CFIT, Software Psikotes Online Terbaik dari NS Development

NS Development memberikan sebuah layanan yang berupa software CFIT online, yang mana peserta tes bisa mengikuti tes via desktop baik komputer maupun laptop.
tes cfit online
situs psikotes
NS Development
psikotes gratis

Selain psikotes online, NS Development juga menyediakan software psikotes online bernama CFIT. Tujuan dari CFIT (Culture Fair Intelligence Test) ini yaitu untuk mengukur kemampuan secara umum (General Ability) atau yang dinamakan dengan G-Factor. Berdasarkan teori kemampuan yang diungkapkan oleh Raymond B. Cattell, Culture Fair Intelligence Test ini bermaksud untuk mengukur Fluid Ability.

Fluid Ability sendiri merupakan kemampuan kognitif seseorang yang sifatnya herediter. Kemampuan kognitif yang Fluid tersebut di dalam diri perkembangan individu berikutnya akan berpengaruh terhadap kemampuan kognitif yang lain atau yang disebut sebagai Crystallized Ability. 

Culture Fair Intelligence Test, Software Psikotes Online Keluaran NS Development

CFIT adalah test yang dikembkan oleh Raymond Cattel yaitu salah satu tokoh inteligensi terkemuka. Culture Fair Intelligence Test tersebut dibuat dengan latar belakang tes-test lain yang tak bebas nilai dan juga masih terpengaruh budaya serta norma di masing-masing negara.

Norma dan nilai-nilai di dalam sebuah kebudayaan tersebut bisa memberi pengaruh terhadap hasil pengukuran IQ atau intelegensi individu. Oleh sebab itu, butuh sebuah tes intelegensi universal yang bersifat:

  • Bebas nilai.
  • Tidak terikat terhadap kebudayaan tertentu.
  • Bisa dipahami oleh seluruh orang secara universal.

Sementara itu, di dalam Culture Fair Intelligence Test ini, Raymond hendak menciptakan sebuah instrumen yang secara psikometri sehat serta didasarkan pada teori yang komprehensif dan punya nilai reliabilitas & validitas tinggi.

Untuk skala 1, reliabilitasnya mempunyai nilai 91, lalu skala 2 punya nilai 87, sedangkan skala 3 memiliki nilai 85 untuk jenjang SMA ke atas. Sementara, untuk validitas konsep sejumlah 92 dan validitas konkritnya sebesar 69.

Software psikotes online, Culture Fair Intelligence Test ini adalah tes yang mana ia dapat mengukur apa yang dikenal sebagai fluid intelligence, yakni kecerdasan yang mencakup kemampuan analisis serta penalaran. Ada 3 jenis CFIT, yakni:

  • CFIT skala satu (untuk mereka yang mengalami retardasi mental)
  • Untuk CFIT skala 2 (umur 8-13 tahun)
  • CFIT skala 3 (untuk dewasa)

Culture Fair Intelligence Test skala 3 merupakan bentuk tes yang paling umum dan juga banyak dipakai sekarang ini. Terlebih lagi untuk pemakaian proses recruitment serta assessment awal klien atau individu.

Administrasi Tes CFIT

Untuk Culture Fair Intelligence Test skala 3 terdiri atas 4 macam subtes. Berikut ini merupakan 4 macam subtes yang terdapat pada tes CFIT:

Subtest 1 - Series

Pada subtes 1 ini klien atau peserta bakal diminta untuk meneruskan (melanjutkan) pola yang sudah ada, dan juga memilih satu dari enam pilihan pola yang tersedia.

Subtest 2 - Classification

Sementara untuk subtest 2, peserta atau kline akan diminta untuk memilih dua dari lima pilihan gambar yang ada, dengan pola atau karakteristik yang sama atau mempunyai kemiripan.

Subtest 3 - Matrices

Berikutnya untuk subtes 3 ini klien atau peserta diminta untuk memilih satu dari lima opsi jawaban yang mampu untuk melengkapi gambar utama yang tersaji dalam soal. Subtest tersebut mempunyai cara kerja yang mirip dengan APM, SPM, serta CPM.

Subtes 4 - Condition / Typology

Sedangkan untuk subtest 4 peserta atau klien diminta untuk memilih satu dari lima jawaban yang tersedia, dimana jawaban itu punya kondisi, tekstur, atau situasi yang sama seperti di soal yang tersaji.

Software psikotes online, tes CFIT ini merupakan bentuk battery test, oleh sebab itu butuh waktu. Selain itu klien atau peserta dituntut untuk bisa menjawab soal pada tiap-tiap subtes dalam jangka waktu tertentu. Tiap-tiap subtes pada Culture Fair Intelligence Test punya karakteristik yang tidak sama. Nantinya peserta harus benar-benar berkonsentrasi serta fokus terhadap instruksi yang diberikan tester ketika pelaksanaan tes.

Analisa Alat Test CFIT Digital

Software psikotes online ini menawarkan kepada klien untuk bisa mengerjakan tes CFIT secara digital. Untuk test CFIT yang Anda lakukan secara digital bisa Anda kerjakan dimana saja, baik secara online maupun penyediaan komputer. Adapun kelebihan serta kekurangan dari tes CFIT digital yaitu:
Kelebihan

  • Waktu serta tempatnya lebih hemat dan efisien
  • Proses pemeriksaan bisa langsung mendapatkan hasil sebab sudah terprogram lewat sistem
  • Bisa menghemat pemakaian kertas di dalam pengerjaan tes. Sekaligus ramah lingkungan

Kekurangan

  • Manipulasi di dalam pekerjaan cukup tinggi
  • Masih rawan dengan kerusakan sistem
  • Beberapa sulit untuk memahami

Software CFIT Online dari NS Development

NS Development memberikan sebuah layanan yang berupa software CFIT online, yang mana peserta tes bisa mengikuti tes via desktop baik komputer maupun laptop. Selain itu juga bisa menggunakan mobile atau handphone via browser/android. Untuk hasil psikotesnya pun telah tersedia di dalam bentuk psikogram.

Banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan software psikotes online, test CFIT dari NS Development ini. Mulai dari akses online yang mudah, peserta tidak dibatasi oleh sistem, bisa mendapatkan hasil yang akurat karena interpretasi melalui sistem, dan juga sudah tersedia psikogram. Hasil tes secara offline bisa Anda upload ke dalam sistem online, lho. Dengan begitu, hasil dari psikotes offline bisa Anda akses dimanapun. Silahkan hubungi NS Development untuk mendapatkan kemudahan tes dengan software tes CFIT online ini!

psikotes online
Posted by Ardi almaqassary

Artikel lain yang berhubungan

tes cfit online

CFIT, Software Psikotes Online Terbaik dari NS Development

Selain psikotes online, NS Development juga menyediakan software psikotes online bernama CFIT. Tujuan dari CFIT (Culture Fair Intelligence ...

Tes CFIT Online

KLASIFIKASI IQ CFIT (Culture Fair Intelligence Test)

Tes IQ merupakan salah satu bahasan yang cukup menarik dan cukup rumit dalam pengukurannya. Banyak teori yang dikembangkan oleh beberapa a ...

ASPEK-ASPEK YANG DIUKUR TES CFIT

ASPEK-ASPEK YANG DIUKUR TES CFIT

Ada beberapa aspek intelegensi yang dapat diukur dengan tes CFIT (Culture Fair Intelligence Test). CFIT skala 2 dan skala 3, mengukur 4 as ...

TEORI DAN SKALA CFIT

TEORI DAN SKALA CFIT (Culture Fair Intelligence Test)

CFIT dikembangkan oleh Raymond B. Cattel (1949) untuk mengukur intelegensi individu dalam suatu cara yang direncanakan untuk mengurangi pe ...

SEJARAH TES CFIT

SEJARAH TES CFIT (Culture Fair Intelligence Test)

Test CFIT (Culture Fair Intelegency Test) diciptakan berdasarkan hasil penelitian Raymond Bernard Cattell. Raymond Bernard Cattel ...

Ada Pertanyaan?

kami senantiasa berusaha merepon pertanyaan anda secepatnya.

psikotes online
psikotes online
psikotes online
Contact Us

PT. Nirmala Satya Development, Aplikasi Psikotes Online dan Vendor Psikotes Online Terbaik

Copyright © 2021. All rights reserved.