logo PT Nirmala Satya Development
Tes Kepribadian Online

Pada dasarnya perusahaan menggunakan tes kepribadian online dalam proses rekrutmen adalah untuk menjadikannya pertimbangan. Pertama apakah seorang karyawan sesuai dengan kriteria juga nantinya memiliki talent profesional sesuai yang dicari oleh perusahaan.

Tes kepribadian online menjadi cara yang ampuh untuk mengeksplorasi dan mengungkap berbagai aspek dari calon karyawan. Karena tes ini yang paling efektif untuk mengetahui secara mendalam terkait karakter diri dan kepribadian seorang kandidat.

Pada dasarnya perusahaan menggunakan tes kepribadian online tersebut dalam proses rekrutmen adalah untuk menjadikannya pertimbangan. Pertama apakah seorang karyawan sesuai dengan kriteria juga nantinya memiliki talent profesional sesuai yang dicari oleh perusahaan.

INILAH JENIS TES KEPRIBADIAN ONLINE UNTUK KARYAWAN

Selain itu tes ini membantu perusahaan untuk mempertahankan prosedur rekrutmen. Apalagi tentang pertanyaan legalitas proses rekrutmen perusahaan. Untuk menerapkannya, perlu beberapa jenis tes kepribadian untuk mengukur sejauh mana karakter diri kandidat tersebut.

1. Myers-Briggs Type Indicator/ MBTI

MBTI merupakan tes kepribadian yang menampilkan preferensi berbeda dalam cara peserta memandang dunia. Selain itu bagaimana membuat keputusan, berinteraksi dengan orang lain, hingga pada titik mengakses informasi.

Tujuan utamanya untuk menentukan apakah seorang peserta tersebut cocok dengan budaya perusahaan. Selain itu, kecocokan tipe kepribadian dengan calon rekan satu timnya sesama karyawan nanti.

Secara lebih jauh untuk mengetahui tipe psikologis peserta juga untuk membangun tim yang solid. Fungsi MBTI untuk memprediksi kinerja pekerjaan.

2. Profil Kaliper (The Caliper Profile)

Tes kepribadian online selanjutnya adalah the caliper profil. Suatu penilaian objektif yang cukup akurat untuk mengukur karakteristik kepribadian. Juga motivasi peserta dalam memprediksi perilaku dan potensi di tempat kerja tersebut.

Opsi lain untuk melihat seberapa cocok peserta dengan pekerjaan yang ada. Karena hasilnya sangat penting menganalisis hingga kemudian dalam siklus pengembangan untuk mengarahkan karyawan.

Selain itu memberikan umpan balik langsung, sekaligus dukungan pembinaan berkelanjutan. Bahkan secara mudah mengembangkan keterampilan kerja karyawan.

3. DISC

Pada tes ini memiliki kepanjangan Dominance, Influence, Steadiness, dan Compliance. Tujuan dari tes ini akan menghitung profil DISC pribadi para peserta berdasar pada perilaku peserta sehari-hari.

Tes kepribadian online ini dapat secara mudah mengukur bagaimana peserta menanggapi aturan, juga lingkungan, hingga masalah dan tantangan yang ada.

Fungsinya paling utama adalah mengetahui bagaimana peserta atau calon pelamar menanggapi konflik. Kemudian mengetahui apa yang dapat memotivasi pelamar, apa yang penyebab stres, dan bagaimana mereka memecahkan masalah.

4. Tes 16 PF (Sixteen Personality Factor)

Pada tes kepribadian online 16 PF (Sixteen Personality Factor) mencakup lima aspek kepribadian. Yaitu pikiran, energi, alam, taktik, dan identitas. Pada studi Carl Gustav Jung menjelaskan ciri-ciri psikologis dan tes Myers-Briggs. Tujuannya untuk mengetahui gambaran luas tentang peserta.

Personalities ini mencakup bagaimana seorang peserta berkomunikasi dan berhubungan dengan orang lain. Mulai secara profesional maupun pribadi. Begitu juga apa yang pelamar hargai dan perjuangkan, dan bagaimana dalam membuat keputusan.

5. Open Ended Questions

Pertanyaan terbuka ini merupakan pertanyaan yang tidak dapat dijawab dengan sederhana. Baik dengan 'ya' atau 'tidak'. Sebaliknya mengharuskan peserta untuk menguraikan poin mereka. Perusahaan dapat menilai bagaimana cara berpikir dan kepribadian pelamar melalui jawaban yang diberikannya.

Tes ini diajukan saat wawancara kerja. Pertanyaan tersebut berupa bagaimana pelamar melihat dirinya dalam lima tahun mendatang, mengapa mereka cocok dengan pekerjaan ini, hingga mengapa perusahaan harus mempekerjakan pelamar tersebut.

6. Keirsey Temperament Sorter

Tes kepribadian online Keirsey ini menggunakan istilah temperamen. Karena merasa temperamen terdiri dari ciri-ciri kepribadian yang dapat diamati seseorang.

Dengan tes ini, maka perusahaan dapat mengetahui cara kandidat berkomunikasi. Selain itu mengetahui jenis tindakan yang diambil para pelamar untuk mencapai tujuan mereka, juga perilaku, bakat, nilai, dan preferensinya.

7. Gallup’s Clifton Strengths Assessment

Tes ini adalah tes atau penilaian perilaku dari pemberi kerja atau perusahaan untuk mengidentifikasi kekuatan unik dari pelamar. Kekuatan tersebut berupa kombinasi keterampilan, pengetahuan, dan bakat.

Sedangkan untuk menjawab 177 pasangan kalimat dalam tes ini mereka memiliki waktu satu jam saja. Selain itu, pasangan kalimat mungkin tidak memiliki hubungan, baik serupa maupun yang berlawanan sifatnya.

Hasil tes akan menunjukkan lima kekuatan teratas para pelamar. Sehingga membantu perusahaan menilai kecocokan peserta dengan peran pekerjaan yang dibutuhkan. Tes kepribadian online ini cukup akurat mengetahui karakter diri seseorang.

Dari beberapa alat tes kepribadian online di atas, khusus untuk di Indonesia, tes kepribadian online yang banyak digunakan oleh psikolog-psikolog maupun recruiter di perusahaan-perusahaan adalah tes Papi Kostick, Tes MBTI, Tes DISC, Tes MSDT, dan Tes 16 PF.

Tes Kepribadian Online

NS Development menyediakan aplikasi tes kepribadian dalam bentuk aplikasi psikotes online, yang telah di validasi oleh psikolog-psikolog yang handal dibidangnya, sehingga memberikan kepercayaan terhadap mutu dan hasil tes. Menggunakan Aplikasi tes kepribadian Online memudahkan pengguna baik peserta tes maupun user (psikolog, perusahaan, Lembaga Pendidikan, Asesor).

Tes Kepribadian Online NS Development dapat diakses dimana saja dengan menggunakan perangkat yang tersedia seperti laptop, komputer, tablet dan mobile phone. Aplikasi psikotes online ini dapat digunakan dengan menggunakan browser maupun aplikasi android.

Ingin mengetahui lebih lengkap atau mengikuti tes kepribadian online? Anda dapat mengunjungi langsung link tautan Tes Kepribadian Online.