3. Verbal Reasoning atau Tes Kemampuan Verbal

Tes selanjutnya yang bisa Anda ikuti adalah Verbal Reasoning atau tes kemampuan verbal. Merupakan tes yang berfungsi untuk mengukur kemampuan berpikir serta memecahkan masalah.

Biasanya, dalam penyajian tes ini dalam bentuk kata-kata. Tujuan dari tes ini tak lain, untuk membantu Anda dalam memprediksikan kemampuan dalam bidang akademik maupun pendidikan.

Penting untuk Anda ketahui, jika tes verbal dan numerical memiliki nilai atau skor di atas rata-rata, ada baiknya untuk merencanakan pendidikan di akademi atau perguruan tinggi. Begitu pula sebaliknya, jika mendapatkan nilai atau skor di bawah rata-rata maka ada baiknya untuk memasuki pendidikan yang menuntun sedikit kemampuan verbal.

Saat ini, untuk melakukan tes psikologi sudah sangat mudah, bahkan Anda bisa melakukannya secara online. Salah satunya adalah NS Development.

NS Development merupakan tempat tes psikologi secara online yang terpercaya. Mempunyai psikolog yang berpengalaman dan ahli dalam bidangnya.

Selain itu, NS Development telah memenuhi syarat sebagai tempat tes terpercaya. Memiliki tools atau alat yang sudah terpercaya hingga mudah untuk Anda akses kapan saja dan dimana saja.

Tak hanya itu saja, NS Development juga mampu memberikan penanganan untuk pendidikan perguruan tinggi maupun di sekolah menengah (SMA, SMK, SMP). Jika Anda para calon mahasiswa baru atau maba (mahasiswa baru) yang ingin melakukan tes psikologi untuk menentukan jurusan kuliah Anda, silakan untuk mengunjungi situs NS Development.

Cara Mengikuti Tes Psikologi Online

Untuk mengidentifikasi jurusan kuliah diperlukan tes psikologi. Tes psikologi tersedia dalam bentuk aplikasi psikotes online. Psikotes Online NS Development dapat diakses dimana saja dengan perangkat yang pasti tersedia. Tes ini dapat diikuti dengan menggunakan komputer, laptop, tablet, ataupun mobile phone. NS Development adalah Lembaga psikologi yang terpercaya di Indonesia yang diampuh oleh psikolog-psikolog yang berpengalaman. Registrasi diri anda disini untuk mengukuti tes Psikologi Online.

Artikel berhubungan: