logo PT Nirmala Satya Development
Macam-Macam Tes Kepribadian

Tes kepribadian yang ada saat ini bermacam-macam, yang bisa digunakan sesuai dengan keperluan.

Ada beberapa macam-macam tes kepribadian yang digunakan dalam seleksi kerja. Biasanya perusahaan besar pasti akan melakukan tes kepribadian ini kepada setiap calon karyawannya.

Tujuan sebenarnya dari tes ini sebenarnya adalah untuk mengetahui karakter dari calon karyawan. Perusahaan nantinya dapat dengan mudah mendeteksi seperti apa sifat calon karyawan mereka. Hasil dari tes kepribadian ini juga akan mempengaruhi apakah Anda akan lolos atau tidak.

Nah, ada beberapa jenis tes kepribadian yang umum digunakan. Ini dia daftarnya!

Inilah Macam-Macam Tes Kepribadian dalam Seleksi Kerja!

Setiap manusia memiliki kepribadian mereka sendiri. Apakah Anda sudah mengetahui apa arti dari kepribadian itu? Kepribadian merupakan kumpulan dari karakteristik dan sifat individu.

Kepribadian ini akan sangat mempengaruhi seseorang dalam berperilaku atau bersikap. Itulah kenapa, mengetahui kepribadian seseorang dalam sangat berguna. Perusahaan yang mencari karyawan juga banyak yang mementingkan kepribadian.

Untuk mengetahui kepribadian tersebut, maka biasanya mereka akan melakukan tes kepribadian. Pada dasarnya tes kepribadian merupakan sebuah turunan dari disiplin ilmu psikometri dan gabungan antara psikologi dan metrik.

Ada bermacam-macam tes kepribadian yang banyak digunakan pada saat seleksi pekerjaan. Yaitu sebagai berikut.

1. Tes Big Five Personality

Di dalam tes ini, semua faktor kepribadian akan ikut diukur ke dalam satu kontinum. Ini bertujuan untuk menghindari penyederhanaan secara berlebihan dan juga lebih menekankan kepribadian suatu individu.

Tes ini akan memberitahu Anda dengan persentase. Misalnya kandidat tersebut adalah 50% introvert dan 40% ekstrovert.

2. Tes MBTI

Selanjutnya ada tes MBTI atau Myers-Briggs Type Indicator. Tes MBTI ini menjadi salah satu jenis tes kepribadian yang sangat terkenal.

Terdapat 16 jenis kepribadian di dalam MBTI. Extrovert, intuition, feeling, thinking, dan introvert merupakan komponen untuk membantu menemukan 16 kepribadian tersebut di dalam diri seseorang.

3. Tes Kepribadian EPPS

Edward Personal Preference Schedule atau yang juga dikenal dengan EPPS adalah macam-macam tes kepribadian selanjutnya. Tes ini bertujuan untuk melihat sisi lain atau emosi yang ada di dalam diri seseorang.

Hasil yang akan keluar dari tes EPPS nantinya dapat menjadi acuan atau dasar pertimbangan untuk melihat sejauh mana motivasi yang ada di dalam diri. Sehingga EPPS semakin banyak digunakan oleh perusahaan untuk melihat sisi psikologis calon karyawannya.

4. Tes Kepribadian DISC

DISC sebenarnya merupakan alat untuk menilai kecenderungan tipikal perilaku seseorang dan bukan kepribadian. Tes ini akan mengukur 4 poin, yaitu Dominance, Conscientiousness, dan Steadiness.

Mirip seperti MBTI, DISC akan menggolongkan seseorang ke dalam salah satu dari 12 profil yang ada. Skor DISC dinyatakan lebih baik dalam validitas dan reabilitasnya karena hasilnya, tetapi hasilnya tidak bersifat prediksi.

5. Tes Kepribadian Rorschach

Tes satu ini berguna untuk membantu melihat keadaan emosional di dalam diri seseorang dengan lebih dalam. Biasanya tes ini diperuntukkan untuk seseorang yang pernah mengalami trauma, perasaan cemas, dan segala hal yang menyangkut dengan kesehatan mental.

Rorschach merupakan tes kepribadian menggunakan tinta sebagai mediumnya. Tinta tersebut nantinya dituangkan atau digambar secara acak. Anda harus menjawab apa yang terlihat dari tinta tersebut dan beberapa pertanyaan lainnya.

6. Tes Kepribadian SSCT

Anda pernah diminta menyelesaikan soal dengan cara melengkapi beberapa kalimat kosong saat seleksi kerja? Jika iya, maka kemungkinan itu adalah tes kepribadian SSCT atau Sack's Sentence Completion Test.

Sebenarnya sebagai salah satu macam-macam tes kepribadian, tes SSCT mirip seperti EPPS. Tes SSCT juga berguna untuk mengetahui bagaimana keadaan emosional dalam diri seseorang. Biasanya akan ada total 50 kalimat yang harus Anda lengkapi berdasarkan apa yang saat itu dirasakan atau dipikirkan.

7. Tes RIASEIC

Tes kepribadian selanjutnya ini sangat cocok untuk membantu mengetahui apa pekerjaan yang cocok untuk Anda di masa depan. Tujuan dari tes RIASEIC sebenarnya memang untuk mengetahui karir apa yang cocok untuk Anda di masa mendatang.

Di dalam tes ini minat akan terbagi menjadi enam bagian, yaitu investigative, artistic, enterprising, conventional, social, dan juga realistic. Tes ini juga sangat cocok untuk Anda yang baru saja merintis karir dan belum sesuai dengan keinginan.

Ada macam-macam tes kepribadian untuk membantu dalam seleksi karyawan. Setiap perusahaan pasti akan berbeda, tetapi tujuannya sama, yaitu untuk mengetahui kepribadian calon karyawan lebih dalam.

Tes Kepribadian Online

NS Development menyediakan aplikasi tes kepribadian dalam bentuk aplikasi psikotes online, yang telah di validasi oleh psikolog-psikolog berpengalaman, sehingga memberikan kepercayaan terhadap hasil tes. Kolaborasi antara tim IT dan Tim psikolog menghasilkan karya bermutu dan terpercaya dengan menyediakan aplikasi tes kepribadian online. Menggunakan Aplikasi tes kepribadian Online memudahkan pengguna baik peserta tes maupun user (psikolog, perusahaan, Lembaga Pendidikan, Asesor) dalam mengakses tes kepribadian.

Tes Kepribadian Online NS Development dapat diakses dimana saja dengan menggunakan perangkat yang tersedia seperti laptop, komputer, tablet dan mobile phone. Aplikasi psikotes online ini dapat digunakan dengan menggunakan browser maupun aplikasi android.

Ingin mengetahui lebih lengkap mengenai Tes Kepribadian Online NS Development? Dapat mengunjungi langsung link tautan Tes Kepribadian Online.