logo PT Nirmala Satya Development
Kecerdasan Intelektual

Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi kecerdasan intelektual seseorang. Faktor-faktor ini diurai lebih lengkap oleh beberapa ahli psikologi.

Kecerdasan intelektual didefinisikan sebagai kemampuan intelektual, analisa, logika dan rasio untuk menerima, menyimpan dan mengolah menjadi informasi fakta. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kecerdasan intelektual. Faktor-faktor ini diurai oleh beberapa ahli psikologi, dengan membagi beberapa faktor baik faktor internal, eksternal maupun keturunan. Berikut akan dijelaskan faktor-faktor tersebut.

Faktor Yang Mempengaruhi Intelektual Menurut Bayle

Menurut Bayle (1995) mengemukakan beberapa faktor yang mempengaruhi kecerdasan intelektual individu, yaitu keturunan, latar belakang sosial ekonomi, lingkungan hidup, kondisi fisik dan iklim emosi.

1. Faktor keturunan

Faktor keturunan ini didasari dari sudut pandang biologis, dimana masing-masing individu lahir memiliki gen yang berbeda

2. Latar belakang sosial ekonomi

Pendapatan keluarga, pekerja orang tua, dan faktor sosial ekonomi mempengaruhi taraf intlegensi individu dalam usia 3 tahun sampai remaja.

3. Lingkungan hidup

Lingkungan hidup yang baik akan menciptakan kemampuan intelektual yang baik pula, sebaliknya lingkungan hidup yang kurang baik akan menghasilkan kemampuan intelektual yang kurang baik. Kondisi fisik

Keadaan gizi yang kurang baik, kesehatan yang buruk, dan perkembangan fisik yang lambat menyebabkan pertumbuhan intelegensi yang rendah.

4. Iklim emosi

Iklim emosi dimana individu dibesarkan mempengaruhi perkembangan mental individu yang bersangkutan.

Faktor Yang Mempengaruhi Intelektual menurut Saifudin Azwar

Sedangkan menurut Saifudin Azwar (1996) selain faktor yang disebutkan diatas, terdapat faktor lain yang mempengaruhi tingkat kecerdasan intelektual diantarnya faktor bawaan, faktor lingkungan.

1. Faktor bawaan

Faktor bawaan merupakan faktor yang sangat penting dalam intelegensi seseorang. Hal ini dikarenakan setiap manusia membawa sifat tertentu sejak lahir, sifat alami inilah yan sangat menentukan pembawaan seseorang.

2. Faktor lingkungan

Faktor lingkungan sebenarnya diawali sejak terjadinya pembuahan sampai saat lahir, lingkungan telah mempengaruhi calon bayi lewat ibu, kemudian melalui proses belajar, karena proses belajar pengaruh budaya secara tidak langsung juga mempengaruhi individu.

Dari kedua pendapat tersebut diatas (Bayle dan Azwar) dapat disimpulkan faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat kecerdasan intelektual adalah sebagai berikut:

  1. Faktor pembawaan, dimana faktor ini ditentukan oleh sifat yang dibawa sejak lahir.
  2. Faktor minat dan pembawaan yang khas, dimana minat mengarahkan perbuatan kepada suatu tujuan dan merupakan dorongan bagi perbuatan itu.
  3. Faktor pembentukan, dimana pembentukan adalah segala keadaan diluar diri seseorang yang mempengaruhi perkembangan inteligensi.
  4. Faktor kematangan, dimana tiap organ dalam tubuh manusia mengalami pertumbuhan dan perkembangan. Setiap organ manusia baik fisik maupun psikis, dapat dikatakan telah matang jika ia telah tumbuh atau berkembang hingga mencapai kesanggupan menjalankan fungsinya masing-masing.
  5. Faktor kebebasan, yang berarti manusia dapat memilih metode tertentu dalam memecahkan masalah yang dihadapi. Di samping kebebasan memilih metode juga bebas memilih masalah yang sesuai dengan kebutuhannya.

Kelima faktor itu saling terkait satu dengan yang lain. Jadi, untuk menentukan kecerdasan seseorang, tidak dapat hanya berpedoman kepada salah satu faktor tersebut.

Untuk mengukut tingkat kecerdasan intelektual, dapat diukur dengan menggunakan tes intelektual atau tes intelegensi. Saat ini telah tersedia tes intelegensi online yang dapat anda ikuti di NS Development.