logo PT Nirmala Satya Development
tes wpt online

Tes WPT terdiri dari 50 soal yang terdiri dari soal-soal verbal, hitungan dan gambar / nonverbal yang harus dikerjakan dalam 12 menit

Tes WPT (Wonderlic Personnel Test) merupakan tes yang dikembangkan oleh E.F. Wonderlic pertama kali pada tahun 1936. Tes ini didisain untuk membandingkan kemampuan kognitif umum individu dengan nilai normatif bagi beragam karir atau jenis pekerjaan. Dengan tes ini kita dapat meningkatkan pemahaman akan kemampuan belajar, memahami instruksi dan memecahkan masalah yang dimiliki individu. Tes ini juga dapat digunakan untuk menentukan kemampuan individu dalam menjalankan fungsinya dengan baik dalam posisi pekerjaan tertentu.

Tes WPT terdiri dari 50 soal yang terdiri dari soal-soal verbal, hitungan dan gambar / nonverbal yang harus dikerjakan dalam 12 menit. Tes ini mengukur kemampuan kognitif umum atau kemampuan inteligensi umum atau g-factor. Kemampuan kognitif merupakan term yang digunakan untuk mendeskripsikan pada tingkat mana kemam-puan individu dalam belajar, memahami instruksi dan memecahkan persoalan berada/ berfungsi. WPT mengukur kemampuan mental umum, tapi tidak mengukur seberapa baik individu akan menggunakan kemampuan yang dimilikinya.

Oleh karena itu WPT mengukur potensi kecerdasan individu. Semakin tinggi nilai / skor individu maka tidak saja ia akan memperoleh pengetahuan yang lebih banyak dari pelatihan secara formal, tapi ia pun akan semakin efektif dalam belajar dari pengalaman. Semakin rendah skor yang diperoleh individu, maka individu akan semakin membutuhkan instruksi yang rinci, langsung pada prakteknya, semakin membutuhkan waktu yang lama dan pengulangan-pengulangan serta pengawasan / supervisi yang terus-menerus.

Tes WPT dirancang oleh E.F Wonderlic (1936) telah dilakukan beberapa kali revisi. Revisit tes WPT terakhir pada tahun 2006 (WPT-R). Saat ini telah tersedia tes WPT Online yang dikembangkan oleh NS Development.

Tes WPT Online Dengan Kemudahan Akses Tes

Tes WPT Online yang dikembangkan oleh NS Development tersedia dengan beberapa fitur menarik dan menjadi pendukung pelaksanaan tes secara online. Salah satu fitur sebagai alternatif observasi tes konvensional (paper base) adalah dengan hadirnya proctoring camera (hidden camera). Selain itu tersedua fitur histori pelaksanaan tes. Tes WPT online dapat di combine dengan alat tes psikologi lainnya untuk membuat report laporan psikologis (psikogram) lebih lengkap.

Laporan psikologis (psikogram/psikograf) dapat didownload langsung didalam sistem dalam bentuk file, dan format download dapat disesuaikan (custom) dengan kebutuhan perusahaan/Biro. Perusahaan juga dapat memilih nama domain akses sendiri, logo dan branding perusahaan. Ini akan sangat membantu memberikan brand image perusahaan, tanpa harus menggunakan domain dan logo NS Development.

Tes WPT Online dapat dipergunakan untuk keperluan tes klasikal (massal) dengan jumlah peserta tidak terbatas dalam satu waktu. Aplikasi psikotes Online NS Development dapat diakses via desktop (laptop/komputer) maupun mobile phone (browser atau android). Hal ini mempermudah peserta tes dalam akses pengerjaan tes.

Berikut contoh hasil laporan tes WPT Online

tes wpt online

Laporan hasil tes keluar secara realtime (setelah peserta mengerjakan/menyelesaikan tes).

Penggunaan tes WPT Online terbuka untuk Perusahaan atau Biro psikologi. Segera hubungi NS Development untuk informasi lengkapnya. Sebelum memutuskan menjadi member, calon member NS Development akan diberikan free akses tools secara gratis.