logo PT Nirmala Satya Development
Tes Kepribadian Online

Tes kepribadian adalah sebuah tes yang umum dilakukan oleh perusahaan perekrut guna mengetahui serta mengenali sisi psikologis calon karyawan.

Manfaat tes kepribadian online untuk perusahaan yang akan memberikan keuntungan bagi calon karyawan tentunya sangatlah penting. Sebagai seorang recruiter pastinya Anda sudah sangat sering mendengar istilah psikotes bukan? Ternyata tes kepribadian atau psikotes tersebut mempunyai peranan dalam rangkaian proses rekrutmen tersebut. Manfaat psikologi dari seorang karyawan bagi perusahaan itu juga beragam.

Biasanya calon karyawan yang sudah lolos seleksi CV dari recruiter, nantinya akan melanjutkan ke tahapan yang berikutnya yakni tahap tes kepribadian. Baru setelah itu akan dilanjutkan dengan wawancara. Guna membantu memetakan potensi serta kemampuan dari karyawan untuk mengisi posisi tertentu. Itulah salah satu alasan kenapa dalam proses awal perekrutan karyawan baru ada sesi untuk melakukan tes kepribadian.

Tes kepribadian tersebut juga disebut sebagai psikotes. Adalah sebuah tes yang umumnya dilakukan oleh perusahaan perekrut guna mengetahui serta mengenali sisi psikologis cari calon karyawan baru. Umumnya, tes tersebut dilakukan oleh pihak ketiga supaya tetap bisa menjamin netralitas penilaian terhadap karyawan tersebut.

Manfaat Tes Kepribadian Online untuk Perusahaan yang Beragam

Bagi beberapa orang mengerjakan tes kepribadian itu bukanlah suatu hal yang mudah. Pasalnya tidak hanya terdiri dari satu jenis pertanyaan saja. Ada yang harus menghitung, mencerminkan gambar, dan masih banyak lagi.

Tidak sedikit pula calon karyawan yang masih bingung sebenarnya apa fungsi ataupun manfaat yang akan perusahaan dapatkan ketika proses rekrutmen itu harus melakukan tes kepribadian terlebih dahulu. Guna menjawab atas ketidaktahuan tersebut, simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

1. Membuka Informasi yang Sulit Didapat

Pertama, manfaat tes kepribadian untuk perusahaan adalah membuka informasi yang sulit didapatkan. Seperti yang kita ketahui bahwa seorang pelamar kerja itu sudah pasti selalu menunjukkan kesan yang positif serta maksimal. Hal tersebut terwujud lantaran adanya kesadaran dari para pelamar. Karena pada saat itu mereka sedang dalam proses penilaian.

Jika hanya mengandalkan sesuatu yang sifatnya disengaja. Bukan tidak mungkin akan menghasilkan kinerja yang tidak sesuai dengan harapan. Maka dengan demikian itu, melalui tes psikotes. Pihak perusahaan bisa menemukan mana yang merupakan pelamar benar-benar cocok dan mampu dan mana yang tidak.

2. Prediksi Performa Kerja

Kedua, manfaat tes kepribadian online untuk perusahaan adalah guna memprediksi performa kerja. Fungsi tes kepribadian itu adalah memberikan informasi yang tidak hanya berkaitan mengenai kemampuan bekerja saja. Akan tetapi, jika potensi yang dimiliki oleh pekerja tersebut. Setelah mengetahui potensi yang dimiliki, ketika ada karyawan yang menunjukkan performanya yang tidak baik.

Melalui tes kepribadian tersebut, perusahaan bisa mengetahui kinerja tersebut menurun berdasarkan Faktor apa. Karena mengetahui performa kerja tersebut juga bisa dilihat dengan beberapa faktor.

3. Menentukan Posisi

Selanjutnya manfaat melakukan tes kepribadian online tersebut juga membantu perusahaan guna menentukan posisi mana yang sesuai untuk karyawan baru tersebut. Pada kenyataannya tes kepribadian itu membantu perekrut serta perusahaan guna mempelajari potensi serta kecocokan kandidat dalam budaya perusahaan tersebut.

Dengan begitu, penilaian kepribadian yang dirancang secara efektif bisa mengurangi kemungkinan penempatan karyawan baru yang salah. Tidak hanya penempatan posisi yang salah tapi juga peran yang salah. Kesalahan dalam penempatan tersebut sudah pasti akan merugikan karyawan, perusahaan, serta kolega secara mutlak atau menyeluruh.

4. Produktivitas Tinggi

Produktivitas kerja itu juga mempunyai kaitan dengan kemampuan serta efektivitas karyawan guna menjalankan semua tugasnya dalam perusahaan tersebut. Hal tersebut juga masih memiliki kaitan penempatan karyawan tersebut.

Sudah menjadi suatu hal yang lumrah apabila seorang karyawan bisa bekerja dengan efektif jika posisinya tersebut sesuai dengan kemampuan yang ia miliki. Hal yang demikian itu juga menjadi salah satu manfaat tes kepribadian untuk perusahaan.

Di Indonesia sendiri terdapat banyak kasus pengunduran diri karyawan dari perusahaan tertentu. Meskipun terdapat banyak faktor yang mempengaruhi. Namun salah satu faktor yang mendominasi adalah karyawan tersebut merasa tidak sesuai dengan tugas serta tanggung jawab yang harus ia kerjakan.

Karena manfaat tes kepribadian online untuk perusahaan ketika melakukan proses rekrutmen sangatlah banyak dan penting. 

Tes Kepribadian Online

NS Development menyediakan aplikasi tes kepribadian dalam bentuk aplikasi psikotes online, yang telah di validasi oleh psikolog-psikolog yang handal dibidangnya, sehingga memberikan kepercayaan terhadap mutu dan hasil tes. Menggunakan Aplikasi tes kepribadian Online memudahkan pengguna baik peserta tes maupun user (psikolog, perusahaan, Lembaga Pendidikan, Asesor).

Tes Kepribadian Online NS Development dapat diakses dimana saja dengan menggunakan perangkat yang tersedia seperti laptop, komputer, tablet dan mobile phone. Aplikasi psikotes online ini dapat digunakan dengan menggunakan browser maupun aplikasi android.

Ingin mengetahui lebih lengkap atau mengikuti tes kepribadian online? Anda dapat mengunjungi langsung link tautan Tes Kepribadian Online.