logo PT Nirmala Satya Development
Website Psikotes Online

Sebagai pengguna layanan website psikotes online, perlu berhati-hati dalam memilih sebuah situs khusus untuk psikotes online. Dikarenakan fungsinya yang vital (memprediksi perilaku), sehingga seharusnya tidak main-main dalam memberikan kesimpulan. Situs psikotes online harus dibangun dengan dasar teori yang ilmiah, sehingga dapat memberikan gambaran yang utuh dan terpercaya, alih-alih memberikan rekomendasi yang menyesatkan.

Kebutuhan akan sebuah layanan website psikotes online saat ini sudah menjadi sebuah kebutuhan primer baik untuk perusahaan, biro psikologi, lembaga pendidikan maupun untuk peserta tes. Dengan beragam kelebihan dan keuntungan yang ditawarkan, situs web psikotes online banyak dicari, menemui puncaknya saat pandemi covid-19 melanda di awal tahun 2020, dan trend penggunaannya terus meningkat hingga saat ini.

Sebagai pengguna layanan website psikotes online, perlu berhati-hati dalam memilih sebuah situs khusus untuk psikotes online. Dikarenakan fungsinya yang vital (memprediksi perilaku), sehingga seharusnya tidak main-main dalam memberikan kesimpulan. Situs psikotes online harus dibangun dengan dasar teori yang ilmiah, sehingga dapat memberikan gambaran yang utuh dan terpercaya, alih-alih memberikan rekomendasi yang menyesatkan.

Berikut kami menjelaskan syarat-syarat website psikotes online yang dapat anda pilih dan anda gunakan dalam mengukur keadaan psikologis anda atau calon karyawan anda.

Tes Memiliki Dasar Ilmiah

Sebuah alat tes merupakan produk dari sebuah kegiatan ilmiah. Tes psikologi lahir dari penelitian-penelitian yang telah dilakukan dengan beragam subjek penelitian untuk mengambil kesimpulan dan diterapkan pada populasi umum. Jadi sebuah tes tidak asal buat, kemudian di berikan kepada orang lain. Kemudian memberikan kesimpulan tanpa dasar. Jelas hasilnya akan keliru dan meyesatkan.

Dibangun (Didesign) oleh Ahli yang Kompeten

Tes psikologi online (psikotes online) berbeda dengan psikotes konvensional (paper base). Selain memiliki dasar ilmiah yang kuat, psikotes online harus dibangun oleh ahli yang kompeten. Ahli yang kompeten membuat tes psikologi tentunya adalah ahi psikologi (psikolog). Sebuah tes psikologi yang dibangun tanpa melibatkan psikolog, tentunya akan dipertanyakan. Bagaimana tes tersebut dapat mengukur kondisi psikologis. Jadi kolaborasi antara psikolog dan IT menjadi sebuah keharusan.

Telah Lulus Audit

Setelah website psikotes online dibangun, perlu adanya sebuah audit terhadap tes tersebut. Audit bukan hanya dilakukan pada websitenya, tetapi seluruh alat tes yang ada dalam sistem tersebut. Setiap alat tes online harus diaudit setelah pembuatan dan dilakukan update berkala terhadap skala-skala yang digunakan. Audit dan proses update skala tes online seharusnya dilakukan oleh ahli yang kompeten dalam bidang penelitian khususnya psikologi (memiliki ilmu psikometri).

Mudah diakses

Karena layanan yang ditawarkan adalah online test, alat tes online seharusya mudah diakses oleh siapa saja, tidak memandang pendidikan, status ekonomi dan sebagainya. Apalah artinya sebuah layanan online, tetapi memiliki keterbatasan akses pada orang-orang tertentu saja. Psikotes online seharusnya mudah diakses oleh siapa saja, menggunakan aplikasi yang familiar (mudah dikenali dan diketahaui oleh orang banyak). Diantaranya bisa digunakan di aplikasi desktop (komputer, laptop), tablet, mobile phone. Dapat dipakai dengan menggunakan browser aplikasi android maupun ios.

Memberikan laporan hasil tes tercepat

Salah satu kelebihan psikotes online adalah report (laporan hasil tes) yang realtime. Jadi psikotes online yang tidak memberikan hasil yang realtime kurang bisa dipakai, kecuali jika hasil tes online tersebut harus dipadukan dengan analisa perorang (psikolog) agar mendapatkan hasil/kesimpulan yang lebih terpercaya.

Memiliki Fitur-fitur pendukung

Dikarenakan alat tes online dapat dikerjakan dimana saja, oleh siapa saja dan kapan saja, sehingga sebuah website psikotes online seharusnya memiliki fitur-fitur pendukung, agar pelaksanaan psikotes online dapat lebih maksimal. Ingat bahwa sebuah proses tes bukan hanya untuk keperluan pada saat tes, tetapi analisa data hasil tes perlu dilakukan penelitian lebih lanjut. Selain itu, aplikasi psikotes online seharusnya memiliki fitur-fitur yang mempermudah peserta tes dalam mengaksesnya.

Demikianlah kesimpulan syarat-syarat website psikotes online yang terbaik yang dapat anda pilih untuk kebutuhan anda atau perusahaan anda. Salah satu rekomendaasi website psikotes online yang memenuhi syarat di atas adalah NS Development. NS Development telah didesign dan dibangun sejak tahun 2019 oleh ahli-ahli yang berpengalaman dibidangnya. Aplikasi yang dibangun NS Development telah melakukan audit dan update secara berkala terhadap alat tes yang ada didalam sistem.

NS Development menyediakan alat tes premium maupun gratis. Alat tes gratis dapat anda akses secara gratis di Psikotes Gratis. Untuk akses psikotes premium anda dapat mengaksesnya dengan melakukan Registrasi Peserta Tes.

Khusus untuk perusahaan, untuk mendapatkan informasi lebih lengkap dapat menghubungi langsung nomor kontak yang tersedia di website NS Development.

Artikel berhubungan: