logo PT Nirmala Satya Development
Tes 16 PF Online

Untuk mempermudah akses tes, mempersingkat waktu preparasi dan skoring tes, dan mengurangi human error skoring, saat ini telah dikembangkan tes 16 PF Online

Tes 16 PF (Sixteen Personality Factor Questionnaire) merupakan salah satu alat tes yang sering dipakai secara luas untuk mengungkap kepribadian, khususnya di Indonesia. Tes ini dikonstruksi awal oleh Raymond B. Cattel. Berdasarkan Buku Manual Sixteen Personality Factors Questionaire (16 PF) Form C (1997), Tes ini mampu mengungkap 16 aspek kepribadian yaitu: Warmth (A), Reasoning (B), Emotional Stability (C), Dominance (E), Liveliness (F), Rule-Consciousness (G), Social Boldness (H), Sensitivity (I), Vigilance (L), Abstractedness (M), Privateness (N), Apprehension (O), Openness to Change (Q1), Self-Reliance (Q2), Perfectionism (Q3) dan Tension (Q4).

Dalam penggunaannya, tes 16 PF mengukur kepribadian normal (bukan psikopatologi), tes tersebut juga sering digunakan dalam bidang konseling dan klinis karena kemampuannya dalam memberikan gambaran utuh dan mendalam pada seseorang, termasuk kelebihan dan kelemahannya. Selain hal tersebut, tes 16 PF memfasilitasi dialog antara psikolog dan klien, hal ini karena 16 PF merepresentasikan aspek umum dalam keseharian sehingga dapat disharingkan dengan klien, selanjutnya memudahkan untuk berdiskusi, meningkatkan kesadaran diri dan membuat klien merasa aman dan nyaman sebagai partner dalam proses asesment dan terapi.

Tes 16 PF dapat mengetahui keadaan klien seperti cara berpikir, self-esteem, keterbukaan, toleransi, coping stres dan empati. Kesemua itu dapat digunakan dalam mengembangkan kerja sama dengan klien, memilih metode terapi yang sesuai dan merencanakan proses terapi yang efektif. Selain itu Tes 16 PF telah digunakan pula dalam berbagai bidang, dari industri seperti rekrutmen, promosi dan training hingga penelitian tentang sosial, proses penuaan dan militer

Industrial Society di Inggris dalam panduan asesmen dan seleksi mereka, menilai 16 PF sebagai salah satu yang paling relevan diantara banyak kuesioner kepribadian yang telah berhasil dikembangkan untuk digunakan pada populasi-populasi normal, dan yang telah menunjukkan kuantitas dalam seleksi personal. Sebagai sebuah model tipe-tipe kepribadian, 16 PF dengan cepat diterima dengan baik didalam area psikometrika, dan merupakan salah satu tes standar yang paling terkenal. Tes 16 PF masih secara luas digunakan, dan juga tersedia dalam bahasa Perancis, Jerman, Spanyol, Kroasia, Turki, dan Jepang. Tes 16 PF mencakup sebuah daftar dengan lebih dari seratus pernyataan (Form C terdiri atas 105 pernyataan/pertanyaam).

Tes 16 PF Online

Untuk mempermudah akses tes, mempersingkat waktu preparasi dan skoring tes, dan mengurangi human error skoring, saat ini telah dikembangkan tes 16 PF Online. Tes 16 PF Online yang dikembangkan oleh NS Development disertai dengan fitur-fitur yang lengkap, dan dapat dipadukan dengan alat tes lainnya untuk mengungkap kepribadian secara lengkap. Gabungan laporan dari beberapa alat tes psikologi dapat dibuat dalam bentuk laporan psikologi (psikogram) yang designnya dapat disesuaikan dengan design perusahaan/biro psikologi.

Dari segi aksesbilitasnya, Tes 16 PF dapat diakses via desktop (computer/laptop) ataupun mobile phone (browser atau aplikasi android). Hal ini memudahkan peserta tes memilih menggunakan perangkat yang dimiliki oleh peserta tes.

Tes 16 PF Online NS Development disajikan dalam Bahasa Indonesia, sehingga memudahkan peserta tes dengan Bahasa native Indonesia. Laporan tes khusus Tes 16 PF Online dapat diakses langsung secara realtime, setelah peserta tes mengerjakan tesnya.

Berikut contoh laporan tes 16 PF

Tes 16 PF Online

Tes 16 PF Online

Berminat menggunakan aplikasi tes 16 PF Online? Dapat menghubungi langsung NS Development, provider aplikasi psikotes online terbaik di Indonesia.