logo PT Nirmala Satya Development
Tes MSDT Online

MSDT bertujuan memahami tipe kepemimpinan seseorang disebuah organisasi

Tes MSDT online merupakan kepanjangan dari tes Management Style Diagnostic Test yang digunakan untuk mengetahui tipe kepemimpinan seseorang. NS Development menjadi salah satu platform yang menyediakan tes MSDT untuk perusahaan yang memerlukannya.

Alat tes ini sebenarnya didasarkan pada teori J.W. Reddin mengenai 3D theory of managerial effectiveness atau tiga gaya dimensi yang efektif. Dasar dari teorinya sendiri mengacu pada situational leadership theory dari Hersey dan Blanchard di mana ciri kepemimpinan memiliki orientasi sifat yang berbeda yaitu tugas dan hubungan.

Tes MSDT Online

Hubungan dan tugas terjelaskan dalam 4 kategori, pertama hubungan orientasi tinggi dan hubungan tugas tinggi yang disebut type terpadu. Kedua hubungan orientasi tinggi dan hubungan tugas rendah yang disebut type istimewa. Kemudian yang ketiga yaitu hubungan orientasi yang rendah dan hubungan tugas tinggi yang disebut dengan type berdedikasi. Terakhir hubungan orientasi yang rendah dan hubungan tugas rendah yang disebut type terpisah.

Orientasi tugas atau task orientation didefinisikan sejauh mana seorang manajer suatu perusahaan cenderung mengarahkan upayanya sendiri dan bawahannya menuju pencapaian tujuan. Mereka yang memiliki orientasi tugas tinggi maka cenderung akan lebih mengarahkan melalui perencanaan, menginformasikan, menjadwalkan, mengenalkan ide baru, dan berkomunikasi.

Sementara itu, orientasi hubungan atau relationship orientation didefinisikan sebagai sejauh mana seorang manajer perusahaan cenderung akan memiliki pekerjaan yang sangat pribadi yang ditandai dengan saling percaya, menghormati ide-ide bawahan, dan juga mempertimbangkan perasaan bawahannya. Mereka yang memiliki hubungan orientasi tinggi memiliki hubungan yang baik dengan komunikasi dua arah lainnya.

Selanjutnya dalam tes MSDT online dengan NS Development, terdapat 8 gaya kepemimpinan untuk mengukur tingkat efektivitas, yaitu:

1. Deserter

Merupakan individu yang sering menunjukkan kurangnya minat dalam hubungan dan tugas. Mereka tidak efektif bukan hanya karena kurangnya minat akan tetapi juga karena pengaruhnya terhadap moral. Mereka juga mungkin tidak hanya meninggalkan tugasnya juga bisa menghambat kinerja orang lain melalui menahan informasi atau intervensi.

2. Missionary

Merupakan individu yang menempatkan hubungan dan gagasan di atas pertimbangan lain. Ketidakefektifan individu tersebut disebabkan karena keinginannya untuk melihat dirinya sendiri dan dilihat sebagai orang yang baik dengan mencegah mempertaruhkan gangguan hubungan untuk mendapatkan produksi.

3. Autocrat

Gaya kepemimpinan hasil tes MSDT online ini merupakan individu yang menempatkan tugas segera tanpa mempertimbangkan hal lainnya. Mereka biasanya memiliki gaya kepemimpinan yang kurang efektif karena ia tidak memiliki kepedulian terhadap hubungan yang memiliki sedikit kepercayaan pada orang lain.

4. Compromiser

Individu yang mengakui keuntungan berorientasi pada tugas dan hubungan tetapi ia tidak mampu dan tidak mau membuat keputusan yang baik. Ia akan mencoba meminimalkan masalah langsung daripada memaksimalkan produksi jangka panjang dan juga berusaha untuk menjaga orang-orang yang bisa mempengaruhi karirnya.

5. Bureaucrat

Individu yang tidak benar-benar tertarik dengan tugas dan hubungan namun hanya mengikuti aturan. Dalam situasi terstruktur dengan kebijakan yang jelas ia mampu menetapkan kriteria kinerja yang objektif dan universal. Gaya kepemimpinannya lebih efektif karena ia mengikuti aturan.

6. Developer

Gaya kepemimpinan hasil tes MSDT online ini merupakan individu yang menempatkan kepercayaan implisit pada orang. Lingkungan kerja yang ia ciptakan akan kondusif bagi bawahannya yang mengembangkan komitmen untuk dirinya sendiri dan pekerjaan.

7. Benevolent Autocrat

Merupakan individu yang menempatkan kepercayaan implisit pada dirinya sendiri dan peduli dengan tugas. Ia memiliki keterampilan untuk mendorong orang lain untuk melakukan apa yang ia inginkan tanpa menciptakan kebencian. Ia juga tidak akan ragu untuk disiplin dan memberikan teguran tetapi melakukannya secara adil dan tanpa menimbulkan kemarahan dari bawahannya.

8. Executive

Individu yang melihat pekerjaannya secara efektif dan memaksimalkan upaya orang lain dalam kaitannya dengan tugas jangka panjang dan pendek. Standar yang ditetapkan dalam produksi dan kinerja tinggi dan ia pun memperlakukan semua orang secara berbeda. Gaya kepemimpinannya pun lebih efektif karena komitmennya terhadap tugas dan hubungan yang baik dengan semua orang.

Nah, itulah 8 gaya kepemimpinan hasil tes MSDT Online dengan NS Development. Tes yang dijalankan secara online pastinya akan membuahkan pelaksanaannya dan memberikan hasil yang terpercaya serta minim terjadi kesalahan.

Tes Kepribadian Online

NS Development menyediakan aplikasi tes kepribadian dalam bentuk aplikasi psikotes online, yang telah di validasi oleh psikolog-psikolog berpengalaman, sehingga memberikan kepercayaan terhadap hasil tes. Kolaborasi antara tim IT dan Tim psikolog menghasilkan karya bermutu dan terpercaya dengan menyediakan aplikasi tes kepribadian online. Menggunakan Aplikasi tes kepribadian Online memudahkan pengguna baik peserta tes maupun user (psikolog, perusahaan, Lembaga Pendidikan, Asesor) dalam mengakses tes kepribadian.

Tes Kepribadian Online NS Development dapat diakses dimana saja dengan menggunakan perangkat yang tersedia seperti laptop, komputer, tablet dan mobile phone. Aplikasi psikotes online ini dapat digunakan dengan menggunakan browser maupun aplikasi android.

Ingin mengetahui lebih lengkap mengenai Tes Kepribadian Online NS Development? Dapat mengunjungi langsung link tautan Tes Kepribadian Online.