logo PT Nirmala Satya Development
Tes Minat Bakat

Ada beberapa jenis tes minat bakat. Jenis tes minat bakat ini dapat dibedakan dari tujuan tes minat bakat sendiri.

Ada beberapa tujuan dari tes minat bakat. Tujuan mengetahui bakat adalah untuk dapat melakukan diagnosis dan prediksi. Tujuan mengetahui bakat yang pertama adalah untuk melakukan diagnosis, dengan mengetahui bakat seseorang maka akan dipahami potensi yang ada pada diri seseorang. Dengan demikian dapat membantu untuk menganalisis permasalahan yang dihadapi testee di masa kini secara lebih cermat. Permasalahan itu baik dalam pendidikan, klinis maupun industri. Dengan bantuan tes minat bakat ini maka diharapkan psikolog dapat memberikan suatu treatment yang tepat bagi kliennya.

Tujuan mengetahui bakat yang kedua untuk prediksi, yaitu untuk memprediksi kemungkinan kesuksesan atau kegagalan seseorang dalam bidang tertentu di masa depan. Prediksi meliputi seleksi, penempatan, dan klasifikasi. Pada dasarnya prediksi adalah mempertemukan potensi seseorang dengan persyaratan yang dituntut oleh suatu lembaga. Hasil dari tes minat bakat juga dapat menolong orang tua dan guru untuk mengarahkan anak untuk mempersiapkan masa depannya dengan sebaik mungkin.

Mengetahui minat dan bakat bisa dilakukan sejak dini. Hal ini akan berguna bagi penjurusan bagi anak- anak ketika ia akan sekolah di SMA atau mengambil jurusan kuliah. Hasil tes psikologi ini akan memudahkan anak untuk mengambil jurusan di sekolah sesuai minat dan bakatnya.

Jenis-Jenis Bakat

Berdasarkan fungsi atau aspek jiwa raga yang terlihat dalam berbagai macam prestasi, jenis bakat digolongkan menjadi sebagai berikut :

  1. Bakat yang lebih berdasarkan psikofisik. Bakat psikofisik adalah kemampuan yang berakar pada jasmaniah sebagai dasar bakat tersebut. Seperti kemampuan motorik, ketangkasan, kekuatan badan, kelincahan jasmani, keterampilan jari, dan anggota tubuh lainnya. Bakat kejiwaan yang bersifat umum adalah kemampuan ingatan daya khayal atau imajinasi dan inteligensi.
  2. Bakat Kejiwaan yang bersifat umum. Kemampuan kejiwaan yang umum termasuk memori, imajinasi atau fantasi, dan kecerdasan. Bakat psikologis yang khas adalah yang terfokus pada bidang yang sempit, seperti bakat Bahasa, bakat melukis, bakat musik, bakat seni, bakat ilmiah, dll.
  3. Bakat-bakat kejiwaan yang khas dan majemuk. Bakat khas adalah bakat yang sejak awal sudah ada dan terarah pada suatu lapangan yang terbatas seperti bakat bahasa, bakat melukis, bakat musik, dan lain-lain. Adapun bakat majemuk berkembang lambat laun dari bakat produktif kearah yang sangat bergantung dari keadaan didalam dan diluar individu seperti bakat hukum , pendidik, psikolog, bakat ekonomi, dan lain-lain.
  4. Bakat yang lebih berdasarkan pada alam perasaan dan kemauan. Bakat ini berhubungan erat dengn watak, seperti ke mampuan untuk mengadakan kontak sosial, kemampuan mengasihi, kemampuan merasakan atau menghayati perasaan orag lain.

Berdasarkan sifat prestasinya bakat dapat digolongkan dalam:

  1. Bakat reproduktif. Kemampuan untuk memproduksi hasil pekerjaan orang lain dan menguraikan kembali dengan tepat pengalaman-pengalaman sendiri. Bakat ini seperti memperbarui hasil karya orang lain di padukan dengan keunikan sendiri sehingga menghasilkan karya yang baru.
  2. Bakat aplikatif. Bakat ini ini terjadi kepada orang yang memiliki, mengamalkan, mengubah, dan menerangkan, pendapat, buah pikiran, dan metode yang berasal dari orang lain. Bakat ini merupakan bakat yang penting bagi dunia pekerjaan. Seseorang yang yang punya bakat aplikatif tentunya akan menerapkan ilmu yang ia miliki sehingga bisa menghasilkan sesuatu yang berguna.
  3. Bakat interpretatif. Bakat menerangkan dan menangkap hasil pekerjaan orang lain, sehingga disamping sesuai dengan maksud penciptaannya.
  4. Bakat produktif Kemampuan. menciptakan hal-hal baru berupa sumbangan dalam ilmu pengetahuan, pembangunan dan kehidupan lain yang berharga. Bakat ini merupakan bakat yang berasal dari diri sendiri yang bisa menciptakan suatu inovasi dan kreativitas sehingga bermanfaat bagi kalangan masyarakat.

Demikianlah penjelasan mengenai tujuan dan Jenis – jenis bakat. Tentunya bakat tersebut harus digali dan di asah sehingga menjadi sebuah potensi yang bisa berguna baik untuk diri sendiri maupun untuk orang lain. Untuk mengetahui bakat yang anda miliki anda dapat melakukan Tes Bakat Online. Tes Bakat Online sudah tersedia melalui Platform NS Development, berbagai alat tes tersedia salah satunya Tes Bakat Online, kemudahan yang anda dapatkan menggunakan platform ini, anda dapat mengerjakan tes kapan saja dan di mana saja tanpa dibatasi ruang dan waktu.

Artikel berhubungan: