logo PT Nirmala Satya Development
Tes IQ Online

Tes IQ online saat ini memiliki peranan sangat penting. Namun tes ini belum tentu menjadi tolak ukur mutlak dalam menentukan kesuksesan.

Tes IQ online tanpa sadar saat ini keberadaannya sangat penting. Beberapa sekolah dasar mulai memberikan tes IQ untuk murid-muridnya. Tentunya bukan tanpa alasan, terdapat banyak manfaat menggunakan tes IQ ini, khususnya para pelajar. Para guru juga lebih mudah memahami gaya belajar dengan tepat. Anggapan lain penggunaan tes IQ ini sebagai cara untuk mengetahui tingkat kecerdasan diri.

Namun, ada pula yang menganggap jika hasil tes ini sebagai penentu kesuksesan. Sebenarnya pendapat tersebut juga tidak sepenuhnya salah. Sebab, sebagian orang seringkali menghubungkan hasil tes dengan tingkat kepintaran, kecerdasan, maupun kecakapan secara intelektual. Untuk itu, ada yang beranggapan hasil tes sebagai penentu kesuksesan pada masa depan. Padahal, tes tersebut belum tentu menjadi tolak ukur mutlak dalam menentukan kesuksesan.  

Memahami Sekilas Tentang Tes IQ Online

Tes Intellectual Quotient yang disebut dengan IQ merupakan ujian yang berguna untuk mengetahui tingkat kecerdasan intelektual dari seseorang. Kemunculan tes ini yang pertama kali diperkenalkan pada awal 1900-an dari seorang psikolog Prancis, Alfred Binet. Metode yang ada terus mengalami perkembangan oleh beberapa ilmuwan lain, yakni Dr. Henry Herbert Goddart,. Ia merupakan seorang psikolog lulusan dari Clark University, Amerika Serikat.

Ternyata semakin hari, penggunaan tes tersebut bukan hanya berfungsi sebagai pengukur intelektual, namun juga untuk kesehatan mental. Hingga kini, terdapat berbagai jenis tes serupa dan banyak penggunaannya hingga seluruh dunia. Mulai dengan uji kemampuan verbal, non-verbal, kognitif, serta lain sebagainya.

Benarkah Hasil Tes Bisa Menentukan Kesuksesan?

Selama ini pada beberapa anak yang memiliki skor tes IQ online tinggi menjadi murid yang pintar di sekolah. Sebab, aspek akademik, kesuksesan ekonomi dan kesehatan sering menghubungkannya dengan skor tinggi. Padahal, kesuksesan tersebut bukan berdasarkan dari kecerdasan yang dimiliki. Menurut penelitian, kecerdasan memang bukan satu-satunya faktor yang membuat seseorang sukses.

Ini artinya, orang dengan skor tes tinggi tidak menjamin akan meraih kesuksesan pada masa mendatang. Oleh karena itu, anggapan yang mengatakan jika skor tes bisa memprediksi kesuksesan seseorang belum sepenuhnya tepat.

Saat ini, penggunaan tes tersebut seringkali sebagai cara dalam upaya mengetahui kecerdasan seseorang pada rentang waktu singkat. Misalnya, sebagai persyaratan untuk mendaftar sekolah maupun melamar pekerjaan. Sehingga, kemungkinan skor seseorang bisa berubah jika melakukan ujian pada lain waktu.

Tes IQ Online Bukan Penentu Mutlak

Tes IQ mungkin bisa mengukur kecerdasan intelektual seseorang, namun bukan menjadi sistem yang sempurna. Mengutip Medical News Today, tes ini tidak bisa menampilkan aspek kecerdasan lain seseorang. Misalnya seperti kreativitas maupun kehidupan sosial. Tak hanya itu, IQ masing-masing orang bisa berdasarkan dari wilayah, negara, maupun tempat tinggal.

Begitu pula dengan faktor pendidikan dari seseorang. Orang dengan mudah memperoleh akses pendidikan kemungkinan mendapat skor lebih tinggi. Sebab, pengujian dengan materi tes IQ biasanya tak jauh dari yang Anda pelajari pada bangku sekolah. Sehingga bukan menjadi sesuatu yang adil jika Anda gunakan dalam menentukan kecerdasan secara umum.

Ketahui Faktor Pendorong Kesuksesan

Penggunaan tes IQ online tidak bisa Anda jadikan penentu kesuksesan dari seseorang. Jika orang dengan skor rendah masih bisa meraih kesuksesan. Oleh karena itu, perlu mendorong seseorang dalam meraih kesuksesannya. Menurut sebuah penelitian yang terbit, motivasi menjadi kunci utama untuk meraih semua hal.

Riset dari seorang psikolog dengan nama Angela Lee Duckworth yang menjelaskan. Motivasi yang memainkan peran penting terhadap kemauan seseorang saat mencapai sesuatu. Motivasi yang baik turut berjalan beriringan dengan effort maupun usaha saat menciptakan kesuksesan pada masa depan.

Tes IQ serta anggapan yang sering menghubungkannya akan kesuksesan seseorang. Meski demikian, tidak ada salahnya mengikuti tes IQ dalam mengetahui kemampuan dari kecerdasan intelektual. Meski IQ tersebut penting, namun bukan menjadi satu-satunya hal yang akan menentukan kesuksesan hidup. Sebab, kerja keras, tekad serta kegigihan juga menjadi kuncinya.

Ujian online yang akan memberi gambaran umum mengenai kemampuan intelektual. Namun tidak bisa menjadi satu-satunya faktor penentu dalam membuat keputusan penting dalam hidup. Untuk itu, pentingnya memahami kekuatan maupun kelemahan untuk kesuksesan. Penggunaan tes IQ online bisa membantu untuk mengidentifikasi area-area agar bisa fokus mengembangkan keahlian untuk sukses.

Artikel berhubungan: