logo PT Nirmala Satya Development
Tes Kepribadian Online

Tes Big Five Inventory (BFI) merupakan salah satu alat tes untuk mengungkap kepribadian berdasarkan teori Big Five Personality. Tes Big Five Inventory tersedia secara online di NS Development.

Tes kepribadian online menjadi salah satu bagian penting dalam segala hal. Hal tersebut juga akan terjadi apabila kita mencoba untuk melamar pekerjaan. Karena pada dasarnya manfaat dari tes kepribadian tersebut tidak hanya membantu kita untuk mendapatkan posisi pekerjaan yang lebih tepat.

Dalam melakukan tes kepribadian tersebut nantinya kita akan dihadapkan dengan berbagai pertanyaan. Sehingga diharapkan kita dapat mengerjakannya dengan lebih tepat. Pasalnya hasil dari pengerjaan tersebut, juga akan menggambarkan apa yang ada dalam diri kita. Akan tetapi hal yang penting dan harus diketahui adalah, sebenarnya dalam melakukan tes psikotes itu nantinya akan ada 35 faktor.

Sementara, 35 faktor tersebut telah dikemukakan oleh Cattel. Tapi setelah itu 35 faktor tersebut diringkas menjadi 5 faktor. Ringkasan 5 faktor tersebut dilakukan oleh Norman tepatnya pada tahun 1963. Dalam tas ini juga terkenal teori Big Five personality Theory. Teori ini muncul juga tidak bisa terlepas dari adanya perdebatan juga penelitian di antara para ahli serta peneliti yang terjadi pada beberapa Dekade.

Tes Kepribadian Online dengan Big Five Personality Theory

Setelah itu para ahli dan peneliti tersebut melakukan konsensus juga kesepakatan terhadap teori tersebut. Ketahuilah bahwa Big Five Inventory teori tersebut mengklasifikasikan kepribadian manusia itu dalam 5 faktor. Seperti penjelasan sebelumnya yang mengatakan bahwa kelima faktor tersebut merupakan ringkasan dari 35 faktor yang dikemukakan oleh Cattel kemudian diringkas menjadi 5 oleh Norman tahun 1963.

Munculnya teori tersebut tidak membatasi tipe kepribadian yang terdapat pada manusia. Sebab setiap faktornya itu terdiri atas karakteristik kepribadian manusia yang luas. Sudah Tahukah Anda 5 faktor tersebut? Untuk mendapatkan informasi lebih lengkapnya berikut ini penjelasan lengkapnya.

1. Neuroticism (N)

Untuk faktor yang pertama dalam tes kepribadian online ada Neuroticism. Faktor yang mengidentifikasikan individu dengan mempunyai ciri rentan terhadap adanya suatu masalah psikologis. Seseorang ini nantinya akan merasa sedih, cemas yang berlebihan, stress, memiliki topping yang tidak sesuai dan mempunyai dorongan yang berlebihan. Lebih tepatnya menggambarkan seseorang yang mempunyai masalah dengan emosi negatif.

Secara emosional mereka itu labil. Apabila skor tertinggi yang akan menggambarkan dari neuroticism ini adalah gugup, depresi, emosional, merasa tidak mampu, panik, dan merasa tidak aman. Sedangkan untuk skor rendahnya mereka merasa aman, tenang terhadap dirinya sendiri, riang, santai.

2. Extraversion (E)

Kemudian lima faktor yang akan mempengaruhi tes kepribadian online seseorang adalah Extraversion. Kerap kali faktor ini disebut sebagai faktor dominan patuh. Lebih tepatnya faktor dimensi yang penting dalam kepribadian, yang mana nantinya seseorang ini dapat memprediksikan banyak tingkah laku sosial. Tidak hanya itu saja Ia juga akan cenderung mengalami emosi yang positif atau good mood dan merasakan hal baik mengenai orang lain.

Cenderung tidak menyukai interaksi serta kurang memiliki harapan, suka menyendiri, pendiam, tidak ramah merupakan skor terendah dari Extraversion ini. Sedangkan untuk skor tertingginya adalah mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan sosialnya, banyak bicara, fun loving, aktif serta ramah.

3. Openness (O)

Selanjutnya faktor yang dapat mempengaruhi tes kepribadian online seseorang adalah faktor Openness terhadap adanya pengalaman. Ketahuilah bahwa faktor ini sebenarnya paling sulit untuk dideskripsikan. Karena memang faktor ini tidak sesuai maupun tidak sejalan dengan bahasa yang digunakan. Bisa juga dikatakan faktor openness itu mengacu pada bagaimana seseorang mampu melakukan penyesuaian pada situasi baru.

Mempunyai imajinasi yang tinggi, berani mengambil risiko dan keputusan, inovatif dalam membuat suatu rencana, kreatif dan rasa ingin tahu adalah skor tertinggi dari faktor yang satu ini. Bisa dikatakan ia mempunyai skor terendah karena pribadi tersebut mempunyai pemikiran yang sempit, konservatif, tidak menyukai adanya suatu perubahan dan kurang berani untuk mengambil risiko.

4. Conscientiousness (C)

Adalah impulse control yang menggambarkan adanya perbedaan keteraturan serta self disiplin. Seseorang yang conscientious itu sangat ambisius. Banyak teman-teman yang akan memberikan penggambaran kepada seseorang tersebut dengan well-organized, juga tepat waktu.

Seseorang ini juga mampu mengontrol lingkungan sosialnya, selalu berpikir sebelum melakukan tindakan, mampu mengikuti peraturan serta norma, dapat menunda kepuasan dan memprioritaskan tugasnya. Di sisi lain faktor ini, dia sangatlah perfeksionis, membosankan dan kompulsif.

5. Agreeableness (A)

Terakhir faktor yang terdapat dalam tes kepribadian online adalah Agreeableness. Seringkali faktor ini disebut dengan Social Adaptability. Seseorang yang mempunyai kepribadian mau mengalah, cenderung mengikuti orang lain, dapat menghindari konflik dan ramah. Orang ini juga menyenangkan, menurut, pemaaf, peduli serta dapat dipercaya. Akan tetapi sisi negatifnya adalah kasar, sinis, agresif, manipulatif juga pendendam.

Tertarik untuk mengikuti tes kepribadian online? Guna mengetahui sebenarnya kita itu merupakan seseorang yang termasuk dalam Faktor apa. Nah, untuk bisa mengetahui silakan Anda gunakan platform NS Development yang merupakan platform terbaik dan terpercaya.

Tes Big Five Inventory Online

NS Development menyediakan aplikasi tes Big Five Inventory dalam bentuk aplikasi psikotes online, yang telah di validasi oleh psikolog-psikolog berpengalaman, sehingga memberikan kepercayaan terhadap hasil tes. Kolaborasi antara tim IT dan Tim psikolog menghasilkan karya bermutu dan terpercaya dengan menyediakan aplikasi tes Big Five Inventory Online. Menggunakan Aplikasi tes Big Five Inventory Online memudahkan pengguna baik peserta tes maupun user (psikolog, perusahaan, Lembaga Pendidikan, Asesor) dalam mengakses tes Big Five Inventory.

Tes Big Five Inventory Online NS Development dapat diakses dimana saja dengan menggunakan perangkat yang tersedia seperti laptop, komputer, tablet dan mobile phone. Aplikasi psikotes online ini dapat digunakan dengan menggunakan browser maupun aplikasi android.

Ingin mengetahui lebih lengkap mengenai Tes Big Five Inventory Online NS Development? Dapat mengunjungi langsung link tautan Tes Big Five Personality.