logo PT Nirmala Satya Development
Tes Tingkat Depresi Online

Depresi atau gangguan suasana hati yang menyebabkan terganggunya aktifitas sehari-hari sebagai krisis global dan WHO memprediksi pada tahun 2020 dan tahun-tahun setelahnya, gangguan depresi ini merupakan nomor dua penyumbang penyebab ketidakmampuan seseorang dalam kehidupannya setelah kardiovaskular (penyakit jantung).

Mengukur tingkat depresi adalah proses untuk mengetahui “sejauh mana” atau “separah apa” seseorang mengalami gangguan psikologis. Depresi merupakan gangguan yang seringkali tidak disadari baik oleh penderita maupun orang-orang di sekitarnya. Depresi disebut juga sebagai gangguan yang tak terlihat atau invisible disease. Berbeda dengan gangguan lain seperti flue, demam, penderita pasti sadar bahwa ia terkena flue atau demam, penderita depresi sering kali tidak sadar ada masalah. Bahkan banyak orang yang sering menganggap gangguan depresi adalah masalah yang berkaitan dengan keimanan seseorang saja dan tidak dianggap sebagai gangguan psikologis yang memerlukan pertolongan profesional dalam bidang terssebut. Faktor ini mendukung terjadinya 80% dari penderita depresi tidak mendapatkan penanganan yang semestinya.

Depresi atau gangguan suasana hati yang menyebabkan terganggunya aktifitas sehari-hari ini ditetapkan oleh World Health Organization (WHO) sebagai krisis global dan memprediksi pada tahun 2020 dan tahun-tahun setelahnya, gangguan depresi ini merupakan nomor dua penyumbang penyebab ketidakmampuan seseorang dalam kehidupannya setelah kardiovaskular (penyakit jantung). Lebih dari 350 juta jiwa pendduk dunia mengalami depresi sehingga WHO menetapkan depresi sebagai salah satu prioritas untuk ditangani.

Hal ini yang menjadi perhatian, sehingga diperlukan tes tingkat depresi untuk mempermudah mengenali gangguan ini. NS Development telah menyediakan beberapa tes tingkat depresi online yang dapat diakses secara gratis maupun premium.

Untuk mengetahui lebih dalam tentang depresi, alangkah baiknya kita membahas terlebih dahulu pengertian depresi, untuk menyamakan persepsi kita tentangnya.

Pengertian Depresi

Depresi bagi orang awam diartikan sebagai keadaan emosi atau perasaan sedih, susah, murung, ataupun tidak bahagia dan kehilangan semangat untuk hidup. Dalam pengertian ilmiah, depresi diartikan sebagai suatu keadaan emosi yang mempunyai karakteristik seperti perasaan sedih, perasaan gagal dan tidak berharga, dan menarik diri dari orang lain ataupun lingkungan (Sue dkk., 1986). Depresi mengganggu suasana hati atau semangat, cara berfikir, fungsi tubuh dan mengganggu perilaku.

Davidson G Neale (2002) menjelaskan depresi sebagai suatu keadaan emosi yang ditandai dengan kesedihan yang sangat, perasaan tidak 156 Sosio Informa Vol. 3, No. 02, Mei - Agustus, Tahun 2017. Kesejahteraan Sosial berharga dan perasaan bersalah, menarik diri dari orang lain, susah tidur, kehilangan nafsu makan, kehilangan keinginan terhadap seksual dan kehilangan minat dan kesenangan terhadap aktivitas sehari-hari.

