logo PT Nirmala Satya Development
Jenis-jenis Bakat

Selain digolongkan dalam beberapa dimensi bakat, bakat juga dapat digolongkan dalam beberapa jenis apabila dilihat dari segi cara memperolehnya.

Selain digolongkan dalam beberapa dimensi bakat, bakat juga dapat digolongkan dalam beberapa jenis apabila dilihat dari segi cara memperolehnya. Ma’mur (2012) menyatakan bahwa “bakat yang dimiliki oleh setiap individu dapat digolongkan menjadi tiga jenis bakat yaitu bakat alam, turunan, dan kebiasaan”.

Jenis-jenis Bakat

Berikut penjelasan mengenai jenis-jenis bakat (Ma’mur, 2012) yang biasanya ada pada seseorang, yaitu sebagai berikut:

a. Bakat Alam

Bakat alam merupakan bakat yang individu miliki sejak lahir. Bakat ini akan muncul seiring manusia beranjak besar. Namun bakat ini juga akan berkembang dengan baik bila sering dilatih.

b. Bakat turunan

Sesuai dengan jenis bakat turunan merupakan bakat yang individu miliki dari turunan orang tua atau keluarga. Misalnya seorang ayah pandai dalam dunia otomotif, dan ternyata setelah anda beranjak dewasa anda mulai menyukai otomitif dan sering kali mencoba melakukan hal yang berhubungan dengan otomotif sehingga akhirnya anda pandai dalam dunia otomotif. Maka dari itu tidak jarang bila banyak orang yang mengatakan jika kita pandai dalam suatu karena menuruni bakat dari orang tuanya.

c. Bakat kebiasaan

Merupakan bakat yang timbul akibat adanya kebiasaan yang dilakukan secara terus–menerus dan berulang–ulang sehingga tanpa disadari membuat kemampuan individu tersebut terasah. Hal ini dapat dicontohkan dengan seorang anak yang awal mulanya membantu ibu membuat kue setiap hari sehingga lama–kelamaan anak tersebut dapat membuat sendiri bahkan lebih baik.

Terdapat tiga jenis bakat yang telah diuraikan diatas, hal ini dapat menjadi gambaran yang bermafaat untuk para orang tua maupun guru yang termasuk dalam golongan orang dewasa, bahwa sesungguhnya setiap hal atau berbagai kegiatan yang dilakukan oleh anak sebaiknya jangan terlalu dibatasi. Biarkan mereka ikut serta atau turut serta dalam berbagai kegiatan yang mungkin orang dewasa lakukan, karena dengan hal tersebut dapat menjadi sebuah upaya untuk anak dapat menemukan bakatnya.

NS Development menyediakan layanan Identifikasi minat dan bakat online. Layanan NS Development akan membantu anda menelusuri minat dan bakat anda. Sesi layanan, baik psikotes online maupun konseling dilakukan secara online, sehingga memudahkan anda mengakses layanan yang tersedia.

Ingin mengidentifikasi minat dan bakat anda? Silahkan langsung registrasi minat bakat anda secara online di NS Development.

 

Referensi

Asmani, Jamal Ma’mur. 2012. Kiat Mengembangkan Bakat Anak di Sekolah. Yogyakarta: Diva press.

Artikel berhubungan: