logo PT Nirmala Satya Development
Tes Intelegensi

Ada beberapa fungsi serta komponena tes intelegensi yang perlu diketahui.

Tentunya kita tidak asing lagi dengan namanya Tes TIU Online (Tes Intelegensi Umum), tes ini sangat sering di bahas ketika tes CPNS dibuka, tes ini merupakan salah satu tes yang ada pada proses seleksi menjadi ASN. Sebuah tes tentunya memiliki fungsinya masing-masing. Tak terkecuali tes TIU, berikut merupakan beberapa fungsi Tes TIU:

  1. Sebagai alat untuk mengukur kemampuan seseorang, baik kemampuan figural, verbal, berpikir logis dan analitis, serta numerik.
  2. Tiga kemampuan ini tentunya sangat dibutuh dalam bidang pekerjaan karena dengan memiliki tiga kemampuan ini tentunya para rekrutmen dapat diandalkan ketika sudah menjadi karyawan tempat ia belerja nantinya.
  3. Berfungsi untuk mendapatkan individu/calon karyawan yang berkualitas. Tentunya fungsi utama diadakannya tes ini ialah untuk menyaring individu-individu yang memiliki kompetensi yang bagus agar bisa dikembangkan menjadi lebih baik lagi,
  4. Sebagai upaya untuk mengenali kelebihan dan kelemahan seseorang, terutama yang berkaitan dengan pekerjaannya.

Hal ini juga bisa menjadi bahan evalusi bagi diri sendiri agar bisa meningkatkan kelemahan serta terus mengembangkan potensi yang kita miliki.

Komponen Tes TIU

Tes TIU Online merupakan tes yang paling banyak digunakan diberbagai lembaga instansi baik itu  terutama bidang pekerjaan, bahkan Seleksi CPNS menggunakan tes ini untuk mengukur kemampuan calon peserta.

Tes TIU Online adalah tes yang mengukur kemampuan individu dalam berpikir seperti kemampuan numerik (logika berhitung), kemampuan figural (penalaran melalui gambar), dan kemampuan verbal (logika berbahasa). Tes yang terdiri 3 aspek ini memberikan gambaran bahwa seseorang itu layak dalam melanjutkan proses seleksi pekerjaan. Berikut penjelasan komponen-komponen yang terdapat pada Tes TIU Online.

1. Kemampuan Verbal

Tidak dipungkiri bahwa kemampuan verbal merupakan kemampuan yang harus kita asah agar kita bisa kecakapan yang mensyaratkan keakraban dengan bahasa tertulis maupun lisan untuk menyimak, menelaah isi dari suatu pernyataan, berani mengungkapkan ide, gagasan, pendapat, dan pikirannya, sehingga siswa tersebut dapat mengambil suatu kesimpulan yang tepat. Kemampuan verbal biasanya meliputi :

  1. Analogi. Tes analogi adalah jenis tes kognitif yang meminta peserta untuk membandingkan dua konsep atau objek dan menentukan hubungan antara keduanya. Tes ini biasanya menguji kita dalam berpikir kreatif untuk memecahkan suatu perbandingan dan menentukan hubungan antar keduanya.
  2. Silogisme. Silogisme merupakan bentuk, cara berpikir untuk menarik kesimpulan yang terdiri atas premis umum, premis khusus, dan simpulan.
  3. Analitis. Digunakan untuk mengukur kemampuan membaca, mencerna, menganalisis suatu informasi baik dalam bentuk teks ataupun paragraf serta memanipulasi informasi/data tersebut dan menarik kesimpulan dengan menggunakan penalaran yang bersifat analisa.
2. Kemampuan Numerik

Kemampuan numerik juga menjadi salah satu komponen yang ada pada Tes Intelegensi Umum Online. Kemampuan Numerik sendiri merupakan memahami hubungan angka dan memecahkan masalah yang berhubungan dengankonsep-konsep bilangan. Kemampuan numerik ini meliputi:

  1. Berhitung. Pada komponen soal berhitung biasanya akan diberikan soal mengenai perkalian, pembagian penjumlahan dan pengurangan serta memiliki tingkat kesukaran tersendiri.
  2. Deret angka. Deret angka dan huruf adalah urutan huruf, angka, atau keduanya yang disusun sedemikian rupa sehingga setiap suku dalam deret itu bisa diperoleh menggunakan pola tertentu, bisa didasarkan operasi Matematika, urutan huruf dalam abjad, dan sebagainya.
  3. Perbandingan Kuantitatif. Jenis komponen soal ini mengenai perbandingan angka yang mana kita diminta untuk menarik kesimpulan dari data kuantitatif yang telah disajikan.
  4. Soal cerita. Komponen soal ini menyajikan sebuah cerita yang mana kita harus menyelesaikannya secara matematis dari soal yang telah diberikan.
3. Kemampuan Vigural

Kemampuan ini mencakup kemampuan berpikir dalam gambar, serta kemampuan untuk menyerap, mengubah dan menciptakan kembali berbagai macam aspek dunia visual-spasial. Kemampuan ini tentunya meliputi:

  1. Analogi gambar. Pada soal ini peserta diminta untuk melakukan penalaran mengenai perbandingan antar dua gambar yang memiliki hubungan.
  2. Perbedaan. Pada soal ini peserta diminta untuk melihat perbedaan dari gambar yang telah disajikan.
  3. Serial. Soal serial sendiri meminta para peserta untuk menganalisi suatu pola gambar dan melanjutkan pola gambar.

Demikianlah penjelasan mengenai komponen-komponen yang ada pada soal Tes Intelegensi Umum Online. agar mendapat hasil yang maksimal tentunya anda harus memiliki persiapan belajar yang matang agar lulus dari tes ini.