logo PT Nirmala Satya Development
Tes Minat Bakat

NS Development adalah platform tes psikolog terbaik di Indonesia, menawarkan berbagai pilihan tes minat bakat dengan hasil realtime dan dapat diakses dengan mudah dan cepat.

Tes minat bakat adalah langkah yang tepat bagi calon mahasiswa untuk menentukan jurusan di perguruan tinggi. Memilih jurusan memang bukan tugas yang mudah dan sering kali menimbulkan kebingungan. 

Di usia remaja yang sering kali masih labil, banyak calon mahasiswa merasa kesulitan dalam menentukan pilihan mereka. Dengan tes minat dan bakat, mereka dapat memperoleh panduan yang lebih jelas tentang jurusan yang sesuai dengan minat dan kemampuan mereka. Sehingga keputusan yang diambil lebih tepat dan terarah.

Tes Minat Bakat untuk Jurusan

Memasuki universitas dengan jurusan sesuai minat memang menjadi impian banyak orang. Di awal masa perkuliahan mungkin sebagian besar orang merasa cocok dengan jurusan mereka.

Sayangnya, fenomena salah jurusan yang dialami para mahasiswa seringkali terjadi. Fenomena salah jurusan ini akan membuat mahasiswa merasa kesulitan dalam mengikuti pembelajaran di perguruan tinggi.

Hasilnya, mereka akan merasa tertekan dan tidak bisa mendapatkan nilai memuaskan. Pada akhirnya, kasus salah jurusan akan berakhir dengan mahasiswa keluar dari kegiatan perkuliahan mereka.

Hal ini tentu saja sangat disayangkan, terutama biaya pendidikan di universitas yang tidak murah. Jadi, memilih jurusan memang sebenarnya harus dengan berhati-hati.

Memilih jurusan harus sesuai dengan minat dan bakat di dalam diri. Sayangnya, saat ini banyak orang yang juga tidak memahami kemampuan mereka.

Itulah kenapa, para calon mahasiswa harus mengikuti tes minat bakat. Sebab, tes ini akan membantu mereka memahami kemampuan di dalam diri sekaligus ketertarikan mereka dalam jurusan.

1. Tes Kepribadian

Tes psikologi ini terdiri dari beberapa subtes. Pertama ada tes kepribadian yang akan membantu memahami minat dan bakat dalam diri.

Landasan dari tes kepribadian ini adalah teori DISC atau Dominance, Influence, Steadiness dan juga Compliance. Setiap orang pasti memiliki kecenderungan untuk lebih sesuai dengan salah satu atau bahkan dua kepribadian tersebut.

Misalnya saja seorang Dominance menyukai hasil yang cepat, tantangan dalam bidang baru dan mengambil peran otoritas. Influence di sisi lain cenderung cekatan dan suka berkolaborasi.

Sementara itu, Steadiness terkenal sebagai sosok yang sanggup melakukan sesuai secara konsisten hingga selesai. Terakhir ada Compliance, mereka yang tekun dan fokus pada kualitas serta ketepatan.

2. Tes Penjurusan

Selanjutnya dalam tes minat bakat adalah tes penjurusan. Tes ini sangat penting karena bisa memberikan rekomendasi jurusan apa saja yang sesuai dengan minat bakat hasil dari tes.

Tes jurusan kulian ini membawa peserta tes pada bidang pendidikan yang lebih sesuai dengan tipe vokasi individu. Pilihannya apakah Realistic, Investigative, Artistic, Social, Enterprising, atau bahkan Conventional yang disingkat menjadi RIASEC.

  1. Realistic: seseorang dengan pikiran yang cenderung praktis, menyukai aktivitas atau bekerja di luar ruangan.
  2. Investigative: pengamat yang bisa tekun dalam belajar.
  3. Artistic: menyukai kegiatan kreatif penciptaan karya seni, cara berpikir yang unik dan kreatif.
  4. Social: gemar mendahulukan kepentingan orang lain, berminat dalam berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan sosial dan memecahkan masalah interpersonal.
  5. Enterprising: suka mempersuasi seseorang untuk mencapai tujuan tertentu dan juga cenderung mengincar posisi pemimpin..
  6. Conventional: mereka yang terorganisir, mengutamakan akurasi serta detail, ahli dalam kegiatan administratif terutama angka.
3. Tes Kemampuan

Tes minat bakat selanjutnya adalah tes kemampuan. Ini merupakan cara menentukan jurusan kuliah sesuai bakat yang berlandaskan dengan Teori Kecerdasan Majemuk atau Multiple Intelligences.

Teori ini menyebut intelegensi merupakan kemampuan seseorang dalam memecahkan masalah dan menghasilkan solusi dalam situasi yang riil. Ada delapan tipe kecerdasan majemuk, yaitu:

  1. Musikal: umumnya suka bernyanyi dan dapat mengapresiasi irama serta nada.
  2. Logika-Algoritma: cenderung berpikir abstrak dan menggunakan algoritma.
  3. Visual-Spasial: menyukai konsep bentuk dan berminat arsitektur atau bangunan.
  4. Kinestetik: keterampilan motorik halus dan kasar yang baik.
  5. Intrapersonal: pantai berintropeksi diri dan mampu memahami kekuatan serta kelemahan diri sendiri.
  6. Interpersonal: mudah mencerna dan merespon suasana hati seseorang.
  7. Naturalistik: cenderung menyukai segala sesuai terkait flora dan fauna serta peduli dengan lingkungan.
  8. Verbal-Linguistik: kepekaan bahasa yang baik.

Ns Development adalah platform tes psikolog terbaik di Indonesia. Terdapat berbagai pilihan psikotes yang NS Development hadirkan, termasuk tes minat dan bakat untuk mencari jurusan.

Lakukan tes minat bakat di NS Development dengan mudah dan cepat dengan hasil realtime. NS Development memiliki platform online terbaik yang dapat diakses dari mana saja dan kapan saja.