logo PT Nirmala Satya Development
Gangguan Kepribadian Paranoid

Semua orang memiliki potensi gangguan kepribadian, termasuk gangguan kepribadian paranoid, sehingga anda perlu memahami lebih dalam mengenai gangguan kepribadian ini.

Apakah kamu pernah mendengar kata paranoid? Atau kamu pernah dibilang paranoid sama teman kamu? Gangguan Kepribadian Paranoid merupakan jenis gangguan kepribadian yang dialami seseorang dalam bentuk pikiran yang mana penderita merasa takut dan dan cemas akan orang atau lingkungan yang ada disekitarnya. Berikut penjelasan mengenai definisi Paranoid menurut para ahli.

Definisi Gangguan Kepribadian Paranoid Menurut para Ahli

Gangguan kepribadian Paranoid merupakan bagian dari gangguan proses pikir yang meliputi gangguan bentuk pikiran, gangguna arus pikiran, gangguan isi pikiran. Gangguan isi pikiran dapat terjadi baik pada isi non verbal maupun pada isi pikiran yang diceritakan.

Menurut dr. Handayani Gangguan paranoid merupakan masalah mental yang ditandai dengan rasa tidak percaya dan takut berlebihan. Orang yang mengidap gangguan ini bisa tiba-tiba menjadi orang yang paling tidak tenang

Menurut dr. Fadli Gangguan kepribadian paranoid merupakan salah satu dari gangguan kepribadian kelompok A. Karakteristik paranoia yang dialami memicu ketidakpercayaan dan tingginya rasa curiga terhadap orang lain. Gangguan ini umumnya muncul pada masa kanak-kanak atau remaja dan lebih sering terjadi pada pria ketimbang wanita.

Menurut Dr. Zakiah Darajat, Pengertian Paranoia adalah penyakit ‘gila kebesaran’ atau ‘gila menuduh orang’. Diantara ciri-ciri penyakit ini adalah delusi yaitu satu pikiran salah yang menguasai orang yang diserangnya.

Paranoid didefinisikan sebagai rasa ketakutan yang tak bisa ditemukan dan menyebabkan kita merasa ada orang yang ingin melukai kita. Ini juga mencakup kecurigaan orang lain akan mengecewakan atau mengganggu kita (Magdalena, 2008)

Ahli-ahli teori psikoanalisa berpendapat bahwa paranoid personality disorder adalah hasil dari kebutuhan orang-orang untuk menolak perasaan sebenarnya dan memproyeksikan perasaannya tersebut ke dalam diri orang lain.

Kemudian ahli-ahli teori kognitif melihat paranoid personality disorder sebagai hasil dari sebuah keyakinan yang mendasar bahwa orang lain sebagai orang yang berhati dengki dan memperdaya, dikombinasikan dengan kurangnya rasa percaya diri dalam mempertahankan diri menghadapi orang lain (Wiramihardja, 2005).

Dapat disimpulkan berdasarkan definisi dari ahli diatas bahwa gangguan kepribadian paranoid adalah suatu gangguan dalam bentuk pikiran yang mana mereka memiliki rasa takut dan curiga yang berlebihan terhadap orang lain.

Epidemiologi

Prevalensi gangguan kepribadian paranoid adalah 0,5 -2,5 persen. Orang dengan gangguan ini jarang mencari pengobatan sendiri. Jika dirujuk ke pengobatan oleh pasangan atau perusahaannya, mereka seringkali menarik orang lain bersama-sama dan tidak tampak menderita. Sanak saudara pasien skizofrenik menunjukkan insidensi gangguan kepribadian paranoid yang lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol. Gangguan ini lebih sering pada laki-laki dibandingkan wanita. Insidensi diantara homoseksual tidak lebih tinggi daripada umumnya, seperti yang dulu diperkirakan, tetapi dipercaya lebih tinggi pada kelompok minoritas, imigran, dan tunarungu dibandingkan populasi umum.

Penderita paranoid seringkali tidak menyadari bahwa dirinya terkena gangguan tersebut, sehingga diperlukan kepekaan dari masyarakat di lingkungan tempat tinggal. Selain itu juga sebagai pencegahan, kita sebaiknya menghindari berbagai hal yang dapat memunculkan penyakit ini, sebab meskipun seseorang punya riwayat keluarga yang menderita paranoid. Apabila kita dapat mencegah hal-hal yang dapat memicu, gangguan ini tidak akan mudah diidap.

Bagi yang terlanjur menderita penyakit ini, jika mempunyai keinginan untuk sembuh, maka diperlukan ketekunan dalam menjalani pengobatan dan tidak menyerah di tengah jalan. Sebab tidak ada kesembuhan yang didapatkan tanpa usaha yang giat.

Apakah kamu termasuk gangguan paranoid? Untuk mengetahui hal tersebut tentunya harus menigkuti serangkaian asesmen yang dilakukan oleh ahli agar dapat hasil diagnosa yang tepat. Alat tes MMPI merupakan alat tes yang paling lengkap dalam mengungkap masalah-masalah psikologi. Tes ini mampu mengukur secara akurat dinamika kepribadian dan tingkat keparahannya. Tes MMPI adalah alat tes gangguan psikologis yang palin banyak digunakan oleh psikolog dan psikoater di Indonesia. Tes MMPI Online sudah tersedia yang di rancang oleh NS Development sehingga kamu dapat mengggukannya kapan saja dan dimana saja. Tentunya hasil tes akan di lakukan oleh yang ahli dibidangnya agar mendapat hasil yang akurat.