Leitenberg & Wilson (1986) menyatakan bahwa mereka yang depresi menunjukkan kontrol diri rendah, yaitu evaluasi diri yang negatif, harapan terhadap performance rendah, suka menghukum diri dan sedikit memberikan hadiah terhadap diri sendiri. Sebagaimana pendapat Beck (1976) dan Clark & Beck (dalam Santrock, 2003) bahwa individu yang mengalami depresi karena pada awal perkembangannya ia memperoleh skema kognitif dengan karakteristik berupa rendahnya penilaian terhadap diri sendiri dan tidak adanya keyakinan mengenai masa depannya. Kebiasaan memiliki pemikiran negatif seperti ini semakin menambah dan memperluas pengalaman negative individu yang bersangkutan yang mengalami depresi dan mereka akan menyalahkan dirinya sendiri lebih dari yang seharusnya. Louis dkk. (1996) berdasarkan hasil penelitiannya menyatakan dalam kesimpulannya bahwa depresi berkorelasi dengan munculnya distorsi pada kognisi individu.

Dalam DSM-IV-TR (2000) dinyatakan bahwa gangguan depresi termasuk dalam gangguan suasana hati (mood disorder). Salah satu bentuknya berupa major depressive disorders (unipolar depression )dengan karakteristik berupa munculnya satu atau lebih dari episode depresi major, seperti suasana hati yang mengalami depresi atau kehilangan minat terhadap segala aktivitas yang menyenangkan dalam dua minggu terakhir. Seseorang dapat dinyatakan mengalami gangguan ini apabila individu tersebut setidaknya dalam dua minggu terakhir mengalami lima atau lebih simtom berikut: adanya perubahan pada nafsu makan atau berat badannya, adanya perubahan/gangguan tidur, dan adanya perubahan pada aktivitas psikomotornya; muncul perasaan tidak berharga atau perasaan bersalah, kesulitan dalam berfikir, kesulitan dalam berkonsentrasi dan kesulitan dalam membuat suatu keputusan; menurunnya semangat atau energi yang menyebabkan mudah lelah; munculnya pikiran atau ide untuk bunuh diri atau keinginan untuk mati. Depresi jenis unipolar dialami oleh kebanyakan orang.

Cara Mengukur Tingkat Depresi

Saat ini telah tersedia beberapa alat ukur untuk mengetes tingkat depresi. Tes tingkat depresi online telah tersedia dalam bentuk aplikasi yang siap digunakan baik dalam bentuk akses layanan gratis maupun premium (berbayar).

Berikut adalah alat tes tingkat depresi online yang telah tersedia di NS Development yang siap anda gunakan.

1. Skala DASS (Depression Anxiety Stress Scale)

Skala DASS adalah skala khusus untuk mengukur tingkat depresi yang telah tersedia secara online di NS Development, dan dapat diakses secara gratis. Skala ini terdiri dari 42 nomor yang akan mengecek kondisi depresimu. Selain itu, skala DASS sebenarnya juga mampu mengukur tingkat stress, cemas selain tingkat depresi. Anda dapat menggunakan dan mengukur tingkat depresi dengan skala DASS langsung dengan klik tautan Skala DASS.

2. Skala BDI-2 (Beck Depression Inventory)

Skala BDI-2 dapat mengukur tingkat depresi dari tingkat depresi ringan, depresi sedang, depresi berat hingga depresi sangat berat. Tes BDI-2 sudah tersedia dalam bentuk online di NS Development secara gratis. Anda dapat menggunakan dan mengukur tingkat depresi dengan skala BDI-2 langsung dengan klik tautan Skala BDI-2.

3. Tes MMPI (Minnesota Multiphasic Personality Inventory)

Alat tes MMPI merupakan alat tes yang paling lengkap dalam mengungkap masalah-masalah psikologi. Tes ini mampu mengukur secara akurat dinamika kepribadian dan tingkat keparahannya. Tes MMPI adalah alat tes gangguan psikologis yang palin banyak digunakan oleh psikolog dan psikoater di Indonesia. Bahkan penggunaannya diperluas bukan hanya untuk mendeteksi gangguan psikologis, tetapi digunakan untuk proses rekrutment, seleksi karyawan, seleksi mahasiswa baru, maupun sebagai syarat untuk menempati jabatan-jabatan tertentu.

Tes MMPI tersedia secara online di NS Development. Anda dapat mengukuti tes MMPI di NS Development dengan klik tautan Tes MMPI Online.