logo PT Nirmala Satya Development
Tes WPT

Tes WPT (The Wonderlic Personnel Test) adalah alat tes psikologi yang mengukur kemampuan kognitif umum yang telah digunakan secara meluas sejak 1937

Tes WPT (The Wonderlic Personnel Test) adalah alat tes psikologi yang mengukur kemampuan kognitif umum yang telah digunakan secara meluas sejak 1937. Kemampuan kognitif sering diartikan sebagai intelegensi umum dan digunakan untuk mengukur kemampuan individu dalam belajar, memahami instruksi, serta memecahkan masalah. Tes WPT merupakan salah satu tes psikologi lainnya yang banyak dipakai diperusahaan untuk seleksi karyawan (rekrutmen). Beberapa aladan alasan kepopuleran tes WWOT adalah keringkasan administrasi dan kemudahan dalam skoring. Dan saat ini telah tersedia Tes WPT Online.

Instrumen tes WPT terdiri 50 item pertanyaan yang harus diselesaikan dalam waktu 12 menit dan dirancang untuk mengukur kemampuan mental umum pada proses seleksi karyawan. Item tersebut terdiri dari pengetahuan umum, persamaan dan perbedaan dalam materi verbal dan nonverbal, kosa kata, visual-spasial tugas, penalaran, abstraksi, danperhitungan matematika.

Tes WPT juga digunakan untuk menilai kemampuan calon karyawan untuk belajar dan pemecahan masalah dalam berbagai jenis pekerjaan. Pertanyaan tes WPT mencakup perbandingan kata, kalimat yang dikacaukan urutannya, paralelisasi kalimat, mengikuti petunjuk, perbandingan angka, deret angka, analisis gambar geometri, dan soal-soal cerita yang membutuhkan kemampuan logika atau matematika untuk menyelesaikannya. Scoring dihitung sebagai jumlah jawaban yang benar diberikan dalam waktu yang ditentukan. Dengan tersedianya Tes WPT Online, semua proses pengerjaan tes semakin lebih mudah, dengan hasil yang realtime. Tes WPT Online dapat digunakan secara klasikal (massal).