logo PT Nirmala Satya Development
Tes Psikologi untuk Menentukan Jurusan Kuliah

Demi mendapatkan hasil yang sesuai, ada baiknya Anda menggunakan tempat tes yang terpercaya, salah satunya adalah NS Development. NS Development ini akan membantu Anda dalam menentukan jurusan yang paling cocok dengan minat dan bakat Anda.

Menentukan jurusan kuliah tentu saja bukan perkara yang mudah bagi sebagian calon mahasiswa baru. Maka dari itulah, tes psikologi untuk menentukan jurusan kuliah menjadi hal yang sangat penting.

Saat ini, tidak lagi hanya sekedar mencari jurusan kuliah yang jarang peminatnya agar memiliki peluang besar diterima. Atau, mencari jurusan kuliah yang populer supaya saat lulus nanti mudah dalam mencari pekerjaan.

Namun, Anda perlu mempertimbangkan jurusan kuliah tersebut sesuai dengan kecocokan. Mulai dari cocok soal bakat yang Anda miliki, cocok dengan passion, dan lain sebagainya. Pasalnya, semakin cocok dan sesuainya jurusan kuliah tersebut dengan Anda, maka akan semakin mudah pula bagi Anda untuk berkembang.

Tes Psikologi untuk Menentukan Jurusan Kuliah yang Paling Cocok

Saat ini, sudah banyak jenis tes psikologi yang bisa Anda gunakan untuk mengetahui jurusan apa yang paling cocok dengan Anda. Salah satunya adalah tes minat bakat.

Tes minat bakat ini merupakan salah satu tes psikologi yang bermanfaat bagi Anda untuk mengembangkan diri. Dengan mengetahui bakat yang Anda miliki, maka akan sangat mudah bagi Anda untuk mengambil sebuah keputusan.

Bahkan, Anda bisa dengan mudah menentukan langkah maupun strategi yang akan Anda lakukan untuk mengambil sebuah keputusan. Terutama dalam mengambil jurusan kuliah yang cocok dengan bakat Anda.

Tak hanya itu saja, tes psikologi untuk menentukan jurusan kuliah ini juga membantu Anda dalam menemukan rekomendasi jurusan atau program studi di perguruan tinggi yang cocok bagi Anda. Tentu saja ini sangat menguntungkan Anda yang masih bingung dalam menentukan jurusan kuliah.

Selain itu, tes psikologi satu ini juga meminimalisir terjadinya kesalahan ambil jurusan kuliah yang mungkin saja Anda lakukan. Sebab, jurusan kuliah yang tidak cocok dengan Anda, memiliki kemungkinan lebih besar untuk menghambat karir Anda selanjutnya.

Hal Penting yang Perlu Diperhatikan

Ada beberapa hal penting yang mesti Anda perhatikan dalam mengikuti tes psikotes satu ini. Pertama, penggunaan tes psikologi sudah barang tentu harus Anda lakukan dengan ahlinya.

Sehingga, interpretasi hasil tes sesuai dengan kondisi Anda yang sebenarnya. Hal ini pun tidak hanya memudahkan Anda dalam menentukan jurusan kuliah yang cocok saja, akan tetapi juga meminimalisir kesalahan.

Di Indonesia sendiri, ahli psikologi ini bisa Anda sebut sebagai psikolog. Bila Anda ingin mengetahui bakat yang Anda miliki secara detail, ada baiknya untuk mengunjungi psikolog. Dengan begitu, Anda bisa melakukan asesmen kepribadian serta mengenali bakat yang Anda miliki.

Rekomendasi Tes untuk Mengetahui Minat Bakat

Tes minat bakat merupakan salah satu tes psikologi untuk menentukan jurusan kuliah yang paling banyak dicari. Ada banyak jenis tes yang bisa Anda ikuti, akan tetapi berikut ini ada beberapa tes yang direkomendasikan untuk Anda.

Tes Bakat Diferensial (DAT), General Aptitude Test Battery (GATB), Flanagan Aptitude Classification Test (FACT), Numerical Ability (Tes Berhitung), kemudian ada Verbal Reasoning (Tes Kemampuan Verbal).

Jika Anda ingin mengetahui apakah cocok untuk mengambil jurusan kuliah seperti Fisika, Kimia, Teknik, Matematika, hingga Ilmu sosial, bisa mencoba tes bakat minat Numerical Ability atau Tes Berhitung.

Anda juga bisa menggunakan tes minat bakat Verbal Reasoning atau Tes Kemampuan Verbal untuk memprediksi kemampuan dalam bidang pendidikan atau akademik, sehingga mampu menemukan jurusan kuliah yang paling sesuai.

Tes Psikologi/Tes Minat Bakat Secara Online

Tes psikologi untuk menentukan jurusan kuliah ini bisa Anda lakukan dengan sangat mudah. Pasalnya, Anda bisa mengikuti tes secara online. Psikotes Online saat ini sudah tersedia dibeberapa website.

Demi mendapatkan hasil yang sesuai, ada baiknya Anda menggunakan tempat tes yang terpercaya, salah satunya adalah NS Development. NS Development ini akan membantu Anda dalam menentukan jurusan yang paling cocok dengan minat dan bakat Anda.

Pasalnya, NS Development sendiri telah memenuhi persyaratan tes terpercaya. Seperti diampu oleh psikolog, mempunyai alat terpercaya, tes minat bakat premium, hingga dapat Anda akses secara mudah.

Dengan menggunakan tes psikologi untuk menentukan jurusan kuliah ini, kini Anda tidak kebingungan lagi bukan? Pilihlah jurusan kuliah yang cocok untuk Anda, dan raih semua mimpi terbaik Anda.

Daftarkan diri dan registrasi langsung dirimu untuk mengidentifikasi minat dan bakatmu secara online di NS Development.

Artikel berhubungan: