logo PT Nirmala Satya Development
Psikotes Online Gratis

Psikotes online gratis yang berguna untuk masuk dalam dunia kerja. Kelak akan membantu merekrut calon karyawan yang paling sesuai.

Psikotes online gratis berguna untuk masuk dunia kerja. Seleksi pekerjaan pada setiap perusahaan seringkali berbeda-beda. Tak hanya wawancara kerja serta technical tes yang sesuai bidang yang Anda lamar. Beberapa perusahaan turut menerapkan psikotes menjadi salah satu tahap dalam rekrutmen.

Psikotes adalah salah satu tes yang sangat berguna untuk merekrut karyawan baru. Bahkan, tes ini juga berguna untuk masuk sebuah kampus maupun universitas bagi calon mahasiswa.

Bagi Anda yang aktif mencari kerja, tentunya tidak asing lagi dengan tes psikotes ini. Kemungkinan juga pernah mengikuti tes pada seleksi karyawan baru di perusahaan tertentu. Namun, ada yang masih merasa asing dengan istilah tersebut. Psikotes membantu dalam mengetahui sisi psikologis dari calon kandidatnya.

Ketahui Tujuan Psikotes Online Gratis dalam Dunia Kerja

Pada dasarnya, psikotes merupakan sebuah hal yang rekruter perlukan sebagai aspek tambahan pada penilaian seorang kandidat. Biasanya tes tersebut yang akan berlangsung setelah seorang lolos dari berbagai jenis interview. Meski menjadi aspek tambahan, namun psikotes bersifat sangat penting. Baik untuk mengetahui pola perilaku, pola pikir, hingga karakteristik atau sifat dari seorang kandidat.

Biasanya hal tersebut tidak bisa secara akurat digambarkan selama mengikuti proses wawancara. Untuk dunia kerja, perilaku, pola pikir, hingga karakteristik psikologis menjadi sangat penting. Hal tersebut penting, bukan hanya skill atau wawasan. Sifat psikologis seseorang bisa mempengaruhi kualitas selama bekerja, terutama  saat bekerja bersama tim. 

Untuk itu, dengan adanya tes psikotes akan meyakinkan rekruter. Terkait keputusannya yang akan menerima maupun memilih menolak kandidat. Meski demikian, tes psikotes online gratis juga menawarkan sejumlah tujuan penting lainnya. Adapun beberapa tujuannya, adalah sebagai berikut.

Mengetahui Perilaku dan Kepribadian

Saat memasuki tahapan sebelum psikotes kerja yakni interview. Rekruter akan memperoleh gambaran sedikit mengenai kepribadian hingga perilaku kandidatnya. Namun, ada pula yang mengalami kesulitan untuk benar-benar mengetahui serta memahami kepribadian tersebut. Sebab, tidak terdapat standar objektif yang berdasarkan secara ilmiah.

Selain itu, penilaian kepribadian selama tahap interview terbilang kurang konkret. Tentunya para kandidat akan berusaha untuk tampak sepositif mungkin selama tahapan tersebut. Namun dengan adanya psikotes, maka rekruter bisa mengetahui kepribadian kandidat lebih mendalam. Hasilnya, akan memiliki gambaran jelas mengenai pola perilaku maupun kepribadian kandidat tersebut di tempat kerja.

Menjadi Tolak Ukur Kecerdasan

Bentuk kecerdasan juga bisa Anda ukur melalui psikotes online gratis. Mulai dari kecerdasan intelegensi (IQ) maupun kecerdasan emosional serta spiritual (EQ). Kandidat yang akan terpilih dengan memiliki paduan kecerdasan intelegensi maupun emosi secara seimbang.

Tingkat IQ tertentu penting bagi seseorang dalam melakukan pekerjaan. Bahkan bisa membantu memecahkan masalah yang mungkin terjadi.

Selain itu, EQ juga sangat penting pada beberapa kasus. Seorang karyawan akan melakukan diplomasi, negosiasi, delegasi pekerjaan, dan mengambil keputusan. Dalam hal ini, psikotes yang akan membantu rekruter sehingga mengetahui paduan tingkat IQ maupun EQ seseorang. Dengan demikian, memudahkan dalam mendapatkan gambaran mengenai performa kandidat di tempat kerja.

Memprediksi Performa Selama Bekerja

Psikotes sesungguhnya sebuah tes yang bisa memberi gambaran mengenai performa seorang kandidat saat sudah mulai bekerja. Bahkan psikotes bisa memberi gambaran seseorang dalam menghadapi kondisi yang penuh tekanan serta tetap bisa bekerja secara maksimal dalam kondisi tersebut. Jika mampu mengetahui performa seorang kandidat melalui psikotes online gratis, kelak rekruter bisa memperkirakan produktivitas kandidat maupun turnover.

Mengetahui Sifat Kejiwaan

Tujuan dari psikotes berikutnya yakni membantu rekruter mengetahui sifat kejiwaan seorang kandidat. Psikotes bisa berguna bagi pihak rekruter maupun perusahaan dalam mengevaluasi kondisi kejiwaan kandidat. Hal yang perusahaan ketahui, biasanya seseorang memiliki sifat kejiwaan tertentu yang akan mempengaruhi aktivitas tempat kerja secara buruk.

Mengetahui Psikodinamika Peserta

Psikodinamika menjadi dasar teori psikologi atau teori kepribadian. Psikodinamika akan menganalisis dasar-dasar kepribadian dari seseorang dengan tepat. Biasanya psikodinamika mencakup penelitian yang berporos bukan hanya mengenai kepribadian seseorang. Namun meliputi perasaan serta emosi, terutama untuk menghadapi suatu masalah maupun tantangan.

Psikotes online gratis yang bisa perusahaan gunakan dalam memahami setiap kandidat. Kelak akan membantu merekrut calon karyawan yang paling sesuai.

Artikel berhubungan: