logo PT Nirmala Satya Development
Pengertian Seleksi Tenaga Kerja

Seleksi tenaga kerja adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan atau organisasi untuk memilih calon karyawan mana yang lebih memenuhi kriteria untuk dipekerjakan disuatu perusahaan.

Seleksi menurut Simamora dan rivai adalah proses dengan perusahaan dapat memilih dari sekelompok pelamar yang paling memenuhi kriteria seleksi untuk posisi yang tersedia berdasarkan kondisi yang ada saat ini. Prosesnya dimulai ketika pelamar melamar kerja dan diakhiri dengan keputusan penerimaan

Seleksi adalah kegiatan dalam menajemen sumber daya manusia (SDM) yang dilakukan setelah proses Seleksi dilaksanakan. Hal ini berarti telah terkumpul sejumlah pelamar yang memenuhi syarat untuk keagus suyetno dan mudian dipilih mana yang dapat ditetepkan sebagai karyawan dalam suatu perusahaan. proses pemilihan ini yang dinamakan seleksi.

Menurut Agus Sunyoto proses seleksi adalah usaha menjaring dari mereka yang di anggap nantinya bisa menyesuaikan diri dengan pekerjaan yang ditawarkan, mereka dianggap dapat Memperlihatkan Unjuk Kerja yang diharapkan oleh para pemimpin suatu organisasi.

Menurut Mathis Jackson seleksi tenaga kerja adalah proses pemilihan orang-orang yang memiliki kualifikasi yang dibutuhkan untuk mengisi lowongan pekerjaan dalam sebuah organisasi. Menurut Melayu S.P Hasibuan seleksi merupakan serangkain langkah tertentu untuk memilih calon-calon pegawai untuk menjadi karyawan perusahaan. seleksi ini didasarkan kepada spesifikasi tertentu dari setiap perusahaan yang Bersangkutan.

Sahril Buchori menerangkan bahwa seleksi merupakan proses pemilihan individu –individu yang memiliki kualifikasi yang relefan untuk mengisi posisi dalam suatu organisasi. tanpa para tenaga kerja yang memenuhi persaratan sebuah organisasi Berada dalam posisi yang lebih buruk untuk berhasil. seleksi lebih dari sekedar pemilihan orang-orang Terbaik dari yang tersedia.

Seleksi adalah proses memilih calon karyawan yang memiliki kualifikasi sesuai dengan persyaratan pekerjaan. Kegiatan seleksi dilakukan utuk mengurangi sebagian jumlah pelamar, sehingga diperoleh calon karyawan yang terbaik. Selain itu seleksi merupakan serangkaian Langkah kegiatan yang digunakan untuk memutuskan apakah pelamar diterima atau tidak sesuai dengan kualifikasi yang ada dalam uraian jabatan.

Dari beberapa pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa pengertian seleksi tenaga kerja adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan atau organisasi untuk memilih calon karyawan mana yang lebih memenuhi kriteria untuk dipekerjakan disuatu perusahaan.