logo PT Nirmala Satya Development
Fungsi Rekrutmen

Fungsi Rekrutmen karyawan merupakan kegiatan yang dilakukan dalam organisasi/perusahaan untuk mendapatkan orang-orang yang tepat untuk mengisi posisi atau jabatan dalam organisasi

Rekrutmen memegang peranan vital dalam penyediaan tenaga kerja dalam sebuah organisasi/perusahaan. Berbicara mengenai rekrutmen, adalah sebuah alur yang panjang, mulai dari perencaan tenaga kerja, proses pencarian, proses perekrutan, hingga offering.

Fungsi Rekrutmen karyawan merupakan kegiatan yang dilakukan dalam organisasi/perusahaan untuk mendapatkan orang-orang yang tepat untuk mengisi posisi atau jabatan dalam organisasi. Kegiatan ini dinamakan rekrutmen, penerimaan karyawan. Yang biasa menangani tugas ini adalah Departemen SDM (HRD = Human Resources Department/Division) dan yang juga melibatkan bagian-bagian lain yang terkait (terutama pada organisasi yang besar). Pada organisasi yang kecil pemimpin/pemilik sendiri secara langsung melakukan perekrutan tanpa bantuan orang lain atau para ahli.

Menurut Edward (2016) Fungsi rekrutmen Ialah upaya pencarian sejumlah calon pegawai yang memenuhi syarat tertentu dalam jumlah tertentu, sehingga organisasi maupun perusahaan dapat menyeleksi orang-orang yang paling sesuai untuk mengisi lowongan pekerjaan yang ada. Akibatnya rekrutmen menarik minat sesorang untuk mendaftar diorganisasi tersebut.

Dari penjelasan diatas dapat dikatakan fungsi rekrutmen adalah sebagai usaha yang dilakukan oleh suatu organisasi untuk mendapatkan sumber daya manusia yang dibutuhkan dalam mengisi jabatan-jabatan ertentu yang masih kosong dan sesuai dengan patokan yang diinginkan oleh organisasi atau perusahaan tersebut.