logo PT Nirmala Satya Development
Mengelola Emosi

Mengelola emosi dapat memberikan sejumlah efek positif, termasuk peningkatan kesehatan mental, peningkatan empati, pengambilan keputusan yang lebih baik, peningkatan produktivitas, dan peningkatan kesehatan fisik

Setiap manusia tentunya memiliki emosi untuk mengekspresikan perasaan yang mereka rasakan dengan emosi kita bisa tahu apakah mereka sedang senang atau pun sedih, mosi merupakan bagian penting dari menjadi manusia. Emosi memberi kita kemampuan untuk berkomunikasi dengan orang lain dan membantu kita menavigasi situasi yang sulit. Mengelola emosi secara efektif dapat memberikan sejumlah efek positif dalam kehidupan pribadi dan profesional Anda. Dalam artikel ini, kita akan melihat lima dampak positif dari mengelola emosi.

1. Kesehatan mental yang lebih baik

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Psychosocial Nursing and Mental Health Services, orang-orang yang mampu mengelola emosi mereka secara efektif memiliki tingkat kecemasan, depresi, dan stres yang lebih rendah. Mereka juga memiliki harga diri yang lebih tinggi dan ketahanan yang lebih besar terhadap emosi negatif. kata Dr Gail Soltz, seorang profesor psikiatri di Rumah Sakit Presbyterian New York. Manajemen emosi melibatkan pembelajaran keterampilan untuk mengidentifikasi dan mengatur emosi Anda. Dengan melakukannya, Anda akan merasa lebih terkendali dan mengarah pada kesehatan mental yang lebih baik.

2. Meningkatkan empati

Empati adalah kemampuan untuk memahami dan berbagi perasaan dengan orang lain. Ketika Anda mengelola emosi Anda sendiri secara efektif, Anda akan menjadi lebih peka terhadap emosi orang lain. Sebagai hasilnya, Anda akan mampu berempati dan memahami orang-orang di sekitar Anda.  Mark Brackett, PhD, pendiri dan direktur Pusat Kecerdasan Emosional Yale menjelaskan mengelola emosi Anda sendiri memungkinkan Anda untuk mengenali dan merespons emosi orang lain. Hal ini akan meningkatkan komunikasi dan hubungan yang lebih baik dengan orang-orang di sekitar Anda.

3. Meningkatkan keterampilan pengambilan keputusan

Pengambilan keputusan adalah aspek penting dalam hidup, dan kemampuan untuk membuat keputusan yang efektif sangat penting untuk meraih kesuksesan. Menurut sebuah studi dalam Journal of Behavioural Decision Making, orang yang dapat mengatur emosinya secara efektif cenderung membuat keputusan yang lebih baik. Susan David, seorang psikolog di Harvard Medical School menjelaskan bahwa ketika Anda mengelola emosi Anda, Anda dapat berpikir lebih jernih dan membuat keputusan yang lebih baik. Ketika Anda bisa mengendalikan emosi, Anda bisa melihat situasi secara objektif dan membuat pilihan yang tepat.

4. Meningkatkan produktivitas

Emosi dapat mengganggu dan mengganggu kemampuan Anda untuk fokus pada pekerjaan. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Organisational Behaviour, orang yang mampu mengelola emosi mereka secara efektif lebih produktif dan berkinerja lebih baik di tempat kerja. Mereka mendapatkan hasil yang lebih baik. Daniel Goleman, seorang psikolog dan penulis Emotional Intelligence yang terkenal secara internasional, mengatakan, Mengelola emosi Anda sangat penting untuk sukses di tempat kerja. Ketika Anda mengendalikan emosi Anda, Anda dapat fokus pada pekerjaan Anda, menjadi lebih produktif, dan berkinerja lebih baik.

5. Meningkatkan kesehatan fisik

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Health Psychology, orang yang mampu mengatur emosinya secara efektif mengalami lebih sedikit gejala fisik seperti sakit kepala, sakit punggung, dan kelelahan. Menurut Dr John Grohol, pendiri dan CEO PsychCentral mengelola emosi Anda dapat memberikan dampak positif bagi kesehatan fisik Anda," Mampu mengatur emosi Anda dapat mengurangi efek negatif dari stres pada tubuh Anda dan meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan.

Kesimpulannya, mengelola emosi dapat memberikan sejumlah efek positif, termasuk peningkatan kesehatan mental, peningkatan empati, pengambilan keputusan yang lebih baik, peningkatan produktivitas, dan peningkatan kesehatan fisik. Mempelajari keterampilan untuk mengelola emosi Anda dapat membantu Anda meningkatkan hubungan Anda, mencapai tujuan Anda, dan menjalani kehidupan yang lebih baik. Memiliki pengelolaan emosi yang baik akan memudahkan individu dalam berfikir dan berinteraksi dengan orang lain, sehingga penting bagi individu memiliki pengelolaan emosi yang baik agar tidak mengalami gangguan psikologis yang berkaitan dengan emosi.

Tes Psikologi Online dapat membantu anda untuk mengetahui informasi terkini mengenai keadaan psikologis, tes ini tersedia memalui platform NS Development, tes ini dilakukan secara online sehingga anda dapat mengerjakannya secara fleksibel sehingga tidak terikat oleh jadwal.