logo PT Nirmala Satya Development
Tujuan Seleksi Tenaga Kerja

Dalam pelaksanaan seleksi kerja, perusahaan merancang system dan prosedur yang berbeda-beda sesuai dengan budaya dan visi misi perusahaan.

Seleksi tenaga kerja merupakan salah satu hal vital yang ada diperusahaan. Proses seleksi tenaga kerja memakan waktu, biaya, sumber daya yang besar. Ini disebabkan karena perusahaan ingin mendapatkan calon karyawan yang betul-betul kompetensi dibidangnya.

Pelaksanaan seleksi tenaga kerja mempunyai tujuan seperti yang dikemukakan oleh Irianto (2001) menyebutkan tiga tujuan seleksi, adalah :

  • Untuk membantu organisasi membuat keputusan tentang individu yang memiliki karakteristik yang paling memadu dengan atau memenuhi persyaratan jabatan atau pekerjaan yang lowong.
  • Memastikan bahwa calon pekerja yang ditawarkan dan organisasi secara keseluruhan yang memungkinkan mereka dapat membuat keputusan yang tepat untuk bergabung dengan organisasi atau tidak.
  • Dari fakta yang yang tak terhindarkan adalah bahwa dalam proses seleksi terdapat penyempitan bidang calon pekerjaan yang dibutuhkan yang akhirnya mengarahkan pada penawaran pekerjaan pada satu orang atau selompok kerja calon pekerja.

Tujuan seleksi juga dikemukakan oleh Panggabean (2004) “tujuan dari proses seleksi adalah untuk memilih orang yang cocok dengan pekerjaan dan perusahaan”.

Hasibuan Menjelaskan seleksi karyawan bertujuan untuk mendapatkan hal-hal berikut:

  1. Karwan yang qualified dan potensial
  2. Karwan yang jujur dan disiplin
  3. Karyawan yang cakap dengan penempatan yang tepat
  4. Karwan yang terampil dan bersemangat dalam bekerja
  5. Karyawan yang memenuhi persaratan undang-undang perburuhan
  6. Karyawan yang dapat bekerja secara vertical maupun horizontal.
  7. Karyawan yang sistematis dan kreatif
  8. Karyawan yang inovatif dan bertanggung jawab sepenuhnya.
  9. Karyawan yang loyal dan berdidikasi tinggi.
  10. Mengurangi tingkat absensi dan turn over karyawan

Berdasarkan pengertian tersebut diatas dapat diketahui bahwa tujuan dasar dari proses seleksi adalah untuk memperoleh tenaga kerja yang sesuai dengan kebutuhan. Dalam pelaksanaan seleksi kerja, perusahaan merancang system dan prosedur yang berbeda-beda sesuai dengan budaya dan visi misi perusahaan.


DAFTAR PUSTAKA

Hasibuan, Malayu S.P. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Revisi, Cetakan ke 10, Jakarta : PT Bumi Aksara

Irianto, J. (2001). Manajemen Sumber Daya Manusia. Surabaya : Insan Cendekia

Panggabean, 2004 “Penilaian Kinerja” (online), (http:www.LPTUI.com)